Mengetahui lebih banyak tentang BMW M5 [WITH PIC!!]
[/quote]
Quote:
[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for buka dulu ya:
sebelumnya maap kalo thread ane
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Liat dulu yang ini:
Spoiler for open this:
Quote:
Quote:
BMW M5 adalah kinerja tinggi versi dari BMW Seri 5- mobil eksekutif dibangun oleh divisi Motorsport dari BMW . Pertama diperkenalkan di Amsterdam Motor Show pada tahun 1984, inkarnasi pertama dari M5 tangan dibangun memanfaatkan chassis 535i dan dimodifikasi BMW M1 mesin, menjadi produksi sedan tercepat di dunia pada saat diperkenalkan. Setelah iterasi dari M5 telah dibangun dari setiap generasi dari platform 5-Series, termasuk E34, E39 dan yang terbaru adalah E60/E61. Generasi berikutnya M5 diharapkan pada tahun 2011 dan akan didasarkan pada F10 BMW .
Karena umur panjang posisi papan nama dan tak terbantahkan di bagian atas menengah lineup's BMW, M5 tetap salah satu yang paling dikenal sport saloon, meskipun persaingan dari Mercedes-AMG dan Audi quattro.
Quote:
SEJARAH
M5 diawali pada tahun 1980 oleh M535i , mobil jalanan ketiga untuk muncul dari BMW Motorsport lokakarya. Sementara BMW 3.0 CSL dan M1 telah terbatas-produksi, tujuan dibangun sports saloon, M535i adalah seri sedan 5-ulang dilengkapi dengan BMW M30 mesin B35.
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for E28 M5 (1985-1988):
E28 M5 (1985-1988)
BMW M5 pertama, berdasarkan E28 Seri 5 , memulai debutnya di Amsterdam Motor Show pada bulan Februari 1984. Itu adalah produk permintaan untuk mobil dengan daya dukung saloon (sedan), tetapi kinerja keseluruhan dari sebuah mobil sport . Ini memanfaatkan chassis 535i dan evolusi mesin dari BMW M1 . Pada peluncurannya, E28 M5 adalah sedan produksi tercepat di dunia.
M5 generasi pertama adalah tangan built-in Preu�enstrasse / Munich sebelum liburan musim panas 1986 Motorsport pabrik. Setelah itu, M5 produksi dipindahkan ke Daimlerstra�e di Garching mana sisanya dibangun dengan tangan. Pada bulan Mei 1987, kunci mobil 1000 dipresentasikan kepada Bapak dan Ibu Krampertz dari Eichenau dekat M�nchen oleh Wolfgang Peter Flohr , direktur BMW Motorsport GmbH. Perlu dicatat bahwa produksi M5 berlanjut sampai Nopember 1988, baik setelah produksi chassis E28 berakhir di Jerman pada bulan Desember 1987.
M5 diproduksi dalam empat versi yang berbeda berdasarkan lokasi ekspor dimaksud. Ini adalah drive kiri (LHD) Euro spec, drive kanan (RHD) Inggris spec, yang LHD Amerika Utara (NA) spec untuk Amerika Serikat dan Kanada, dan RHD Afrika Selatan (ZA) spec.
The LHD, RHD Euro Spec M5s dan spec M5s ZA memiliki M88 / 3 powerplant yang dikirimkan 286 PS (210 kW, 282 hp) sedangkan Amerika Utara M5 1988 dilengkapi dengan varian dari M88 / 3 disebut B35 S38 yang dilengkapi dengan catalytic converter , yang dikombinasikan dengan kompresi lebih rendah sedikit dari 9.8:1 versus 10.5:1 untuk M88 / 3 mengurangi output daya untuk 256 hp (191 kW, 260 PS). S38 juga berbeda dari M88 / 3 dalam hal itu memiliki timing chain dual-baris dibandingkan dengan rantai timing tunggal M88 / 3's baris. The B35 S38 digunakan dalam NA-Spec E28 E24 M5 dan M6. katalis versi produksi yang dilengkapi Akhir (117 contoh) dari M635CSi Eropa juga dilengkapi dengan S38 B35. Awalnya 500 itu harus dibuat untuk Pasar AS, kemudian meningkat BMW produksi sebanyak 1.370 unit untuk pasar AS dan Kanada, meskipun angka yang berlaku umum adalah 1.244 unit.
KINERJA
Pada saat penjualan, BMW mengutip 0-60 kali berikut mph untuk memberi kesan bahwa M5 E28 tidak mengungguli E24 lebih mahal dan lebih berat M635csi.
-(Euro) - 282 PS (210 kW) - 0-60 mph - 6.2 s - Top Speed: 153 mph (246 km / h)
-(USA) - 256 hp (191 kW) - 0-60 mph - 6,5 s - Top Speed: 148 mph (238 km / h)
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for E34 M5 (1989-1995):
E34 M5 (1989-1995)
The E34 M5 merupakan kelanjutan dari seri M5's BMW, berdasarkan seri 5 . Hal itu dihasilkan dari 1988 sampai 1995, meskipun penjualan di Amerika Utara dimulai pada tahun 1990 dan berakhir pada tahun 1993. Ini diproduksi di BMW M GmbH di Garching , Jerman dan seperti M5 sebelumnya, tangan sepenuhnya dibangun. Ini memanfaatkan chassis 535i yang diproduksi pada BMW Dingolfing tanaman. Majelis dilakukan baik oleh seorang karyawan M tunggal atau tim karyawan M dan umumnya waktu sekitar dua minggu. Hal ini dikabarkan bahwa tes driver dari M5 E34 bisa menentukan siapa atau apa yang membuat masing-masing tim M5 spesifik, karena quirks karakteristik sifat handbuilt dari M5 E34. Mesin juga dibangun dengan tangan oleh teknisi BMW M. Semua powerplants M5 E34 dibangun untuk 5% dari output diiklankan.
The E34 M5 digunakan awal evolusi dari katup-24 lurus-6 ditemukan di M5 E28 dan E24 M635CSi/M6. Mesin ditunjuk S38B36 , dengan membosankan dari 93,4 mm (3,677 in) dan stroke 86 mm (3,386 in) untuk total kapasitas 3.535 cc (215,7 cu in ). Stroke ditambahkan adalah karena ditempa baja baru poros engkol , meskipun camshaft juga berubah. rasio kompresi naik sedikit (10:1 versus 9.8:1). Penyesuaian lainnya dibuat termasuk sebuah katup kupu-kupu yang dikendalikan secara elektronik dalam pleno asupan, yang menyediakan rpm rendah lebih baik dan daya mid-range. Mesin ini juga menampilkan sebuah perbaikan roda gila , Bosch Motronic injeksi bahan bakar , stainless steel panjang sama knalpot header, dan keramik cara katalis tiga. Awalnya memiliki perpindahan dari 3,6 liter, dan menghasilkan 232 kW (315 PS , 311 bhp ), dan 360 N m (266 ft lbf ) pada 4750 rpm . Mobil dijual di Amerika Utara dan Swiss , karena berbeda catalytic converter , yang dihasilkan 229 kW (311 PS, 307 bhp).
KINERJA
-89-92 (Euro) I6-24v 3,5 L
-0-60 mph (97 km / h): 6.3 s
-Top speed: 155 mph (250 km / h) (terbatas elektronik)
-92-95 (Euro) I6-24v 3,8 L
-0-60 mph (97 km / h): 5.9/5.7 detik *
-Top speed: 177 mph (280 km / h) (terbatas elektronik)
-91-93 (AS) I6-24v 3,5 L
-0-60 mph (97 km / h): 6.4 s
-Top speed: 155 mph (250 km / h) (terbatas elektronik)
-(Tersedia hanya dengan kecepatan transmisi manual-6)
VERSI KHUSUS
-E34 M5 Cecotto Edition
-E34 M5 Winkelhock Edition
-E34 M5 20 Jahre Motorsport Edition
-E34 M5 UK Limited Edition
-Motorsport
[spoiler=open this] for M5 E39 (1998-2003):
M5 E39 (1998-2003)
Tidak seperti pendahulunya, E39 M5 tidak handbuilt di BMW M GmbH pabrik; dalam rangka meningkatkan produksi, itu diproduksi di jalur perakitan yang sama dengan-5 series E39 normal di Dingolfing pabrik di Jerman. Bahkan, M5 E39 hampir tidak dibangun sama sekali; BMW percaya bahwa 210 kW (286 PS , 282 bhp ) 540i sudah cukup kuat, tetapi ketika Jaguar merilis 272 kW (370 PS, 365 bhp) XJR , dan Mercedes-Benz W210 memperkenalkan E55, yang memiliki lebih dari 260 kW (354 PS, 349 bhp) BMW menanggapi persaingan dengan 294 kW (400 PS, 394 bhp) M5.
Diperkenalkan pada tahun 1998 di Geneva Motor Show , produksi tidak dimulai sampai akhir Oktober tahun itu. Sebanyak 20.482 M5s E39 yang terbuat dari 1999 sampai 2003. BMW M menghasilkan tiga versi dari M5 E39, yang LHD Eropa dan versi RHD, dan versi spesifikasi Amerika Utara.
M5 E39 memiliki sangat disetel mesin V8 berdasarkan mesin M62 disebut S62 , yang terlantar 4,9 liter dan menghasilkan 294 kW (400 PS, 394 bhp). Mesin menampilkan 7.000 rpm redline, Double- VANOS , yang bervariasi intake dan exhaust timing katup untuk kedua bank silinder, dan kupu-kupu throttle individu untuk setiap silinder, memungkinkan untuk waktu respon mesin lebih cepat, yang diimbangi oleh throttle elektronik lebih lambat. Secara keseluruhan mesin jauh lebih kuat daripada inkarnasi sebelumnya, tetapi memiliki respon throttle lebih lambat terutama dari elektronik mencekik yang mencekik lebih dahulu.