Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Motor

Motor Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Motor.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 11th January 2012
librilz's Avatar
librilzVIP librilz is offline
Ceriwis VIP
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 15,788
Rep Power: 92
librilz is Ceriwis Prophetlibrilz is Ceriwis Prophetlibrilz is Ceriwis Prophetlibrilz is Ceriwis Prophetlibrilz is Ceriwis Prophetlibrilz is Ceriwis Prophetlibrilz is Ceriwis Prophetlibrilz is Ceriwis Prophetlibrilz is Ceriwis Prophetlibrilz is Ceriwis Prophetlibrilz is Ceriwis Prophet
Default Modifikasi Mesin Memperpendek Usia Sepeda Motor

Bagi sebagian besar bikers, kondisi mesin standar masih dianggap kurung mumpuni. Akibatnya, entah keinginan sendiri atau rayuan teman, tega mengoprek mesin.

Nah, kalau sudah begini, buat penampilan sih oke! Namun bagaimana nasibnya sepeda motor tersebut setelah dioprek?

Menurut Mangiring Siahaan, General Manager Service and Motorsport, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, dipastikan daya tahan atau usia pakai sepeda motor akan menjadi pendek. Lho kok bisa?

Suhu Mesin

Dijelaskan, setiap modifikasi mesin akan mempengaruhi kondisi kerjanya. Misalnya, modifikasi paling standar mengganti knalpot dengan tipe racing. Usia pakai komponen mesin jadi pendek.

"Knalpot racing digunakan untuk putaran tinggi. Pada kondisi kerja seperti itu, suhu mesin akan naik atau menjadi lebih tinggi dari normalnya. Daya tahan piston berkurang karena suhu tinggi tersebut. Ini contoh dasar, belum lagi modifikasi lainnya," jelas Mangiring.

Muhammad Abidin, Manager Technical Support, YMKI menambahkan, modifikasi pada kaki-kaki juga memperpendek usia pakai sepeda motor. Abidin mencontohkan, mengganti pelek atau ban dengan ukuran lebih lebar, menyebabkan bobot bertambah. Akibatnya, beban kerja mesin bertambah.

"Coba saja Anda ganti ban standar dengan ukuran besar. Pada Dyno test pasti terjadi penurunan sampai satu PS," tegas Abidin.

Tergantung Individu

Abidin melanjutkan, kalau sepeda motor digunakan dengan baik (standar), perawatan berkala juga perlu dilakukan teratur. Usia sepeda motor pada kondisi top bisa mencapai 5 tahun.

"Kondisi tesebut tidak termasuk penggantian komponen yang habis, seperti kampas rem dan ban. Intinya, usia sepeda motor sangat ditentukan oleh individu penggunanya," tegas Abidin.

Anda mau yang mana? Modifikasi buat dipajang, untuk gaya, ngebut atau membutuhkan sepeda sebagai alat transportasi semata?
Sumber


Reply With Quote
  #2  
Old 13th January 2012
vcvc35's Avatar
vcvc35 vcvc35 is offline
Ceriwis Addicted
 
Join Date: Sep 2010
Location: ★★
Posts: 3,982
Rep Power: 31
vcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important personvcvc35 is very very important person
Default

kalo di modifikasi tapi service mesin dll teratur apa masih pendek juga gak ya ndan umur motornya?
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 02:32 AM.


no new posts