FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Mobil Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Mobil. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
Pagi agan - agan wati seantero Raya, Ane cuman pengen sharing setelah browsing-briwsing tentang proses troubleshooting mesin mobil yang mogok dijalan, ![]() mudah-mudahan ilustrasi di atas ga pernah terjadi sama agan-agan yang pada punya mobil,, apalagi kalo yang bawa mobilnya IGO bening kaya gini ![]() Untuk menghindari hal-hal diatas, ada beberapa saran yang dikemukanan sama narasumber ane dari blog ROTATING ENGINEER ini sarannya gan .. Troubleshooting mungkin dapat diartikan secara bebas sebagai mencari sebab permasalahan. Berikut ini adalah panduan troubleshooting permasalahan pada mobil bensin berdasarkan gejala-gejala yang timbul. Panduan ini dibuat khusus untuk mobil yang memakai engine management system. Namun, bisa juga Anda gunakan untuk mobil-mobil konvensional sebagai panduan umum. Bedanya, mobil konvensional tidak memiliki sensor-sensor ataupun ada yang tidak memakai fuel injektor, melainkan memakai karburator. MAP = Manifold Absolute Pressure MAF = Manifold Air Flow EGR = Exhaust Gas Regulator TPS = Throttle Position Sensor IAC = Idlespeed Control Engine noise - Hiss (bunyi mendesis) � vacuum leaks - Adanya loncatan busur api atau Electrical arching (snapping noise) Engine mau distart tetapi engine tidak mau hidup - charcoal canister full of fuel - faulty MAP, MAF, or coolant sensor or circuit - EGR valve stuck open - Faulty canister vent valve - Fuel pressure lack - Fuel empty - Water in fuel - Aki soak (putaran starter pelan/lemah) - Busi kotor - Severe vacuum leak - Injektor mampet - Sirkuit start rusak - Faulty air flow sensor - IAC valve defective Engine sulit hidup � dingin - Leaking injectors Engine sulit hidup � panas - Aki soak - Air filter sumbat - Defective coolant sensor/circuit - Defective intake air temperature sensor/circuit - Defective MAP or MAF - Faulty TPS or circuit - Aki kotor - Ground jelek - Busi kotor - Fuel pressure - Air flow sensor faulty - PCV valve stuck open - Vacuum/air leak Engine hidup tetapi tidak mau jalan - Faulty canister vent valve - EGR stuck open - Coil & alternator loose - Intake manifold vacuum leaks - Airflow kurang Engine �lopes� idle, rough, erratic - Air filter clogged - Throttle plate/bore kotor - EGR - Vacuum leak - Air leak in intake duct/manifold - IAC - Lean injector - Rich injector - Fuel pump - Cold only = PCV stuk - Warm only = TPS or MAF Engine mati saat langsam/idle. - Busi kotor/gap - Kabel busi - EGR valve - Fuel filter/line - Vacuum leak - Incorrect timing - Kompresi silinde low/sinjal Excessive idle speed - vacuum leak - throttle linkage macet Engine misses throughout driving speed range - Fuel filter kotor - Fuel pump pressure - Busi - Kabel busi - Kompresi piston lemah - Ignition system - Vacuum leak - Lean injector Hesitation/stumbles/stalls kalau pedal gas diinjak/ditekan untuk akselerasi. - Busi kotor - Fuel filter - TPS - Air temperature sensor - MAP - Air leak di manifold - MAF - Throttle plate/bore kotor - Ignition coil/kabel - Fuel pump pressure - Fuel injektor Engine lack power/sluggish performance - Air filter mampet - Exhaust mampet - Vacuum leak - EGR valve stuck open - MAP - Busi gap - Fuel filter - Vacuum leak - Injektor Stall on decal/coming to a quick stop - EGR valve stuck/leakage around base - TPS - Idle air control valve malfunction - Fuel filter - Gap busi - Vacuum leak Surging at steady speed - Air filter - Vacuum leak - Air leak - EGR valve stuck/leak at base - O2 sensor - TPS - MAF, MAP - Loose fuel injector connector - TCC (torque converter connector) - Fuel pressure, pump - Lean injector - Defective computer/information sensor Engine tidak mau mati (diesel/runs on) saat kunci kontak di-off-kan atau idle speednya terlalu tinggi - vacuum leak - EGR Valve - Excessive engine operation temperature, overheating - Incorrect spark plug selection Engine "nembak" /Back firing (baik dari intake dan/atau exhaust) - vacuum leak di PCV or canister purgeline - vacuum leak at fuel injector, intake manifold air control valve or vacuum line - Faulty secondary ignition system (busi retak, kabel) - EGR - Emission control system - Faulty air valve - Valve clearance - Damaged valve spring, sticking, burned check by vacuum gage Bensin boros - air filter mampet - PCV - O2 sensor - Timing - Fuel leak - Injector worn/damage - Rem mampet - Ban kempes/kurang angin Detonasi (spark knock) - EGR valve inoperative - Vacuum leak - Busi - Knck sensor - Fuel quality Exhaust banyak asapnya - Black (rich): air filter, intake duct mampet, O2 sensor - Blue (burning oil): PCV valve stuck, PCV filter - Brown/yellow (lean): fuel filter, lean injector Bau bensin - tank overfilled - tank cap gasket - lines leaking - injector stuck open - injector leak internally - injector leak externally - EVAP canister filter in EEC mampet - Vapor leaks from Evaporative Emission Control System lines Beberapa Tools yang sangat baik untuk dimiliki karena akan sangat membantu dalam troubleshooting: - stetoskop khusus otomotif (ujungnya yang ditempelkan berbentuk panjang seperti tubing, sedangkan yang punya dokter, yang ditempelkan berbentuk bulat) - Analyzer - Vacuum gage - termometer laser - timing light - power cylinder pessure gage demikina agan - agan sharing dari ane, mudah mudahan buat yang punya mobil selalu bisa semangat pagi kaya mba yang satu ini.. ![]() karna ane masih Nubi,, dan masih Abu juga, buat agan yang sudah ISO mohon bantuannya buat ngasih Ijo -Ijo nya gan ... ![]() ![]() ![]() Maaf kalo kurang berkenan, jangan sampe ngasih ini ya Gan ![]() sekali lagi ane masih nubi, masih amatir bikin thread,, makasih agan semua .. ![]() Terkait:
|
![]() |
|
|