Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Motor

Motor Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Motor.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
ModifMotor's Avatar
ModifMotor ModifMotor is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 964
Rep Power: 14
ModifMotor mempunyai hidup yang Normal
Default Pengaruh ubah ukuran ban gan!!!

Holaaa agan2..selamat berpuasa.....semoga dilimpahkan rizki dan berkah di bulan suci ini amin..



Category:



Other



Seiring perkembangan industri ban, produk karet hitam after market makin banyak pilihan. Tak hanya ukuran, pattern (bentuk alur-red), sampai kompon juga beragam.



Tak heran, banyak bikers ganti ban diluar dari ukuran yang direkomendasi. �Perbedaan ukuran, pattern sampai kompon pasti ada efeknya. Karena desain ban standar sudah melalui berbagai riset validasi tes berkait performance, stability, torsi mesin dan lainnya,� jelas Darori, Quality Ansurance Technical Service, PT Gajah Tunggal, produsen ban IRC.



Penggantian ban yang lebih gede ukurannya dari standar dengan performa mesin yang tetap standar, sedikit mengurangi performa mesin. �Misal, aslinya harusnya memakai ban ukuran 2,75-17 inci. Lalu ganti 3,00-17 inci. Efeknya bagusnya mungkin handling lebih enak karena tapak lebih besar,� tambah Darori.



Tapi, jangan tanya kalau ada perubahan performa. �Kenaikan satu step ukuran ban, setidaknya nambah beban 10 persen beban. Belum lagi dihitung bidang kontak yang lebih banyak nempel di aspal,� terang Darori.



Demikian juga perubahan ukuran yang lebih kecil. Performa akan lebih enteng. �Tapi efek lain, soal safety akan berkurang karena koefisien konstruksinya tidak sesuai acuan falidasi tes motor tersebut,� ingatnya.



PENGGUNAAN BAN RACING

Demikian juga perbedaan kompon, seperti aplikasi ban balap atau racing untuk harian. Ban balap dipakai buat harian akan bermasalah kalau di kondisi jalan dicampur lumpur, genangan air dan pasir.



Traksi tidak semaksimal ban harian. Soalnya patern atau pola si kulit bundar buat kompetisi enggak diperuntukan harian. �Compound pun akan cepat habis. Berbeda buat harian yang dirancang untuk penggunaan yang panjang,� beber Hendro Purwanto, Product Development Section Head, PT Indomobil Bhupala, pemegang merek ban Vee Rubber.



BATAS UKURAN DARI PELEK

Batasan ubahan ban juga dipengaruhi ukuran pelek. Ukuran lebar ban yang lebih besar dibanding pelek, berimbas handling berat lantaran profil ban melebar. Lebih terasa waktu motor membelok. �Pas melewati tikungan panjang dengan kecepatan tinggi kemungkinan besar mendadak kehilangan traksi,� jelas M. Agung Yulianto, Product Design, PT Suryaraya Rubberindo Indonesia (SRI), produsen ban lokal Federal dan FDR, di Cileungsi, Bogor.



Sebaliknya kalau menggunakan profil ban sempit dibanding pelek bawaan motor. Terasa agak ringan waktu kecepatan tinggi dan lurus. Tapi, traksi ke aspal enggak maksimal waktu melintas kelokan panjang.



Makanya, kalau ingin sesuai batasan ukuran pelek dengan ban yang ideal, simak tabelnya. Di situ jelas ukuran pelek dan toleransi penggunaan ban yang ideal digunakan.



Juga perhatikan pula simbol batas kecepatan. Jadi bisa menyesuaikan kebutuhan ban yang kita butuhkan, sesuai penggunaan sehari-hari. Itu bisa dilihat dari huruf yang ada di tanda bagian sisi ban.



UKURAN PERSAMAAN BAN DAN PELEK



UKURAN BAN - UKURAN PELEK

60/100 - 1.40

70/90, 70/100 - 1.60

80/80, 80/90, 80/100 - 1.85

90/80, 90/90, 90/100 - 2.15

100/80, 100/90 - 2.50

110/80, 110/90 - 2.50

120/80, 120/90 - 2.75



Simbol Kecepatan - Kecepatan Maksimum (km/jam)

A1 - 5

A2 - 10

A3 - 15

A4 - 20

A5 - 25

A6 - 30

A7 - 35

A8 - 40

B - 50

C - 60

D - 65

E - 70

F - 80

G - 90

J - 100

K - 110

L - 120

M - 130

N - 140

P - 150

Q - 160

R - 170

S - 180

T - 190

U - 200

H - 210

V - 240

W - 270

Y - 300



Semoga info dr ane berguna buat bikers..para mudikers..dan agan2 sekalian..jgn jahatin ane y gan..ane cm mau sharing..



Klo boleh minta buat buka puasa nanti..hehehe



Lucky Coment nih:




[/quote]
Quote:






Originally Posted by Andro2000



Gaya bole tp kenyamanan ilang kl pake ban kecil

Jkt mo pake gaya, cape atuh kecuali kl cman muter sekitar komplek







Quote:






Originally Posted by Ryukendo555



Buat agan TS.

Se tahu ane, n dari kata temen ane.



Ban kecil itu lebih untung di kecepatan terutama jalan lurus.

Tapi di tikungan bisa mematikan karena ukurannya kecil maka bagian yang bisa napak dijalan pun kecil, kira2 seperti itu.



Kalau ban besar kecepatan awalnya rendah/baru start tapi lama - kelamaan bisa cepet kok bahkan kayanya lebih cepat dari ban kecil.

Dibelokan juga lebih enak







Quote:






Originally Posted by OhEmJi



penting nih gan, moga hot thread....










[quote]






Originally Posted by meatrider27



sekarang ane punya alesan teknis buat temen2 ane yang ganti ban gak sesuai aturan

makasih agan TS











Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 07:42 PM.


no new posts