Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > News > Nasional

Nasional Berita dalam negeri, informasi terupdate bisa kamu temukan disini

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 15th June 2011
Reporter's Avatar
Reporter Reporter is offline
Ceriwiser
 
Join Date: May 2010
Posts: 972
Rep Power: 17
Reporter memiliki kawan yg banyakReporter memiliki kawan yg banyakReporter memiliki kawan yg banyak
Default Polda Metro Buka Ruang Pelayanan Pemeriksaan



Jakarta
- Polda Metro Jaya menerima banyak keluhan dari masyarakat mengenai pelayanan yang kurang optimal. Untuk meningkatkan pelayanan dan kepercayaan masyarakat, Polda Metro Jaya membuka ruangan khusus pelayanan pemeriksaan.

"Kebijakan saya saat masuk Polda, pertama kali yang harus dibangun adalah ruang pelayanan, karena kepuasan masyarakat dimulai dari ruang pelayanan. Oleh karenanya ini kebijakan yang harus kita lakukan sebagai penjabaran dari reformasi birokrasi," jelas Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman.

Hal itu diungkapkan Kapolda saat meresmikan 'Ruang Pelayanan Pemeriksaan' di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (15/6/2011).

Kapolda mengatakan, pembangunan ruang pelayanan pemeriksaan ini bertujuan sebagai ruang konsultasi bagi para pelapor. Di ruangan yang memiliki luas 16x10 meter itu didesain untuk menampung para pelapor, sebelum akhirnya laporan itu masuk ke penyidik.

"Di sini nanti akan diberikan penjelasan kepada masyarakat yang melaporkan masalahnya, apakah kasusnya itu pidana, segera ditindak lanjuti. Tapi kalau kasusnya perdata, silakan diselesaikan lewat jalur perdata," paparnya.

Di ruang itu akan disediakan manager on duty, bisa dari Kepala Satuan atau Direktur Reserse Kriminal Khusus langsung. Dengan demikian, sebelum kasus itu digelar, pelapor bisa mendapatkan kepuasan dengan adanya penjelasan lebih dulu dari penyidik yang berkompeten dalam bidangnya.

"Di sini juga disediakan ruang komplain, jika pelapor merasa tidak puas. Nanti pengacara, pelapor dan penyidiknya bisa berunding dulu, apa yang menjadi keluhannya," katanya.

Selain menyediakan ruang komplain, ruangan itu juga dilengkapi dengan CCTV (Circuit Closed Television) agar lebih transparan.

"Sehingga nanti kalau ada yang dipukulin atau apa, bisa kelihatan lewat CCTV ini," kata Sutarman.

Sebelum mencapai puncak penyidikan, kasus yang dilaporkan masyarakat juga bisa digelar perkara dulu. Dalam gelar perkara ini, saksi ahli dari ahli pidana dihadirkan.

Kapolda melanjutkan, penyediaan ruangan pelayanan pemeriksaan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan prima terhadap masyarakat. Peningkatan fasilitas pelayanan ini juga dilakukan untuk meningkatkan kepercataan masyarakat.

"Trust building, ini impelemtasi teknik dan taktik adalah seperti ini, dimuali dari pelayanan yang ada di Polsek, SPK, Polres. Kalau pengaduan sudah dilayani dengan baik, maka nanti SOP-nya sudah diberikan," katanya.

Ia mengharapkan agar pelayanan seperti itu juga diimplementasikan di direktorat lain, Polsek dan Polres.

"Saya minta yang dibangun ruang pelayanannya dulu, jangan ruang Kapolres. Kalau ruangan Kapolres wangi, ruangan pelayanan bau pesing, nanti yang dilaporkan malah pelayanannya yang buruk," terangnya.

sumber

Reply With Quote
  #2  
Old 15th June 2011
DreamWorld's Avatar
DreamWorld DreamWorld is offline
Ceriwis Geek
 
Join Date: Mar 2011
Location: Bandung
Posts: 19,160
Rep Power: 90
DreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis Prophet
Default

semoga pelayanan masyrakat dpt trs ditingkatkan
Reply With Quote
Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 08:08 PM.


no new posts