FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
Jembatan-jembatan ini dibuat dengan cara yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Mulai bahan yang terbuat dari plastik, hingga letaknya yang ditengah lautan. Masyarakat Indonesia boleh saja berbangga hati memiliki jembatan suramadu. jembatan sepanjang lebih dari 5 kilometer yang menghubungkan surabay dengan madura ini memang diklaim sebagai jembatan terpanjang di indonesia. namun, jembatan suramadu memang belum bisa dibandingkan dengan jembatan-jembatan terbaik di dunia, seperti M6 Motorway di Inggris atau Dong Hai di Shanghai.
Namun yang akan disajikan disini adalah jembatan oresund yang menghubungkan antara denmark dan swedia, jembatan ini menjadi salah satu jembatan terpanjang yaitu, 16 kilometer. Oresund Link menerima beban hingga 67 persen dari lalu lintas di dua negara tersebut hingga meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara. Jembatan Oresund (�resundsbroen Denmark, Swedia �resundsbron, nama bersama �resundsbron) adalah dua-jalur rel gabungan dan empat jalur jalan melintasi jembatan selat Oresund. Jembatan-terowongan adalah gabungan jalan dan jembatan kereta api terpanjang di Eropa dan menghubungkan dua wilayah metropolitan Daerah Oresund: ibukota Denmark Kopenhagen dan kota Malm� Swedia. E20 rute internasional Eropa berjalan menyeberangi jembatan dan melalui terowongan melalui motorway jalur dua, seperti halnya Oresund Railway Line. Jembatan ini adalah jembatan penyeberangan perbatasan terpanjang di dunia, baik dibangun dan dimiliki pribadi. Nama Di Swedia dan Denmark jembatan yang paling sering disebut sebagai �resundsbron atau �resundsbroen, masing-masing. Perusahaan jembatan itu sendiri menekankan �resundsbron, kompromi antara dua bahasa yang akan melambangkan identitas budaya umum daerah, orang-orang menjadi �warga Oresund� setelah jembatan didirikan. Karena sebenarnya sebuah jembatan dan terowongan, kadang-kadang lebih teknis dengan benar bernama Link Oresund atau koneksi Oresund (Denmark: �resundsforbindelsen, Swedia: �resundsf�rbindelsen). Jembatan Sound kadang-kadang terdengar, dengan menggunakan nama tradisional Inggris selat. Sejarah Konstruksi dimulai pada tahun 1995. Bagian terakhir ini dibangun pada tanggal 14 Agustus 1999. Putra Mahkota Frederik dari Denmark dan Putri Mahkota Victoria dari Swedia bertemu di tengah jalan untuk merayakan selesai. Peresmian resmi terjadi pada tanggal 1 Juli 2000, dengan Ratu Margrethe II, dan Raja Carl XVI Gustaf, memimpin. Jembatan itu dibuka untuk lalu lintas hari itu. Sebelum pelantikan 79.871 pelari berkompetisi dalam maraton setengah (Broloppet, Run Jembatan) dari Amager (di Denmark) untuk Sk�ne (di Swedia) pada tanggal 12 Juni 2000. Jembatan itu selesai 3 bulan lebih awal dari jadwal. Pada awalnya penggunaan jembatan itu tidak setinggi seperti yang diharapkan, yang umumnya disebabkan oleh biaya persimpangan. 2005 dan 2006, bagaimanapun, telah melihat peningkatan pesat dalam volume lalu lintas di jembatan. Fenomena ini mungkin karena Denmark membeli rumah di Swedia dan berangkat ke pekerjaan mereka di Denmark, karena harga perumahan di Malmo lebih rendah daripada di Kopenhagen. Pada tahun 2008 naik mobil tunggal di jembatan DKK biaya 260, 325 SEK atau EUR 36 (Namun, diskon hingga 75% yang tersedia bagi pengguna biasa). Pada tahun 2007 hampir 25 juta orang bepergian di atas jembatan, 15,2 juta di mobil dan bis dan 9,6 juta dengan kereta api. Fitur Jembatan ini memiliki salah satu kabel-tinggal terpanjang bentang utama di dunia pada 490 meter (1.608 kaki). Tinggi pilar tertinggi adalah 204 meter (669 kaki). Panjang total jembatan adalah 7.845 meter (25.738 kaki), yang kira-kira setengah jarak antara daratan Swedia dan Denmark, dan beratnya adalah 82.000 metrik ton. Di jembatan, dua rel-rel yang di bawah empat jalur jalan. jembatan ini memiliki clearance vertikal 57 meter (187 kaki), meskipun sebagian besar lalu lintas kapal di Oresund masih melewati selat Drogden (mana terowongan terletak). Jembatan itu dirancang oleh Arup. Peberholm, Pulau buatan Jembatan ini berakhir di tengah �resund, di sebuah pulau artifisial yang dibangun, yang disebut Peberholm. Pulau ini lebih dari 4 km panjang dan beberapa ratus meter, milik Denmark dan sekarang menjadi cagar alam tidak berpenghuni. Terowongan Drogden Hubungan antara Peberholm dan bagian penduduk terdekat dari Denmark adalah melalui terowongan, yang disebut Drogdentunnelen (Terowongan Drogden). Terowongan itu adalah 4.050 meter (13.287 kaki) panjang, panjang 3.510 meter terkubur terowongan bawah laut ditambah dua meter 270-gerbang-terowongan. Alasan untuk membangun terowongan di sini bukan jembatan lain adalah bahwa hal itu terlalu dekat Bandar Udara Kopenhagen. Membawa 4 jalur rute Eropa E20 Double lagu Oresund Railway Line Melintasi selat Oresund (Sound The) Lokal Kopenhagen, Denmark dan Malm�, Swedia Desain kabel-jembatan Span terpanjang 490 meter (1.608 kaki) Total panjang 7.845 meter (25.738 kaki) Lebar 23,5 meter (77,1 ft) Clearance di bawah 57 meter (187 kaki) AADT ca. 17.000 jalan kendaraan Membuka tanggal 2 Juli 2000 Tol 260DKK [1] / 325SEK [2] / 36EUR [3] Koordinat 55 � 34�31 �LU, 12 � 49�37″ E Mungkin banyak yg belum ngeh, jadi keistimewaannya adalah jembatan ini terhenti di sisi Denmark pada sebuah pulau buatan, namanya Peberholm. Di pulau ini, jalan raya dan rel kereta apinya masuk ke terowongan bawah tanah dan bawah laut, untuk kemudian �nongol� di daratan Copenhagen ![]() Oresund Bridge adalah jembatan yg menghubungkan dua negara Skandinavia (Swedia dan Denmark) di selat Oresund (lebih jauh lagi antara Eropa Daratan dengan Skandinavia). Oresund Bridge yg diresmikan pada 2 Juli 2000 ini menghubungkan dua area metropolitan, yaitu Malmo (Swedia) dan Copenhagen (Denmark). Jembatan ini mempunyai 4 lajur jalan raya dan 2 lajur rel kereta api dan merupakan yg terpanjang di Eropa (untuk kategori jembatan yg mengkombinasikan jalan raya dan rel kereta api). ![]() ![]() Lalu apa yg keren? Apa yg �top banget� dari jembatan ini? Jawabannya adalah: 1. Di ujung jembatan ini di sisi Denmark, dibuat pulau buatan, Peberholm. Jadi ujung jembatan ini di Denmark terhenti di Peberholm. Pulau ini mempunyai panjang dan lebar kurang lebih 4000 x 500 meter persegi. ![]() ![]() Di Peberholm, jalan raya dan rel kereta api-nya akan masuk ke Drogden Tunnel, terowongan yg nantinya menembus daratan dan lautan ke Copenhagen. Terowongan ini terbentang sepanjang 4050 m. ![]() ![]() Panorama Oresund Bridge yg lain ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() Info menarik lainnya 1. Oresund Bridge mempunyai panjang 7845 m dan lebar 23,5 m 2. Berdasarkan Schengen Agreement, tidak ada pemeriksaan pasport di jembatan ini (meskipun ada pemeriksaan bea cukai untuk arus masuk Swedia secara berkala). 3. Jembatan mulai dibangun pada 1995 dan selesai pada 14 Agustus 1999. Putra Mahkota Pangeran Frederik (Denmark) dan Putri Mahkota Swedia, Victoria, meresmikan jembatan (inaugurasi resmi sebenarnya baru dilakukan pada 1 Juli 2000). 4. Nama Peberholm dalam bahasa Denmark berarti Pepper Islet (pulau Lada) yg diberikan kepada pulau buatan di Oresund. Hal ini dianggap sebagai humor/lelucon bagi orang Denmark karena pulau di utara jembatan ini bernama Saltholm atau Salt Islet (pulau Garam) 5. Peberholm juga digunakan sebagai reservasi alam. Hanya ilmuwan dan ahli biologi saja yg boleh menginjakan kaki di luar area jalan raya dan rel kereta api di pulau ini. Pada Juni 2007, sudah 454 spesies tumbuhan dari pulau buatan ini yg didaftarkan. sambit ane pake melon ndan.. klo kgk thankednya aja ndan :courage::courage::courage: ![]() |
#2
|
||||
|
||||
![]()
buseeet keren banget yaa ndan..
jembatannya masuk ke dalam air gituu |
#3
|
||||
|
||||
![]() Quote:
:rengek::rengek::rengek::rengek: |
![]() |
|
|