Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
bakwanmalang's Avatar
bakwanmalang bakwanmalang is offline
Senior Ceriwiser
 
Join Date: May 2012
Posts: 5,897
Rep Power: 21
bakwanmalang mempunyai hidup yang Normal
Default Beginilah cara membalik lokomotif kereta api

Lokomotif harus selalu diputar (dibalik) agar masinis memiliki ruang bebas yang lebar saat membawa rangkaian kereta api sehingga faktor keamanan menjadi lebih baik.

berikut ini ada beberapa teknik membalik locomotive yang sering dilakukan di Indonesia:


[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for turntable:






Turn table adalah perangkat pembalik yang paling banyak tersedia di Indonesia. Turn table dapat ditemukan di Dipo lokomotif Jatinegara, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Pasarturi. turntable diputar secara manual, memutar turntable butuh 4 orang, 2 di 1 sisi dan 2 lagi di sisi yang lainnya


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for turntable di Dipo Lokomotif Jatinegara:

















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for turntable di Dipo Lokomotif Yogyakarta:












nyang ini ane moto sendiri,

awalnya yg ngedorong masinis ama asistennya, eh ternyata gak kuat..

trus manggil 2 orang lain buat ngebantu dorong,

plus ane juga ngebantu (doa)



berhubung ada yg nanyain letaknya,

letaknya di yg ane lingkarin



kalo mo maen kesitu lgsung masuk aja, kalo mo bantuin ngedorong turntable jg gapapa




















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for segitiga pembalik:






Segitiga Pembalik adalah sebuah area yang berbentuk segitiga dimana destiap sudut dilengkapi dengan wesel. Segitiga pembalik dapat ditemukan di Stasiun Solo Balapan, Semarang Poncol, Surabaya (Jalur Sidotopo-Surabaya Kota-Surabaya Gubeng-Sidotopo)


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for segitiga pembalik di Solo Balapan:



















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for segitiga pembalik di Semarang Poncol:



























Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Ballon loop:






Baloon Loop adalah sebuah jalur lingkar yang dapat digunakan untuk membalik lokomotif atau bahkan dapat membalik satu rangkaian kereta api. Ballon loop ada di Dipo Sidotopo Surabaya, Jakarta (Jalur Jatinegara-Manggarai-Tanah Abang-Pasar Senen-Jatinegara)


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Ballon loop di Sidotopo Surabaya:


























SUMBER



jangan lupa & dirate




[/quote]
Quote:






Originally Posted by tora86



yang segitiga caranya gimana gan?






ane ambil contohnya di Stasiun Solo Balapan,

begini caranya loko dari arah Stasiun Solo Balapan maju ke arah utara, terus mundur ke arah timur, lalu maju lagi ke arah barat kmbali ke Stasiun Solo Balapan. Beres deh



Quote:






Originally Posted by Akenovich



gan tapi disini ane sering liat banyak lokomotif yang gak dibalik supaya loko tampak muka-nya ada di depan...



komentarnya...1







iya sih, memang kadang ada kreta yg lokonya gak dibalik



contoh kereta yg lokonya gak dibalik

Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for argo bromo anggrek dgn loko yg gak dibalik:



















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for seharusnya begini:



















Spoiler for open this:
Quote:





Quote:






Originally Posted by yippiye



tuh yang gak di balik ngeliatnya ke depannya gimana gan ? susah donk...






Quote:






Originally Posted by cc20410



Kan dikasihin kaca kecil buat ngeliat'a, kalo masih kurang keliatan ya terpaksa harus nongol kepala masinis'a dari jendela biar sinyal'a keliatan



Ane tambah lagi ya

masinis juga harus udah apal lintasan yang menjadi tanggungjawab'a, sinyal ada dimana, batas kecepatan ada dimana dan berapa,dll. Jadi gak masalah mau pandangan luas ataupun sempit gan













Quote:





Quote:






Originally Posted by t0ni3



kalo ga dibalik ada efek bahaya nya ga gan?

pandangan jadi ga bebas yah?







Quote:






Originally Posted by cc20410



Gak juga, masinis/asisten masih bisa nongol dari jendela

Dan 1 lg, yang mengoperasikan loko tsb. adalah masinis dari dipo yang sudah sangat hapal dengan lintasana'a













thx udh bantu jawab, agan CC20410

Quote:






Originally Posted by XLZ



ngaruh ga sih loko kebalik sama engga?? taro di depan ya kalo mau dijawab






gak ngaruh sih,

cuman kalo kebalik, masinis liatnya dari jendela yg kecil

Quote:
[spoiler=open this] for jendela:


















Quote:






Originally Posted by Doniee Bramanto



Istilahnya GAnn



KAlo kabin masinis ada dibelakang,, deket gerbong,, disebut LONG HOOD



Kalo kabin masinis ada didepan,, maka disebut SHORT HOOD



heheheh,,

taruh depan gan heheh







[quote]





trit ane ttg kereta yg laen

Interior Kereta eksekutif di Indonesia [PIC]

Nasib Kereta buatan INKA di luar negeri









Reply With Quote
  #2  
Old 12th October 2012
shogoen's Avatar
shogoen shogoen is offline
Member Aktif
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 212
Rep Power: 0
shogoen mempunyai hidup yang Normal
Default

Kenapa Dibalik Ndan.... Takut Gosong Yah....
Reply With Quote
  #3  
Old 12th October 2012
KuC1nG's Avatar
KuC1nG KuC1nG is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Oct 2012
Location: kucing = 18
Posts: 787
Rep Power: 14
KuC1nG mempunyai hidup yang Normal
Default

kalo berlawanan arah mesti dibalik...
Reply With Quote
  #4  
Old 13th October 2012
Judes's Avatar
Judes Judes is offline
Member Aktif
 
Join Date: Sep 2012
Posts: 178
Rep Power: 0
Judes mempunyai hidup yang Normal
Default

kadang jalan mundur juga
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 07:04 PM.


no new posts