Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
pingpong's Avatar
pingpong pingpong is offline
Senior Ceriwiser
 
Join Date: May 2012
Posts: 5,888
Rep Power: 21
pingpong mempunyai hidup yang Normal
Default �� Mengenal & Memperbaiki Mobil Sendiri �� - Part 2









Thread by Toxz2710



[/quote]
Quote:





Quote:





MENGENAL DAN MEMPERBAIKI MOBIL SENDIRI






Quote:





GANGGUAN PENYEBAB DAN TINDAKAN






Quote:





Mesin Tidak Berputar


Quote:





Penyebab : Sakelar pengapian rusak



Tindakan : Sambungkan aki dan terminal-terminal starter dengan kabel langsung, jika senoid (kumparan) berbunyi 'klik' maka kontaknya rusak. Ganti dengan yang baru menurut keperluan.





Quote:





Penyebab : Sambungan aki putus atau longgar, aki kosong atau (pada mobil bertransmisi) sakelar pengaman netral rusak. Jika relay starter berbunyi 'klik' tetapi mesin tidak berputar, periksa starter sambungannya dengan kemungkinan kondisi rusak.



Tindakan : Perbaiki bagian-bagian penyebab menurut keperluan











Quote:





Mesin berputar tetapi tidak mau hidup


Quote:





Penyebab : Platina terbakar atau berlobang



Tindakan : Ganti dengan platina baru





Quote:





Penyebab : Menara-menara distribusi atau terminal-terminalnya berkaitan



Tindakan : Bersihkan atau ganti dengan yang baru.





Quote:





Penyebab : Kap pengapian (koil) atau kabel tegangan yang bertegangan tingii dalam kondisi basah



Tindakan : Bersihkan, keringkan atau ganti dengan yang baru bila diperlukan





Quote:





Penyebab : Kebocoran berlebihan pada tekanan (resistor) kondensor output atau isolasi



Tindakan : Periksa dengan alat penguji (tester) distributor dan kondensator. Pastikan bahwa sambungan ke kondensator tidak rusak. Atau ganti dengan yang baru bila perlu.





Quote:





Penyebab : Kumparan (koil) rusak



Tindakan : Cabut kabel pusat dari kap distributor dan dekatkan antara 1 sampai 1,5 cm pada blok mesin. Jika tidak ada lompatan api atau ada tapi dengan kondisi yang lemah, maka koilnya rusak atau ada kerusakan pada sirkuit primer.





Quote:





Penyebab : Tahanan ( wesrstand, resistance ) primer tidak tepat



Tindakan : Periksa penurunan voltage pada kabel atau balast tahap primer dengan sebuah voltameter, atau ukur tahanan unit tersebut dengan menggunakan ohm meter untuk memastikan bahwa syarat-syarat pabrik terpenuhi. Pemeriksaan cepat untuk mengetahui rusak atau tidaknya tahanan primer, dilakukan dengan mem bypass (menyambung sirkuit primer tanpa melalui unit tahanan tersebut dengan kabel langsung).











Quote:





Mesin susah distart


Quote:





Penyebab : Api busi lemah



Tindakan : Periksa keadaan platina dan kawat sirkuit primer, kemungkinan salah sambung





Quote:





Penyebab : Sambungan sirkuit koil terbuka atau korsleting dengan massa



Tindakan : Sambungkan sebuah lampu penguji 110 volt pada terminal-terminal primer koil. Jika lampu tidak menyala, maka sambungan sirkuit primer terbuka (terputus). Sambungkan lampu tersebut antara terminal tekanan tinggi dengan terminal-terminal primer koil. Sambungkan salah satu terminal lampu pada tabung koil dan terminal lainnya pada terminal tegangan tinggi dan primer. Jika lampunya menyala atau terjadi lompatan api pada titik kontak, maka kumparan koil korsleting dengan massa.





Quote:





Penyebab : Busi kotor atau kurang tepat pemasangannya



Tindakan : Bersihkan busi dan pasang ulang dengan baik





Quote:





Penyebab : Kabel busi pecah atau rusak



Tindakan : Perbaiki atau ganti dengan yang baru. Ukur tahanan pada kabel-kabel tekanan tinggi dengan ohmmeter untuk memastikan bahwa syarat-syarat pabrik terpenuhi.





Quote:





Penyebab : Aki lemah atau rusak



Tindakan : Isi ulang aki atau ganti dengan yang baru.











Quote:





Mesin susah distart dalam kondisi panas


Quote:





Penyebab : Api bocor antara kabel dan busi



Tindakan : Jika api tidak mampu menjembatani jarak antara 1/4 sampai 3/8 inci secara teratur, periksa keadaan platina, kondensator dan koil.





Quote:





Penyebab : Cuk macet tertutup



Tindakan : Lepaskan menurut keperluan





Quote:





Penyebab : Motor starter atau kabelnya rusak



Tindakan : Perbaikan atau ganti dengan yang baru





Quote:





Penyebab : Mesin terlalu panas



Tindakan : Periksa bagian pendingin mesin seperti radiator. Servis jika diperlukan.











Quote:





Mesin susah distart dalam kondisi dingin




Quote:





Penyebab : Satu komponen atau lebih dari bagian pengapian bekerja kurang sempurna



Tindakan : Periksa seluruh bagian pengapian dengan alat atau pengujian yang cocok





Quote:





Penyebab : Aki lemah atau rusak



Tindakan : Isi aki atau ganti dengan yang baru.





Quote:





Penyebab : Oli terlalu kental



Tindakan : Buang dan ganti dengan oli yang cocok untuk kondisi mesin.











Quote:





Mesin berjalan tetapi pengapian tidak rata pada kecepatan tinggi


Quote:





Penyebab : Busi kotor atau stelan gap nya kurang tepat



Tindakan : Bersihkan busi, dan stel ulang pemasangannya.











Quote:





Mesin berjalan kurang sempurna pada kecepatan tinggi


Quote:







Penyebab : Stelan saat (timing) pengapian terlalu "na"(terlambat)



Tindakan : Stel menurut ketentuan.





Quote:





Penyebab : Ujung pemutusan distributor rusak



Tindakan : Ganti !





Quote:





Penyebab : Busi kotor, stelan gap nya kurang tepat atau jangkauan panasnya tidak cocok untuk mesin tertentu



Tindakan : Bersihkan, stel atau ganti.





Quote:





Penyebab : Koil atau kondensator tidak bekerja semestinya



Tindakan : Periksa dengan alat pengapian yang tepat. Ganti jika perlu.











Quote:





Boros Bensin


Quote:





Penyebab : Ujung-ujung pemutusan distributor kotor atau stelannya kurang tepat



Tindakan : Bersihkan, stel lagi atau ganti





Quote:





Penyebab : Timing pengapian, stelannya kurang tepat.



Tindakan : Stel menurut ketentuan





Quote:





Penyebab : Setelan maju distributor kurang tepat



Tindakan : Periksa dengan tester dan perbaiki menurut ketentuan.











Quote:





Akselerasi Kurang


Quote:





Penyebab : Timing pengapian terlalu terbelakang



Tindakan : Periksa dengan tester dan perbaiki menurut ketentuan





Quote:





Penyebab : Busi kotor atau setelan gapnya kurang tepat



Tindakan : Bersihkan, stel ulang atau ganti.





Quote:





Penyebab : Platina kotor



Tindakan : Periksa dan bersihkan setelan maju distributor











Quote:





Ban mencicit ketika berbelok


Quote:





Penyebab : Tekanan ban kurang atau tidak sama



Tindakan : Pompa menurut ketentuan





Quote:





Penyebab : Poros atau spidlenya bengkok



Tindakan : Ganti bagian-bagian yang rusak





Quote:





Penyebab : Sambungan peluru (ball joint) suspensi depan atau sambungan kemudi kurang longgar



Tindakan : Setel ulang dan longgarkan











Quote:





Putaran kemudi sukar kembali


Quote:





Penyebab : Sambungan kemudi dan sambungan peluru (ball joint) terlalu seret



Tindakan : Lumasi dan longgarkan





[quote]





Penyebab : Tekanan pompa hidrolis kurang tinggi (khusus untuk kemudi hidrolis)



Tindakan : Pompa diperbaiki atau saluran-saluran yang tersumbat dibersihkan





















Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 05:21 PM.


no new posts