Maafkan kami kalau kami sebagi pria suka teledor atau kurang hati-hati dalam membeli daging di supermarket karena memang kami selalu lupa untuk melihat tanggal kadaluarsa yang ada.
Nah, ini ada kabar baik bagi kami maupun orang yang suka lupa melihat tanggal kadarluarsa.
Fresh Label adalah sebuah label yang dibuat oleh perusahaan Jepang, To-Genkyo yang bisa menyelesaikan masalah diatas.
Label yang berbentuk sebuah jam gelas pasir ( hourglass-shaped) ini menggunakan tinta khusus yang dapat berubah warna berdasarkan kandungan ammonia yang ada dalam daging.
Semakin besar tingkat kandungan ammonia di dalam daging maka warna tinta akan hitam dan tanda barcode yang ada tidak bisa dipindai.
Dengan cara ini, bukan saja memudahkan para pembeli untuk lebih mudah melihat daging mana yang sudah kadarluasa tetapi juga membuat si penjual, dalam hal ini bagian kasir tidak dapat memindai daging tersebut sehingga pasti tidak bisa dijual.
Fresh Label ini telah memenangkan Good Design 2009 yaitu sebuah program yang memberikan penghargaan kepada produk yang dianggap mempunyai nilai jual yang baik atau disain yang baik.
Sekarang kita tinggal tunggu saja kapan Fresh Label bisa diterapkan di semua tukang jual daging.