
19th January 2012
|
 |
Ceriwis Geek
|
|
Join Date: Mar 2011
Location: Bandung
Posts: 19,160
Rep Power: 90
|
|
Pasar Mobil Indonesia Bisa Tembus 1 Juta. Asal...
Pasar Mobil Indonesia Bisa Tembus 1 Juta. Asal...
Quote:

Pasar mobil Indonesia sepanjang 2012 diprediksi akan menembus 1 juta unit. Meski organisasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) punya target di bawah itu.
Jongkie Sugiarto, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan, asosiasi menargetkan pasar tahun Naga Air mencapai 920.000-940.000 unit. "Kami harus hati-hati karena masih ada krisis Eropa dan pembatasan BBM yang bisa mengganggu," jelas Jongkie di Mid Plaza, Jakarta Selatan, Kamis (18/1/2012).
Vivek Vaidya, Vice Presidentn Automotive Practice Frost & Sullivan Asia Pasific (F&S) juga memprediksi total volume Industri otomotif Indonesia dapat menembus 1 juta unit tahun ini. Tapi, dengan catatan, kondisi ekonomi global yang stabil dan kebijakkan otomotif domestik yang kuat. Meski ia sendiri ragu bisa tembus 1 juta unit.
F&S memperkirakan total pasar tahun ini naik 6,5 persen menjadi 948.500 unit dari tahun lalu yang mengukir rekor 890.410 unit (padahal sempat diganggu dua bencana alam (di Jepang dan Thailand). Jumlah itu bisa tercapai didukungan ekonomi domestik yang stabil, sentimen positif konsumen dan peluncuran model-model baru.
Dari hasil pasar 2011, kendaraan di segmen 4x2 tumbuh 12,8 persen menjadi 569.274 unit (2011). Lalu, model MPV seperti Avanza, Xenia, Innova, Livina, dan APV masih menjadi yang terlaris. Model lain, hatchback seperti Jazz, Yaris, Fiesta; mini-van Freed, Gran Max, Alphard dan SUV (CR-V, Rush, Terios, Fortuner, Pajero, Juke dan Captiva).
Menurut Vivek, pertumbuhan terbesar justru terjadi dari segmen 4x4 mencapai 48,1 persen menjadi 5.682 unit. Segmen lain yang ikut naik pikap mencapai 30 persen (year on year), bus (5,5 persen).
Penurunan justru terjadi di segmen sedan hingga 19,4 persen menjadi 26.712 unit. Hal ini terjadi karena minimnya peluncuran model baru sehingga pengalihan pilihan konsumen terjadi ke segmen kendaraan lain.
|
Sumber
|