FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]() Quote:Waaaahhh jadi Hot Thread hehehe Beberapa Hari lalu dapet kesempatan motret seperti apa progres pembangunan MRT yang berada di bawah perut Jakarta. Sayang rasanya kalo hasil pandangan mata ini ga dishare ke banyak orang dalam beberapa tempat, so saya share juga di sini untuk teman-teman yang penasaran seperti apa di bawah sana. Banyak orang mengira bahwa pembangunan MRT (Mass Rapid Transit) berjalan lambat. Tidak salah memang, karena mereka hanya berpatokan pada apa yang terlihat. Dari permukaan jalan memang tidak terlihat ada pembangungan yang berarti, namun di bawah permukaan ada sebuah bor raksasa yang selalu menggerus perut Jakarta. Antareja namanya. Mesin bor berdiameter 6,7 meter ini mampu melubangi perut Jakarta sejauh 8 meter setiap harinya. Kamis, 10 Desember 2015, saya mendapatkan kesempatan untuk bisa berbagi pandangan mata seperti apa keadaan di perut Jakarta ini. Rute perjalanan dimulai dari area patung pemuda yang berada di Senayan, Jakarta Selatan. Lengkap dengan berbagai alat pelindung diri (APD) saya menuruni tangga sedalam kurang lebih 16 meter di bawah tanah. Seperti di film aksi Holywood, lorong besar terbentang dengan area gelap dan terang yang membuat lorong tersebut seperti hidup. Penasaran seperti apa keadaan di bawah? Berikut saya sajikan beberapa foto dari rubrik Photo Story karya saya, Bhisma Adinaya untuk Majalah Intisari edisi Januari 2016 mendatang. Foto-foto ini dan banyak foto lainnya bisa dilihat di web saya www.bhismaadinaya.com ![]() Pembangunan tunnel MRT dimulai di bawah patung Pemuda, Senayan, Jakarta Selatan. ![]() Beberapa bulan yang lalu, kawasan ini masih bisa dilintasi oleh kendaraan bermotor. ![]() Lokomotif ini bertugas untuk membawa material pembangunan menuju setiap sisi lorong. ![]() Seorang pekerja sedang mengamati proses pembangunan di calon terminal Senayan. ![]() Beberapa pekerja melakukan pengukuran terhadap sudut kemiringan tunnel agar pembangunan presisi. ![]() Selang pemasok udara terbentang di sepanjang tunnel dan dialirkan menuju ruang kontrol. ![]() Perjalanan menuju mesin bor Antareja harus dilalui dengan akses yang sempit. ![]() Area ini merupakan tempat pertama bor Antareja melubangi perut Jakarta. |
![]() |
|
|