FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Mobil Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Mobil. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
"Kapan harus ganti oli?" Pertanyaan ini sederhana sekali, tapi masih banyak dari kita yg belum mengerti sehingga mengabaikan saatnya mengganti oli kendaraan. Mengganti oli kendaraan secara berkala adalah wajib, yaitu untuk memperpanjang kinerja dan umur bagian-bagian kendaran yg memerlukan pelumasan. Bagian-bagian kendaraan yg memerlukan pelumasan al. : mesin, transmisi, transfer, gardan, dll. Secara garis besar, pedoman penggantian oli pada kendaraan (mobil/motor) didasarkan pada 2 hal, yaitu berdasarkan jenis oli dan bagian kendaraan yg memerlukan pelumasan (oli). 1. Jenis Oli Ada 3 jenis oli yang umum digunakan, yaitu jenis mineral, semi-sintetik, dan sintetik. Masing-masing jenis oli ini memiliki batasan waktu penggantian. Untuk oli mineral (bahan dasar unsur alam) masa penggantiannya antara 2000-3000 km, oli semi-sintetik (campuran unsur alam dan kimia) antara 3000-5000 km, dan oli sintetik (bahan dasar unsur kimia) antara 5000-7500 km. Dalam hal lain (setelah mengalami penambahan bahan-bahan aditif tertentu) masa penggantian ketiga jenis oli ini bisa lebih panjang lagi. 2. Bagian-bagian kendaraan yg memerlukan pelumasan Bagian-bagian kendaraan yg memerlukan pelumasan yg umum dikenal adalah : bagian mesin, bagian transmisi, bagian transfer, dan bagian gardan. Masa penggantian oli mesin seperti disebutkan pada butir 1 di atas, hanya waktunya tergantung dari jenis oli yg digunakan. Sedangkan penggantian oli transmisi, transfer, dan gardan biasanya antara 20.000-40.000 km, dan ini pun tergantung dari jenis oli yg digunakan. Ketentuan ini berlaku pula untuk jenis transmisi otomatis. Apa akibatnya kalau waktu penggantian oli diabaikan? Fungsi oli, selain melumasi bagian-bagian yg bergerak di mesin, transmisi, gardan, dll, juga membersihkan bagian-bagian yg bergerak tadi, dari berbagai kotoran terutama karena adanya serbuk keausan logam dan karbon hasil pembakaran yg tidak terbuang ke knalpot tapi masuk ke ruang oli. Jika oli ini 'kesaktiannya' hilang, yaitu tidak/kurang mampu lagi melumas dan membersihkan bagian-bagian yg bergerak tadi, maka cepat atau lambat akan mengganggu kinerja bagian-bagian kendaraan tadi (mesin/transmisi/gardan, dll), bagian-bagian tadi menjadi kasar dan ribut, bahkan bisa membuat bagian-bagian itu menjadi hancur berantakan! Jadi adalah benar bahwa kerusakan mesin berawal dari oli, dan faktor inilah pentingnya mengganti pelumas (oli) secara berkala. Waktu penggantian oli yg benar adalah berdasarkan pemakaian Km (kilometer), bukan berdasarkan pemakaian waktu (bulan). yo...ayo...ayo, ganti oli...! INI THREAD PERTAMAX ANE GAN... ![]() MAKLUM NEWBIE,,,, JADI MAAP KALO ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
![]() |
|
|