Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Motor

Motor Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Motor.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
Motorplus's Avatar
Motorplus Motorplus is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 828
Rep Power: 14
Motorplus mempunyai hidup yang Normal
Default [INFO] Sedikit share soal ban sepeda motor gan, biar tau masuk aja

[/quote]
Quote:





UPDATE INFO SOAL BAN MOTOR, selanjutnya ada DI SINI





Quote:





JANGAN LUPA RATE YAH, biar bisa dibaca sama agan2 yg lain






Quote:





Malem agan2 sekalian,

mumpung lagi jalan2 di forum roda 2, saya mo bagi2 sedikit info soal ban sepeda motor nih.. semuanya saya rangkum berdasarkan pengalaman saya selama mainan ban motor.

langsung aja kita simak bareng-bareng yuk...



jadi pada dasarnya, kita sebagai bikers pasti mutlak memerlukan ban untuk media menyalurkan tenaga motor langsung ke medan yang kita lalui pastinya. Tapi saya yakin nggak semua orang mau sedikit menyisakan waktu buat merawat ban itu sendiri. Intinya sih, bukan cuma mesin aja yang butuh perawatan gan. Kita mungkin aja rajin servis mesin & ganti oli ke bengkel tiap satu bulan sekali, tapi apa dengan jadwal rutin seperti itu aja lantas motor kita bakal baik2 aja secara keseluruhan? Ban juga mutlak perlu dirawat loh!




Quote:





Nah kita bisa mulai dari hal yang sangat sederhana kok. Semisal:

1. Rajin2 pantau tekanan angin. Hal ini memang sederhana banget gan, tapi dampaknya bisa memperpanjang usia ban. Tekanan angin yang ideal juga bisa mendukung performa ban. Sering saya dapet pertanyaan dari customer seperti ini: "Mas, ban yang kmaren dipasang kok kalo buat belok masih goyang yah?? apa memang merk Bridg*stone kek gitu?? ada gak seri lainnya yang lebih mantap??" Padahal dia udah make ban seri kompon lunak yang notabene didesain untuk hi-speed juga pemakaian yang cenderung semi-race. Lantas saya tanya soal detail riwayat seluk beluk kaki2 motornya, akhirnya ketauan deh, ternyata masalahnya ada di tekanan angin yang kurang! Ya iyalah kalo tekanan angin kurang, konstruksi ban juga pasti jadi beda ketika dia kena beban motor plus pengendaranya, apalagi kalo buat nikung..




[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for NIKUNG:















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for KONSTRUKSI BAN:
















2. Kalau memang memungkinkan, isi ban menggunakan NITROGEN.

bukan kenapa-kenapa gan, NITROGEN alias N2 emang udah terbukti bisa mempertahankan suhu dalem ban motor tetap stabil meskipun suhu di sekitar panasnya ekstrim maupun dingin. Hal ini nanti ngaruh ke kekenyalan karet yang tetap terjaga dengan baik, efek jangka panjangnya, umur ban jadi lebih panjang. Selain itu, NITROGEN juga punya partikel atom yang lebih gede, sehingga gak gampang merembes di pori2 mikro pada ban. Kelemahannya, masih terbatasnya penyedia layanan pengisian NITROGEN untuk ban. Hanya tempat2 tertentu aja yang punya mesin N2. Kocek yang harus dikeluarkan untuk isi N2 juga lebih besar ketimbang isi angin biasa.



3. Atur gaya berkendara. Lah apa hubungannya sama ban?? Ada gan! riding style akan nentuin juga masa pakai ban. Cara buka gas, cara ngerem, cara oper gigi, gak cuma ngefek ke mesin aja loh.. Kalo gaya berkendara kita model ugal2-an sih, jangan bingung kalo ban cepet botaknya





4. Usahakan jangan terlalu sering menyemir ban. Semua orang juga pasti seneng kalo motornya kinclong kan? jadi lirikan sana-sini kan keren!

tapi kadang kita lupa juga, selesai nyuci motor, ban disemir semua, kadang sampe telapak ban juga disemir Semir ban akan menutup pori2 mikro ban. Ini membuat ban susah "napas" gan. Dampak lainnya, lapisan silikon yang lama akan ketumpuk lapisan baru kalo kita kurang bersih pas nyuci motor, trutama bagian ban. Saya saran, cari semir ban yang memang terbuat dari bahan dasar air sehingga mudah menyerap & cepet kering. Biasanya semir2 ban model gini banyak edar di pasaran tuh silikon susu (warna putih, lebih encer). Itu kalo kita mo beli yang curah (literan). Kalo yg kemasan kecil juga banyak kok di swalayan.



5. Sesuaikan kebutuhan medan yang dilalui tiap hari. Jangan sampai agan salah pilih ban yang ternyata imbasnya ke performa motor itu sendiri. Ini ibarat orang saltum alias salah kostum. Masak iya kondangan make sepatu bola??

Banyak saya temui pelanggan di toko yang sekedar kpengen awet lantas mereka nyari ban tipe cross, padahal untuk kebutuhan aspal kota aja. INI ADALAH PERSEPSI YANG KELIRU!! FYI, make ban knobb alias ban tipe cross bukan malah bikin masa pakai ban lebih lama loh! Yang ada juga malah ban cepet abis.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for SALAH KOSTUM:






masa iya make ban beginian di jalan raya...?











6. Sesuaikan ukuran velg maupun ban.

Ban gede, velg lebar.. yang hobi jalan jauh pasti demen kan? Tapi banyak saya nemu pelanggan yang settingan ukuran velg sama ban jelas2 gak ideal. Misalkan ada pelanggan yang minta gmana caranya ban segede mungkin di velg standar VIX*ON misalnya. Kalo VIX*ON make velg lebar 3.50-17 di belakang, saya sih bisa aja setting ban ukuran 130/70-17. Tapi apa hal ini juga berlaku buat yang masih make velg "kecil"?? Masuk sih masuk gan, tapi hasilnya ttep aja gak bakalan gede. Hal semacam ini nantinya berdampak di hasil ban setelah masa pakai yang lama. Bisa dilihat bagian tengahnya aja yang lebih cepet abis. Sdgkan tepi2-nya masih tebel. Knapa? karena logikanya, ban lebar yang dipasangkan di velg kecil pasti akan melengkung (bukan melebar). Ini membuat sisi tepi2 ban gak akan nyentuh aspal meski kita cornering sampe hidung nempel ke aspal

Hal ini nantinya akan ngefek juga ke usia ban.







Pernah ketemu kasus kek gini gan..?


Spoiler for open this:
Quote:











itu adalah salah satu contoh kasus yg sering banget saya dapet di motor pelanggan. Jadi setelah saya cek, ternyata kasus2 seperti ini muncul karena ternyata velg yang kurang lebar. Saya ambil contoh ban seperti di gambar, yaitu BRIDG*STONE BATTLAX BT45R. Hampir sebagian besar pecah2 kalo memang dipasang di velg yang kurang lebar.



[quote]





Jadi intinya gan, ban juga butuh perawatan sama halnya mesin motor. Jangan sampai gara2 ban pecah2 lantas meletus trus jadi anti sama salah satu merk. Ini kan gak adil banget gan. Insinyur udah botak ngerancang desain ban yang oke dengan segala kelemahannya, kita user cuman bisa nyalahin ban aja..









mudah2-an bermanfaat buat agan2 semua....

Spoiler for open this:









[spoiler=open this] for MAU INI...?:




saya juga gak nolak kalo ada yang berbaik hati bagi2 melon









makasih udah mampir ke trid saya









Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 05:21 AM.


no new posts