Cara memutar posisi Lokomotif berkabin tunggal - Part 2
[/quote]
Quote:
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Assalamualaikum......
Semoga Thread ini bisa menambah pengetahuan & wawasan agan semua tentang dunia perkeretaapian Indonesia
Alhamdulillah HT #2
[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for HT:
Makasih buat agan2 yg udah kirim ijo2 segernya
Thanks All agan & sista yg udh bantu
Spoiler for open this:
Please No Junk In My Thread
Budayakan Berkomentar Yang Bijak & Baca Dulu Sebelum Berkomentar!
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
Quote:
Sebelumnya ane mau coba bahas dulu kalo semua jenis lokomotif PT. KAI (khususnya yg berkabin tunggal) itu sebenarnya bisa di operasikan dengan jalan maju ataupun mundur. Bukannya Lok berkabin ganda tidak pernah diputar posisinya, tapi ane sangat jarang sekali melihat Lok berkabin Ganda kaya CC200, BB301 & BB304 di putar posisi kabinnya
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Lok kabin ganda BB304:
Spoiler for open this:
Disini ane akan bahas Lokomotif berkabin tunggal seperti Lokomotif Diesel Hidrolik D300, 301, BB200, 201, 203, 204, 300, 302, 303, 305, 306. Kemudian Lokomotif Diesel Elektrik CC201, 202, 203, 204, 205 yg memiliki dua posisi kabin yakni Short Hood / SH (masinis membelakangi mesin) dan posisi Long Hood / LH (mesin membelakangi masinis).
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for LH:
Long Hood
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for cabin:
Pandangan masinis saat Lok CC201 posisi LH
Foto : Yuza Ramadhan
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for cbn:
Lok BB303 posisi LH
Spoiler for open this:
Mungkin agan-agan banyak yg bertanya kenapa posisi Lokomotif (terutama Lok berkabin tunggal) harus diputar? Lha wong bisa maju mundur kok?
Itu juga pertanyaan yg sama dengan pertanyaan ane saat ane PKL di Bengkel Lokomotif Yogyakarta tahun 2007 silam
Alasannya yaitu mencegah keausan pada satu sisi roda Lokomotif karena mengalami beban pada saat membelok.
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 1:
Pandangan di Kabin masinis posisi SH luas
Spoiler for open this:
Kita ibaratkan dengan foto diatas, kita ambil yang Short Hood ya (SH). Jika loko berjalan dengan posisi SH dan banyak mendapati tikungan tajam (dan misalkan banyak tikungan ke kanan) jelas Roda dan As sebelah kanan Lokomotif lebih berat menahan beban bukan (sama halnya mungkin dengan mobil). Nah jika dia kembali ke jalur yang sama tapi dengan keadaan loko tidak dibalik (alias berjalan mundur (Long Hood) maka bagian as dan roda sebelah kanan lagi yang akan sering menerima beban. Maka dari itu harus dibalik agar keausan pada roda merata.
Alasan lain yg menjadikan kenapa posisi Lok berkabin tunggal sering dibalik tidak lain karena pandangan masinis lebih luas ketika Lok berkabin tunggal berjalan dengan posisi Short Hood Berbeda halnya jika Lok berjalan dengan posisi Long Hood, pandangan masinis menjadi sangat terbatas karena sebagian besar terhalang oleh mesin Lok itu sendiri Apalagi kalo Gerbong kereta yg ditarik notabene Kereta Jarak jauh, misal Jakarta-Malang
Ada tiga cara membalik Lokomotif :
Spoiler for open this:
Quote:
1. Dengan TurnTable (TT)
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for TT Malang:
Pengunciinya
Spoiler for open this:
Turbtable atau meja putar kalau di Indonesiakan. Cara memutar loko yang paling simpel karena hanya membutuhkan sedikit tempat dan lahan. Caranya yaitu hanya menempatkan Lokomotif ditengah2 TT (harus pas ditengah supaya ringan) lalu diputar manual oleh tenaga manusia, biasanya 2 � 4 orang (berat kosong loko minimal 75 ton). Dipo Lokomotif Yg masih mempunyai TT aktif Jatinegara, Pasarturi (Surabaya), Bandung, Sub Dipo Lok Kroya, Malang, Cilacap, Yogyakarta.
2.Dengan Segitiga Pembalik
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Segitiga Pembalik:
Ilustrasi Segitiga Pembalik
1
2
3
4
CC20329 sedang proses membalik posisi kabin di Semarang Poncol
Spoiler for open this:
Yang ini agak sedikit rumit karena memakan banyak lahan. Berbentuk segitiga dan lokonya harus berjalan dari sisi sebelah kiri (difoto) lalu berbelok ke kiri ( menuju ke atas) terus kembali dan berbelok ke kiri (menuju sebelah kanan) dan baru kembali ke awal (sisi kiri foto), lihat skema Stasiun Solo Balapan, Semarang Poncol, Banyuwangi & Rumah Sinyal Mesigit (Surabaya) memiliki segitiga pembalik.
3. Dengan memutari Ballon Loop
[center]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Baloon Loop SDT:
Baloon Loop dipo Induk Sidotopo
Yang ini agak rumit. Karena berbentuk lintasan panjang, namun kadang Ballon Loop tidak hanya digunakan untuk memutar satu Lokomotif saja, tapi bisa lebih dari satu atau bahkan juga digunakan untuk memutar satu rangkaian KA. Mungkin dari gambar sudah jelas ya. Ada di Sidotopo (Surabaya), Jakarta (Muter Jatinegara � Pasar Senen - Duri - Tn.Abang - Manggarai - Jatinegara lagi ). Ada lagi di Tanjung Karang (biasanya untuk memutar Lokomotif beserta rangkaian Babaranjang)
Spoiler for open this:
Quote:
Bonus
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Turn Table Stas.Bandung:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Turn Table Dipo Lok.Cirebon:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Turn Table non-aktif Stas.Cicalengka:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for CC201143R nyuengsep di TT Dipo Lok YK:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Segitiga pembalik & balon loop di Stas.Banyuwangi:
ke kiri, ke stasiun. Ke kanan dan arah belakang foto ke jalur mati balon loop sekaligus jalur mati pelabuhan Banyuwangi