Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 23rd January 2011
Mooncrown's Avatar
Mooncrown Mooncrown is offline
Ceriwis Addicted
 
Join Date: Jan 2011
Posts: 3,831
Rep Power: 20
Mooncrown sebentar lagi akan terkenalMooncrown sebentar lagi akan terkenal
Default 10 kecelakaan formula satu yang paling terkenal

ika membicarakan Formula 1, tentu tidak lepas dari pembicaraan tentang keamanan balapan mobil dengan kecepatan super tinggi ini. Mengapa Ayrton Senna (GP San Marino 1994) yang tabrakannya terlihat ringan, justru lebih fatal daripada tabrakan Robert Kubica (GP Kanada 2007) yang kelihatannya jauh lebih mengerikan?

Inilah 10 dari sekian banyak kematian dalam sejarah Formula 1 yang �membentuk� keamanan Formula 1 seperti sekarang ini.

10. Lorenzo Bandini (1935-1967), driver Italia, meninggal di GP Monako 1967



Setelah hilang kontrol atas mobilnya di sebuah chicane, ban belakang mobilnya mengenai pembatas jalan dan membuat mobil Bandini berputar-putar sampai menabrak sebuah tiang dan berbalik.

Tiang tersebut jatuh dan menembus tangki bahan bakar, sehingga terjadilah kebakaran yang sekaligus membuat Bandini terperangkap. Selanjutnya mobil meledak karena uap panas dari pipa pembuangan gas bahan bakar. Bandini mengalami luka bakar hebat dan dirawat di rumah sakit setempat selama 3 hari, sebelum akhirnya meninggal pada 10 Mei 1967.


9. Roger Williamson (1948-1973), driver Inggris, meninggal di GP Belanda 1973



Setelah salah satu ban mobilnya mendadak kehilangan tekanan dan kempis, Williamson menabrak sebuah tembok pembatas dengan kecepatan tinggi dan terseret sejauh 275 meter.

Mobil berakhir dalam posisi terbalik dan tangki bahan bakarnya pun mulai terbakar. Seorang pembalap lain, David Purley (1945-1985) menghentikan mobilnya dengan sukarela dan berusaha membantu Williamson keluar dari mobilnya.

Namun usahanya juga gagal karena posisi mobil yang terbalik. Celakanya para marshal menduga justru mobil Purley yang mengalami kecelakaan. Begitu mengetahui kondisi yang sebenarnya, marshal pemadam api tidak berhasil pula menolong Williamson.

Mobil pemadam yang lebih besar baru datang hampir 10 menit kemudian, di mana Williamson sudah lebih dulu tewas akibat asfiksia.


8. Helmuth Koinigg (1948-1974), driver Austria, meninggal di GP Amerika Serikat 1974



Kematian akibat pemasangan logam pembatas Armco yang tidak tepat. Setelah mengalami gagal suspensi di daerah tikungan lambat, mobilnya menabrak tembok pembatas Armco dengan posisi kepala Koinigg membentur tembok terlebih dahulu.

Kecepatan mobilnya rendah namun karena Armco yang tidak terpasang dengan baik (ujungnya yang tajam masih terlihat!), logam pembatas yang tajam itu pun mencederai leher Koinigg sampai kepalanya terpenggal.


7. Tom Pryce (1949-1977), driver Wales, meninggal di GP Afrika Selatan 1977.



Kematian paling aneh di sirkuit F1 dari tinjauan penyebabnya, yaitu tertimpa tangki pemadam api seberat 20 kg. Adalah Renzo Zorzi yang baru saja mengalami kecelakaan, akibat pengukur bahan bakarnya rusak.

Ia memarkir mobilnya di sisi kiri trek lurus. Zorzi kesulitan keluar dari mobil karena gagal melepaskan pipa oksigen dari helmnya, namun bagian belakang mobilnya sudah mengeluarkan api.

Ini membuat Zorzi membutuhkan bantuan 2 orang marshal dari seberang trek untuk memadamkan api dari mobilnya. Dua marshal itu pun menyeberang trek yang sedang dilalui mobil F1 tanpa izin.

Marshal pertama lolos. Namun marshal kedua, Fredrik Jansen van Vuuren (19 tahun), yang membawa tangki pemadam api seberat 20 kg, tertabrak oleh mobil Pryce (dengan kecepatan 270 km/jam).

Pryce menabrak van Vuuren karena pandangannya terhalang oleh mobil Hans-Joachim Stuck (yang hampir menabrak van Vuuren juga, namun berhasil menghindar di detik terakhir).

Van Vuuren terlempar ke udara, dengan tubuh hancur sampai tidak dapat dikenali, dan tewas seketika. Sedangkan Pryce, yang mendadak tertimpa tangki pemadam, tewas seketika karena benda berat itu hampir memutuskan kepalanya. Ia pun terlempar keluar dari mobil. Mobil Pryce masih berjalan tanpa driver sejauh beberapa ratus meter.


6. Ronnie Peterson (1944-1978), driver Swedia, meninggal di rumah sakit setelah kecelakaan GP Italia 1978



Peterson baru saja mengalami kecelakaan tabrakan beruntun di belokan pertama GP Italia 1978, yang melibatkan 9 pembalap lainnya. Ia hanya mengalami cedera tungkai yang relatif �ringan� jika dibandingkan dengan Vittorio Brambilla yang mengalami koma akibat kepalanya tertimpa ban �terbang�.

Peterson dilarikan ke rumah sakit Milan untuk diperiksa. Ternyata ia mengalami beberapa patah tulang di tungkainya. Ia pun dijadwalkan untuk dioperasi keesokan paginya. Namun sebelum pagi tiba, Peterson mengalami emboli lemak yang bersumber dari daerah patah tulang di tungkainya; dan meninggal Senin, 11 September pagi.


5. Gilles Villeneuve (1950-1982), driver Kanada, meninggal di kualifikasi GP Belgia 1982



Dalam race, ia bertemu mobil lambat di jalur kiri. Mobil Jochen Mass. Mereka pun mengalami miskomunikasi. Mass yang mengira Villeneuve akan mencatat waktu, bermaksud membiarkannya lewat dengan bergerak ke kanan.

Villeneuve yang berniat mendahului Mass (yang tadinya ada di jalur kiri) segera membelokkan mobil ke kanan. Mereka bertabrakan di jalur kanan. Mobil Villeneuve, yang berada di belakang, terbang ke udara dan mendarat (hidung lebih dulu) dengan kecepatan 225 km/jam.

Villeneuve masih terseret sejauh 50 meter ke arah pagar kait di pinggir trek, di mana lalu ia tersangkut dan mengalami patah leher. Ia langsung dibawa ke rumah sakit St.Raphael University, dan sempat dipertahankan hidup selama beberapa jam sebelum akhirnya meninggal sekitar pukul 9 malam waktu setempat.

4. Riccardo Paletti (1958-1982), driver Italia, meninggal di GP Kanada 1982



Ia baru saja melakukan start GP-nya yang kedua. Karena gangguan koordinasi marshal, lampu kuning tidak dihidupkan setelah Didier Pironi (lagi-lagi!) stalled on grid saat start.

Paletti terlambat merespons dan hidung mobilnya menabrak bagian belakang mobil Pironi. Ia mengalami benturan di dada dan tidak sadarkan diri. Mobil Paletti selanjutnya mengalami kebakaran, dan ia pun mengalami asfiksia akibat asap karena terperangkap dalam mobil.

Para marshals pun butuh setengah jam untuk mengeluarkan Paletti. Ia meninggal setibanya di rumah sakit Royal Victoria di Montreal, 2 hari sebelum ultahnya yang ke-24.


3. Elio De Angelis (1958-1986), driver Italia, meninggal dalam uji coba mobil di sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Prancis usai GP Monako 1986



Mobil De Angelis mengalami kebakaran setelah tabrakan, dengan kondisi downforce mendadak hilang akibat lepasnya sayap belakang mobil. Ia hanya mengalami luka bakar ringan dan patah tulang selangka, namun De Angelis tidak dapat keluar dari mobilnya.

Apalagi di sirkuit yang bersangkutan hampir tidak ada marshal yang bersiap di tempat. Marshal baru datang 30 menit kemudian dengan helikopter dan melarikan De Angelis ke rumah sakit Marseille. Ia pun meninggal di sana 29 jam kemudian.


2. Roland Ratzenberger (1960-1994), driver Austria, meninggal di kualifikasi GP San Marino 1994



Ratzenberger yang baru saja membalap 1 kali di F1, mengalami kerusakan sayap depan mobil di putaran kualifikasi sebelumnya. Akibat kecepatan yang tinggi, ditambah tekanan angin, sayap depan tersebut patah dan tersangkut di bawah mobilnya.

Mobil Ratzenberger pun tidak dapat membelok dan membentur tembok solid dengan kecepatan 315 km/jam. Setelah tabrakan, mobil berputar-putar kembali ke trek, dan terlihat jelas bahwa Ratzenberger mengalami patah leher yang langsung menewaskannya di tempat.


1. Ayrton Senna da Silva (1960-1994), driver Brazil, meninggal di GP San Marino 1994


Juara dunia 3 kali ini start dari pole position. Sesaat setelah start, Pedro Lamy dan Jyrki Jarvilehto mengalami tabrakan yang mengakibatkan keluarnya safety car. Safety car keluar selama 5 putaran.

Pada 2 putaran berikutnya, mobil Senna terlihat understeer dan keluar jalur mendadak di tikungan Tamburello, dengan kecepatan 310 km/jam, lalu menghantam tembok solid.

Sebab kematian Senna yang sebenarnya masih misterius. Senna disebutkan mengalami luka tembus akibat patahan suspensi yang menembus helm dan bagian depan tengkoraknya.

Ironisnya video yang merekam momen tabrakan sepanjang 1.5 detik ternyata hilang. Damon Hill, rekan setim Senna di Williams pada tahun 1994, bersikeras bahwa Senna telah melakukan kesalahan biasa, namun fatal.

Sebagian penggemar berat Senna menduga ada konspirasi yang bertujuan membunuh pembalap berusia 34 tahun tersebut. Banyak juga yang memperdebatkan apakah Senna meninggal spontan atau di rumah sakit, karena ia tidak dinyatakan meninggal di trek.

Pernah juga dilaporkan bahwa video itu ternyata ada dan memperlihatkan Senna �melepas� setir seusai mobilnya melintir (namun video ini pun dipertanyakan keasliannya). Bagaimanapun kejadian sebenarnya, tragedi ini telah mengubah pandangan FIA terhadap keselamatan di lingkup Formula 1.

Sumber :
hnz11.wordpress.com

:maaf:

:makasih-g:

Reply With Quote
  #2  
Old 11th April 2012
Bentoleot Bentoleot is offline
Member Aktif
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 100
Rep Power: 0
Bentoleot mempunyai hidup yang Normal
Default

terima kasih info nya gan
Reply With Quote
  #3  
Old 11th April 2012
pedas's Avatar
pedas pedas is offline
Member
 
Join Date: Apr 2012
Location: 41651
Posts: 80
Rep Power: 0
pedas ceriwis bangetpedas ceriwis bangetpedas ceriwis bangetpedas ceriwis bangetpedas ceriwis bangetpedas ceriwis banget
Default

lebih afdol lagi kalo ada videonya nih ndan
Reply With Quote
  #4  
Old 11th April 2012
tanpamoney tanpamoney is offline
Member Aktif
 
Join Date: Mar 2012
Posts: 192
Rep Power: 0
tanpamoney mempunyai hidup yang Normal
Default

dih, seyeeem dech kamyu
Reply With Quote
  #5  
Old 11th April 2012
aptx aptx is offline
Member Aktif
 
Join Date: Jan 2012
Posts: 101
Rep Power: 0
aptx mempunyai hidup yang Normal
Default

coba di sertakan video ndan, pasti tambah keren
Reply With Quote
  #6  
Old 12th April 2012
Oshiraikaze Oshiraikaze is offline
Newbie
 
Join Date: May 2010
Posts: 37
Rep Power: 0
Oshiraikaze mempunyai hidup yang Normal
Default

omaigoooot..ketimpa tabung 20kg,??????
wew
Reply With Quote
  #7  
Old 12th April 2012
marshelladwi's Avatar
marshelladwi marshelladwi is offline
Member
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 54
Rep Power: 0
marshelladwi mempunyai hidup yang Normal
Default

Serem ngeliat nya...

Quote:
Nitip lapak gan:

Bisnis online paling mantab, terbukti membayar membernya dan bukan scam. http://www.idsurvei.com/survei/gadisa

Salah satu testimonial member:

Alhamdulillah ... hanya dalam hitungan beberapa hari saja (tepatnya 6 hari) sejak ane join dengan idsurvei.com ... PO pertama masuk rekeningku dengan selamat, ayo yang lom gabung cepetan, ini bukan scam .. ane dah buktiin ... dan sekarang ane tinggal nunggu tanggal pencairan tuk PO ke-2.

Dede Muhsin Zauhari - Cimahi

KLIK DISINI INFO SELENGKAPNYA
Reply With Quote
  #8  
Old 12th April 2012
marqueen's Avatar
marqueen marqueen is offline
Member Aktif
 
Join Date: Aug 2011
Location: Surabaya
Posts: 284
Rep Power: 14
marqueen mempunyai hidup yang Normal
Default

serem amit ya ampe kepala nya terpenggal gitu
Reply With Quote
  #9  
Old 13th April 2012
kuwok kuwok is offline
Member
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 72
Rep Power: 0
kuwok mempunyai hidup yang Normal
Default

pideonya juga kek cantumin akh ga seru nih TSnya
Reply With Quote
  #10  
Old 27th April 2012
aliarroughi's Avatar
aliarroughi aliarroughi is offline
Member Aktif
 
Join Date: Apr 2012
Location: Australia
Posts: 246
Rep Power: 0
aliarroughi sebentar lagi akan terkenalaliarroughi sebentar lagi akan terkenal
Default

Serem semua ndan
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 03:47 PM.


no new posts