Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
belanjayuk's Avatar
belanjayuk belanjayuk is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: May 2012
Posts: 1,958
Rep Power: 16
belanjayuk mempunyai hidup yang Normal
Default Sfesifikasi standar MotoGp [+pict]

Agan Agan pasti udah tau kalo Motor yang di tunggangi oleh para rider di motogp bisa melaju sampai 347 km/jam!. Dengan kecepatan segitu tentu motor di motogp perlu teknologi yang handal baik untuk kemanan pembalap maupun kemampuan motor itu sendiri. Mulai dari mesin sebagai penghasil tenaga, rangka, dan ban sebagai penyalur tenaga yang mebuat motor bisa melaju dengan kecepatan tinggi, dan juga helm serta baju pengaman yang dikenakan pembalap sangat menarik untuk di ketahui




[/quote]
Quote:





Teknologi MotoGP


Sepeda motor untuk motogp di buat khusus dan memenuhi standar yang dibuat oleh penyelengara motogp. Satu lagi motor dengan kapasitas 800 cc dengan putaran mesin antara 17500 � 18000 ini tidak untuk dijual di pasaran dan tidak boleh di tunggangi dijalanan. Sepeda motor motogp di buat dari material yang bermutu tinggi dan harga yang selangit seperti, titanium, serat karbon yang di perkuat.



Selain itu motor motogp di persenjatai dengan perangkat elektronik yang canggih termasuk telemetri, engine management systems, kontrol traksi, rem cakram karbon, dan teknologi mesin modern yang diadopsi dari teknologi mesin mobil F1.





Quote:





Mesin MotoGP



[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for mesin:














Mesin Motogp yang digunakan adalah tipe empat langkah (4 tak), bisa terdiri dari dua selinder sampai enam selinder dan mempunyai berat minimal untuk masing-masing jumlah silinder.



� 2 selinder kebawah berat minimal 133 kg

� 3 selinder 140.5 kg

� 4 selinder 148 kg

� 5 selinder 155.5 kg

� 6 selinder atau lebih berat minimal 163 kg



Agan - Agan bisa bayangin beratnya tuh motor






Spoiler for open this:
Quote:





Rem MotoGP


Dengan kecepatan puncak yang bisa mencapai 347 km/jam, rem merupakan senjata yang sangat di perlukan oleh para rider di motogp. Dengan rem yang mumpuni di tambah dengan skill, pembalap bisa melakukan overtaking di tikungan.



Rem motor di motogp harus memenuhi ringan, kuat dan tahan panas. Material yang digunakan biasanya serat karbon atau baja untuk cakramnya. Sebagai perbandingan untuk diameter yang sama cakram karbon beratnya 750 gram sampai 800 gram, sedangkan baja 1200 gram sampai 1600 gram.



Selain bahan, desain rem motogp sangat komplit karena akan mempengaruhi stabilitas saat pengereman, selain itu rem untuk masing-masing team di jatah 6 sampai 8 per musim dan di buat oleh dua pabrikan Brembo dan Nissin.





Quote:





Ban MotoGP


Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for ban:














Ban merupakan salah satu bagian vital dari motor. Ban berfungsi penahan beban baik saat akselerasi maupun pengereman, meredam getaran, halus saat mengelinding, daya cengkram yang baik dan tentu saja ketahanannya.

Ban motogp dari dua macam ada wet tyres untuk lintasan basah dan slick tyres untuk lintasan kering. Untuk sekali balapan ban ini mampu bertahan untuk jarak 120 km.



Untuk lintasan kering ban motogp mempunyai ulirnya halus, permukaan kontaknya ke aspal maksimal sehingga memberikan daya cengkram yang maksimal.



Ulir pada ban berfungsi untuk meningkatkan daya cengkram (menyerap energi saat karet terdeformasi).



Untuk membuat Ban digunakan berbagai bahan seperti pigmen, zat-zat kimia, kurang-lebih 30 jenis karet yang berbeda, benang-benang, kawat dan sebagainya. Proses lalu dimulai dengan mencampurkan bahan-bahan dasar karet dengan oli proses, warna hitam karbon, pigmen, anti-oksidan, akselerator dan berbagai zat tambahan lainnya. Masing-masing dari bahan ini menambahkan sifat tertentu pada campuran ini.







Spoiler for open this:
Quote:





Helm MotoGP


Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for helm motoGP:














Saat melaju dengan kecepatan sampai 340 km/jam tentu pembalap motogp perlu perlindungan ekstra, mulai dari baju sampai helem sebagai pelindung kepala.



Helem untuk pembalap motogp harus ringan, tahan benturan, nyaman, serta aerodinamis agar tidak mempengaruhi pembalap saat melaju dengan kencang. Helem terdiri empat komponen utama yaitu, pelindung luar, bagian dalam, kaca depan dan mekanisme penguat.



Bahan helem terbuat dari fibre glass, karbon, dan campuran Kevlar dan polyurethane yang berfungsi untuk menenyerap energi saat terjadi benturan.

Kaca helem selain berfungsi untuk melindungi mata pembalap dari debu atau partikel.



Selain itu kaca helem juga di rancang untuk meminimalkan pengaruh kabut atau hujan pada penglihatan pembalap. Sistem ventilasi helem juga di desain sedemikian rupa sehingga di dalam helem terasa kering dan nyaman saat di gunakan.



Harganya kisaran 6jt gan







Spoiler for open this:
Quote:





Pakaian Pembalap MotoGP


Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for baju:














Bahan pakaian yang dikenakan oleh para rider MotoGP ini harus aerodinamis, kemudahan dalam bernafas, nyaman, tahan lama, fleksibel, ringan dan tahan air.



Bahan yang cocok untuk mendukung semua syarat tersebut adalah berasal dari kulit kanguru yang lebih tahan, lebih fleksibel dan lebih ringan dari pada kulit sapi. Kulit kanguru ini bisa melindungi tubuh yang rentan terhadap dampak kecelakaan seperti bagian punggung, siku dan lutut.



Untuk bagian punggung, bisa kita lihat pakaian tersebut mempunyai punuk seperti unta. Fungsi dari punuk tersebut adalah mensejajarkan punggung dengan helm yang digunakan sehingga leher rider tidak tertekuk ketika jatuh meluncur disirkuit. Selain itu, juga untuk tempat menyimpan air minum untuk rider yang dihubungkan dengan helm. Meskipun terlihat mengganggu, namun nyatanya pakaian tersebut tetap fleksibel untuk memungkinkan gerakan.



Bagian dalam pakaian tersebut, menggunakan kombinasi bahan dari karbon, kevlar dan titanium yang didesain sedemikian rupa tanpa membuat rider merasa berat untuk mengenakannya. Berat total pakaian tersebut berkisar antara 3 kg sampai 3.5 kg, jadi agan ga perlu fitnes kalo mau berotot







Spoiler for open this:
Quote:





Sepatu Boots, sarung tangan, dan knee sliders


Selain pakaian yang dikenakan, ada setelan lagi untuk keselamatan rider ini, yaitu sepatu boots, sarung tangan dan knee sliders .



Sepatu boots ini harus kuat namun fleksibel dan ringan sehingga tidak memberatkan rider dan juga untuk mengurangi resiko luka parah yang diakibatkan kecelakaan pada kecepatan yang tinggi.



Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for sepatu:














Demikian pula pada sarung tangan, harus cukup ringan dan tidak menghalangi rasa pegangan pada setang. Resiko luka yang paling besar ada pada ibu jari, pergelangan tangan dan telapak tangan.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for gloves:














Rider ini juga mengenakan knee sliders. Knee Sliders inilah yang melindungi lutut rider pada saat berbelok. Pada saat itu slider lutut ini akan menyentuh jalan sirkuit pada sudut 55o. Maka dari itu, alat ini lama kelamaan akan rusak, sehingga harus diganti setiap saat. Alat pelindung ini juga terpisah dari pakaian rider dan biasanya alat ini diganti hingga lebih 100 kali dalam satu musim. Knee Slider ini terbuat dari bahan termoplastik.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for knee sliders:














Termoplastik ini juga melapisi pakaian rider untuk menghindari penyerapan air pada kulit saat hujan. Dengan demikian pakaian tidak akan menjadi lebih berat karen serapan air ini.







Spoiler for open this:
Quote:





Sistem Pendingin


Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for pendingin:














Baju rider ini dilengkapi dengan sistem pendingin untuk menjaga suhu internal. Sistem pendingin yang ada dibalik pakaian rider ini menggunakan gel-cooled water (powered by ultra-lights batteries dan micra-pumps yang dimasukkan pada bagian punuk).



Selain itu, baju ini juga terdapat sistem komputer data akuisisi, dimana informasi yang dikumpulkan dapat digunakan oleh teknisi untuk menganalisa keadaan fisiologis pengendara pada saat pertandingan maupun latihan.



Sensor yang dipasang pada baju pengendara ini berguna untuk menghitung atau mengukur titik tekanan, beban gravitasi, denyut nadi pengendara dan suhu tubuh. Sensor dapat merekam dampak kecelakaan yang dialami oleh rider sebagai informasi yang berguna untuk teknisi dalam mengupdate teknologi pakaian selanjutnya.







Spoiler for open this:
[quote]





Warna dan design


Setiap rider mempunyai ciri khas warna dan desain tersendiri termasuk helm yang digunakan. Desain pakaian secara keseluruhan adalah kombinasi dari logo team, sponso, nomor rider dan motif pribadi yang merupakan ciri khas setiap rider. Hal ini dapat membantu untuk membedakan rider satu dan rider lainnya.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for rossi leathers:














Produsen yang memasok pakaian di motogp ini antara lain Berik, BKS, Alpinestars, Dainese, Puma, Revit, Spidi dan Spyke.








sekian dari ane, semoga bermanfaat



Ane berharap


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for yaaa:














berhubung ane ga lagi ngebangun ane ga nerima


[spoiler=open this] for noooo:
















DAN JANGAN LUPA









Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 11:11 PM.


no new posts