Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Mobil

Mobil Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Mobil.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
Clingak2's Avatar
Clingak2 Clingak2 is offline
Ceriwis Pro
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 2,014
Rep Power: 15
Clingak2 mempunyai hidup yang Normal
Default Mesin kencang legendaris Mitsubishi

Mitsubishi termasuk yang sering membuat mesin kencang dari dulu hingga sekarang. Prestasi di ajang reli yang membanggakan membuat Mitsubishi terus berkarya membuat mesin kencang, khususnya tipe 4G63T. Di era 90-an, Mitsubishi tergolong banyak mengeluarkan mesin kencang yang berkonfigurasi V6, dari mesin 2000cc MIVEC kepunyaan FTO sampai 6A13TT milik GTO Twin Turbo. Apa sajakah mesin legendaris Mitsubishi? Ini dia



1. 4G63T



Merupakan mesin kebanggaan Mitsubishi. Akselerasi mesin 4G63T jelas tidak main-main, terutama kalau dipasangkan di mobil yang berbodi ringan seperti Lancer Evolution. Apalagi performanya sudah terbukti di ajang WRC dengan kemampuan menjuarai reli 4 kali berturut-turut. Lancer Evolution generasi terakhir yang bodinya lebih berat dari generasi 90-an tetap masih bisa berlari lebih kencang, padahal mesinnya masih sama. Hanya saja jeroan mesinnya yang berbeda membuat mesin ini dapat menggendong bodi dengan kencang. Pemilik Lancer biasa juga bisa pakai mesin ini, mengingat masih satu dudukan dan ruangnya tergolong masih muat karena sama-sama 2000cc. Namun sebelum engine swap mesin ini, pastikan Anda mengetahui cabutan asal mesin ini, sebab walaupun mesin sama tenaganya bisa berbeda-beda. Paling lambat 4G63T eks Galant VR-4 atau Lancer Evo I, sedangkan paling kencang 4G63T eks Lancer Evo IX. Namun buat pemilik Lancer 90-an, sebaiknya pakai eks Evo I-IV.




[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for :














2. 6A12TT



Ini merupakan salah satu mesin twin turbo paling unik. Sebab dengan kapasitas 2000cc, mesin ini sudah berkonfugurasi V6 dan twin turbo, dan biasanya mesin twin turbo kapasitas mesinnya 2500cc atau lebih, seperti mesin RB26DETT atau 2JZ-GTE. Sayangnya mesin Galant VR-4 model bulat ini kurang populer, sehingga sulit dicari.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for :














3. 6A13TT



Boleh dibilang mesin ini merupakan saingan dari RB25DET-nya Nissan, sebab mesin ini sama-sama 2500cc. Hanya saja mesin Mitsubishi lebih canggih dari RB25DET-nya Nissan, sebab sudah berkonfigurasi V6 dan Twin Turbo. Mesin Galant VR-4 model hiu ini cukup populer untuk menjadi bahan engine swap. Seperti di Indonesia udah banyak pemilik Galant hiu melakukan engine swap mesin ini, termasuk kaki-kaki, sistem 4WD, dan transmisi INVECS-II tipronik. Sayangnya di ajang balap mesin ini kurang terdengar prestasinya.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for :














4. 6G72TT



Boleh dibilang mesin ini memiliki dua saingan mesin Nissan, yakni VG30TT, lantaran mesin ini sama-sama 3000cc twin turbo V6, dan RB26DETT yang merupakan hadapannya dan sama-sama bisa diupgrade dengan horsepower yang kompetitif. Mesin GTO Twin Turbo ini juga boleh dibilang saingannya 2JZ-GTE, lantaran sama-sama 3000cc twin turbo dan bisa diupgrade hingga horsepower yang kompetitif. Prestasi di ajang balapnya cukup terdengar di ajang Endurance 24 jam Jepang. Mesin ini walau popularitasnya kalah jauh dari RB26DETT-nya Nissan atau 2JZ-GTE-nya Toyota, setidaknya mesin ini akan dipakai lagi di mobil sport Russia, E-GO revolt, dengan tenaga yang lebih besar.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for :














5. 6A12



Merupakan versi NA dari 6A12TT. Mesin FTO ini tergolong tidak lazim untuk mesin sekelasnya yang rata-rata 4 silinder, sebab mesin ini berkonfigurasi V6. Walaupun mesin ini hanya untuk mobil yang dijual di Jepang, prestasinya cukup terdengar di ajang JGTC kelas GT300, dengan driver Nakaya. Belum lagi sosok kehebatan mesin ini bisa Anda saksikan di film Jackie Chan, Thunderbolt.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for :














6. 4G92 MIVEC



Mesin cabutan Mirage ini cukup populer buat yang kurang puas dengan mesin standar Lancer CB/CK untuk bahan frankenstein. Sebab yang paling dicari adalah teknologi MIVEC-nya. Di era 90-an, Lancer yang masuk ke dealer resmi Mitsubishi di Indonesia sama sekali tidak dibekali teknologi MIVEC, tidak seperti mobil Honda yang sedan sekelasnya sudah bermesin VTEC. Trik frankensteinnya mirip frankenstein ala mesin Honda. Berhubung pertambahan tenaganya banyak yang merasa kurang nendang, sepertinya trik frankenstein tersebut lebih cocok untuk keperluan harian.




[spoiler=open this] for :














Sekian postingan dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan atau kekurangan.



Cekidot juga trit mesin kencang legendaris lainnya



Nissan

http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=5593873



Toyota

http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=5586284



Honda

http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=10204513



Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 12:14 PM.


no new posts