
11th January 2011
|
 |
Ceriwiser
|
|
Join Date: Apr 2010
Posts: 871
Rep Power: 20
|
|
Proses Pengereman Pesawat Saat Landing Beserta Alatnya
Quote:
Pertama, pesawat akan mengeluarkan yang namanya spoiler.
Gunanya untuk mengurangi gaya angkat sehingga pesawat akan lebih cepat turun. Tapi untuk penerbangan normal, spoiler nggak dibuka full. Hanya dibuka-tutup sesekali saja sebelum fase pendaratan. Gambar diatas adalah saat dimana spoiler digunakan untuk pengereman setelah pesawat menyentuh tanah. Penjelasan lebih lanjut ada dibawah Selanjutnya flap diturunkan. Flap adalah penampang bagian belakang pesawat yang fungsinya adalah menaikkan gaya angkat dan mengurangi kecepatan.
|
Quote:
Macam macam flap
Plain flap adalah jenis flap yang paling sederhana. Biasanya terdapat pada pesawat kecil.
Split flap juga salah satu jenis flap sederhana dan terdapat pada pesawat kecil dan sedang. Contohnya ada pada pesawat Dacota DC-3.
Fowler Flap adalah jenis flap yang paling banyak digunakan pada pesawat komersil karena kemampuannya meningkatkan gaya angkat yang tinggi.
Slotted flap adlah flap yang akan membuat sebuah slot saat digunakan. slot ini berguna untuk mendorong aliran udara turbulen menjadi streamline.
|
Quote:
Ban pendarat
Begitu akan mendekati landasan, maka landing gear diturunkan. Apa fungsinya?? Ya buat alas pesawat itu mendarat laah gan ...
|
Quote:
Dari gambar diatas, sudah jelas bahwa dengan menggunakan flap maka kecepatan pesawat akan berkurang tanpa kehilangan gaya angkatnya. landing gear yang diturunkan berkontribusi menambah drag yang akan memperlambat laju pesawat.
|
Quote:
Selanjutnya mulailah pesawat landing.
Di titik ini, disaat ban pesawat menyentuh ground. secara otomatis, spoiler terbuka full keatas.
|
Quote:
Ada satu sistem pengereman lagi yang namanya adalah AUTOBRAKE. Alat ini adalah sistem yang dipasang pada ban pesawat, ini jenis pengereman yang umum digunakan di hampir semua alat transportasi yang mempunyai roda karena menggunakan sejenis kampas rem. Lebih lanjut tentang autobrake ada di berkas MbahWiki
autobrake alias antiskid, yah intinya klo putaran wheel melebihi skid, maka antiskid mengirim sensor ke brake bwt ngebrake secara otomatis tanpa menginjak brake pedal.
|
Quote:
perhatikan pada beberapa saat setelah ban pesawat menyentuh tanah, maka bagian tengah engine (mesin pesawat) ada bagian yang terbuka.
Nah bagian tersebut dinamakan THRUST REVERSER. Yakni sebuah alat yang fungsinya adalah membelokkan arah udara yang ditembakkan engine menjadi kearah depan.
macam2 thrust reverser
CLAMSHELL. Biasanya digunakan pada pesawat jenis Boeing dan Airbus.
Gambar dua, reverser yang menggunakan actuator biasanya ada pada tipe pesawat MD-82.
Gambar ketiga ada jenis reverser yang menggunakan semacam actuator berbentuk ulir.
Quote:
Intinya adalah, aliran udara yang dihasilkan engine dibelokkan sedemikian rupa agar arahnya menjadi kedepan. Memang tidak murni 100% berbalik arah, tapi setidaknya resultan gaya yang dihasilkan sudah efektif untuk pengereman.
|
|
Quote:
untuk sistem pengereman pada pesawat tempur yang ada di kapal induk, F-16 misalnya, selain menggunakan peralatan yang diatas tadi, ada satu sistem tambahan lagi untuk menunjang panjang landasan yang sangat pendek dan speed yang tinggi
Kalo di perhatiin untuk pesawat tempur yang mendarat di kapal induk, sesaat sebelum ban menyentuh landasan ada sebuah tali yang dilemparkan ke suatu pengait di kapal induk. Fungsinya untuk memberhentikan pesawat itu SEKETIKA.
Sistem ini HANYA ada pada pesawat tempur karena konstruksinya kuat. Bila pesawat komersil menggunakan sistem ini, maka kemungkinan terburuknya adalah konstruksi pesawat bisa hancur berkeping-keping karena gaya momen yang tinggi
|
Quote:
Pengereman pd space shuttle
Pesawat antariksa ini sistem pengeremannya ada caranya sendiri yang cukup sederhana. Yak, agan pasti tahu kalo saat mendarat, pesawat ulang-alik mengeluarkan PARASUT
|
Quote:
Klo berkenan boleh lah minta kulkas dah kosong nich,,jangan d kasih harga nya mahal bgt..
:courage: :courage: :courage: :courage:
Di Rate jg boleh kok
|
Last edited by Amri; 12th January 2011 at 12:29 AM.
|