for
deskripsi:
Berbeda dengan software authoring lain, MMF2 sama sekali tidak menggunakan script. Pemrograman MMF2 adalah flowchart-based programming.
Contoh sederhananya: Jika A=1 maka lakukan B dan C.
Disini kita akan membandingkan MMF2 dengan Flash. Contohnya kita ingin membuat sebuah bola terpantul ketika bertabrakan dengan objek lain (Collision detection).
Kalau di C++, kita akan menulis script panjang seperti ini:
Code:
//Courtesy of
C/C++ Program Code for 2D Elastic and Inelastic Collision of 2 Balls
void collision2D(char mode,double alpha,
double m1, double m2, double r1, double r2,
double& x1, double& y1, double& x2, double& y2,
double& vx1, double& vy1, double& vx2, double& vy2,
int& error ) {
double r12,m21,d,gammav,gammaxy,dgamma,dr,dc,sqs,t,
dvx2,a,x21,y21,vx21,vy21,pi2;
pi2=2*acos(-1.0E0);
error=0;
r12=r1+r2;
m21=m2/m1;
x21=x2-x1;
y21=y2-y1;
vx21=vx2-vx1;
vy21=vy2-vy1;
if ( vx21==0 && vy21==0 ) {error=1; return;}
gammav=atan2(-vy21,-vx21);
if (mode != 'f') {
d=sqrt(x21*x21 +y21*y21);
if (dpi2) {dgamma=dgamma-pi2;}
else if (dgammapi2/4 && fabs(dgamma)1 )
{error=1; return;}
alpha=asin(dr);
dc=d*cos(dgamma);
if (dc>0) {sqs=1.0;} else {sqs=-1.0;}
t=(dc-sqs*r12*sqrt(1-dr*dr))/sqrt(vx21*vx21+ vy21*vy21);
x1=x1+vx1*t;
y1=y1+vy1*t;
x2=x2+vx2*t;
y2=y2+vy2*t;
a=tan( gammav +alpha);
dvx2=-2*(vx21 +a*vy21) /((1+a*a)*(1+m21));
vx2=vx2+dvx2;
vy2=vy2+a*dvx2;
vx1=vx1-m21*dvx2;
vy1=vy1-a*m21*dvx2;
return;
}
Sedangkan di MMF2, cukup dengan beberapa klik mouse kita bisa melakukannya seperti ini:
Terlihat kan simpelnya?
Selain itu, MMF2 juga punya built-in object movement. Kita tidak perlu mengetik script agar objek bergerak ketika tombol ditekan atau menjadi bola yang fleksibel dan dapat memantul. Semua bisa diatur hanya dengan beberapa 'KLIK'! Sangat berguna untuk pembuatan games.
Ini adalah daftar movement yang sudah ada:
2. DUKUNGAN TAMBAHAN EXTENSION/PLUGIN