Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
bakwanmalang's Avatar
bakwanmalang bakwanmalang is offline
Senior Ceriwiser
 
Join Date: May 2012
Posts: 5,897
Rep Power: 21
bakwanmalang mempunyai hidup yang Normal
Default Cara memutar posisi Lokomotif berkabin tunggal - Part 2

[/quote]
Quote:





بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Assalamualaikum......



Semoga Thread ini bisa menambah pengetahuan & wawasan agan semua tentang dunia perkeretaapian Indonesia





Alhamdulillah HT #2




[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for HT:








Makasih buat agan2 yg udah kirim ijo2 segernya













Thanks All agan & sista yg udh bantu
Spoiler for open this:



Please No Junk In My Thread

Budayakan Berkomentar Yang Bijak & Baca Dulu Sebelum Berkomentar!
Spoiler for open this:








Spoiler for open this:
Quote:







Sebelumnya ane mau coba bahas dulu kalo semua jenis lokomotif PT. KAI (khususnya yg berkabin tunggal) itu sebenarnya bisa di operasikan dengan jalan maju ataupun mundur. Bukannya Lok berkabin ganda tidak pernah diputar posisinya, tapi ane sangat jarang sekali melihat Lok berkabin Ganda kaya CC200, BB301 & BB304 di putar posisi kabinnya




Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Lok kabin ganda BB304:










Spoiler for open this:



Disini ane akan bahas Lokomotif berkabin tunggal seperti Lokomotif Diesel Hidrolik D300, 301, BB200, 201, 203, 204, 300, 302, 303, 305, 306. Kemudian Lokomotif Diesel Elektrik CC201, 202, 203, 204, 205 yg memiliki dua posisi kabin yakni Short Hood / SH (masinis membelakangi mesin) dan posisi Long Hood / LH (mesin membelakangi masinis).




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for LH:








Long Hood










Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for cabin:










Pandangan masinis saat Lok CC201 posisi LH

Foto : Yuza Ramadhan










Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for cbn:








Lok BB303 posisi LH





Spoiler for open this:



Mungkin agan-agan banyak yg bertanya kenapa posisi Lokomotif (terutama Lok berkabin tunggal) harus diputar? Lha wong bisa maju mundur kok?

Itu juga pertanyaan yg sama dengan pertanyaan ane saat ane PKL di Bengkel Lokomotif Yogyakarta tahun 2007 silam

Alasannya yaitu mencegah keausan pada satu sisi roda Lokomotif karena mengalami beban pada saat membelok.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 1:










Pandangan di Kabin masinis posisi SH luas





Spoiler for open this:



Kita ibaratkan dengan foto diatas, kita ambil yang Short Hood ya (SH). Jika loko berjalan dengan posisi SH dan banyak mendapati tikungan tajam (dan misalkan banyak tikungan ke kanan) jelas Roda dan As sebelah kanan Lokomotif lebih berat menahan beban bukan (sama halnya mungkin dengan mobil). Nah jika dia kembali ke jalur yang sama tapi dengan keadaan loko tidak dibalik (alias berjalan mundur (Long Hood) maka bagian as dan roda sebelah kanan lagi yang akan sering menerima beban. Maka dari itu harus dibalik agar keausan pada roda merata.



Alasan lain yg menjadikan kenapa posisi Lok berkabin tunggal sering dibalik tidak lain karena pandangan masinis lebih luas ketika Lok berkabin tunggal berjalan dengan posisi Short Hood Berbeda halnya jika Lok berjalan dengan posisi Long Hood, pandangan masinis menjadi sangat terbatas karena sebagian besar terhalang oleh mesin Lok itu sendiri Apalagi kalo Gerbong kereta yg ditarik notabene Kereta Jarak jauh, misal Jakarta-Malang





Ada tiga cara membalik Lokomotif :




Spoiler for open this:
Quote:





1. Dengan TurnTable (TT)




Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for TT Malang:


















Pengunciinya









Spoiler for open this:



Turbtable atau meja putar kalau di Indonesiakan. Cara memutar loko yang paling simpel karena hanya membutuhkan sedikit tempat dan lahan. Caranya yaitu hanya menempatkan Lokomotif ditengah2 TT (harus pas ditengah supaya ringan) lalu diputar manual oleh tenaga manusia, biasanya 2 � 4 orang (berat kosong loko minimal 75 ton). Dipo Lokomotif Yg masih mempunyai TT aktif Jatinegara, Pasarturi (Surabaya), Bandung, Sub Dipo Lok Kroya, Malang, Cilacap, Yogyakarta.





2.Dengan Segitiga Pembalik




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Segitiga Pembalik:








Ilustrasi Segitiga Pembalik



1





2





3





4





CC20329 sedang proses membalik posisi kabin di Semarang Poncol





Spoiler for open this:



Yang ini agak sedikit rumit karena memakan banyak lahan. Berbentuk segitiga dan lokonya harus berjalan dari sisi sebelah kiri (difoto) lalu berbelok ke kiri ( menuju ke atas) terus kembali dan berbelok ke kiri (menuju sebelah kanan) dan baru kembali ke awal (sisi kiri foto), lihat skema Stasiun Solo Balapan, Semarang Poncol, Banyuwangi & Rumah Sinyal Mesigit (Surabaya) memiliki segitiga pembalik.





3. Dengan memutari Ballon Loop



[center]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Baloon Loop SDT:














Baloon Loop dipo Induk Sidotopo



Yang ini agak rumit. Karena berbentuk lintasan panjang, namun kadang Ballon Loop tidak hanya digunakan untuk memutar satu Lokomotif saja, tapi bisa lebih dari satu atau bahkan juga digunakan untuk memutar satu rangkaian KA. Mungkin dari gambar sudah jelas ya. Ada di Sidotopo (Surabaya), Jakarta (Muter Jatinegara � Pasar Senen - Duri - Tn.Abang - Manggarai - Jatinegara lagi ). Ada lagi di Tanjung Karang (biasanya untuk memutar Lokomotif beserta rangkaian Babaranjang)






Spoiler for open this:
Quote:





Bonus




Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Turn Table Stas.Bandung:















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Turn Table Dipo Lok.Cirebon:















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Turn Table non-aktif Stas.Cicalengka:















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for CC201143R nyuengsep di TT Dipo Lok YK:















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Segitiga pembalik & balon loop di Stas.Banyuwangi:








ke kiri, ke stasiun. Ke kanan dan arah belakang foto ke jalur mati balon loop sekaligus jalur mati pelabuhan Banyuwangi














Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 1978:








Turn Table Madiun










Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for TT Jember:

















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Turn Table Sub Dipo Pekalongan:















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Turn Table Ciwidey:






Jadi Tempat jemuran










Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Turn Table Bedono (Jateng):















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Turn Table Banjar:















[spoiler=open this] for Dipo Lok Malang:




















[quote]















Sekian dari ane gan

Jangan lupa tinggalkan







Kalo ada yg berkenan boleh timpuk ane melon








Thanks For Visit











Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 01:09 AM.


no new posts