FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Mobil Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Mobil. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
Bagi kamu yang memiliki kendaraan beroda 4 alias mobil, mungkin akan sedikit terbantu dengan artikel yang satu ini. Di artikel ini akan dijelaskan Penyakit2 yang sering dialami Mobil.
Terutama pada mobile berbahan bakar bensin, busi memegang peranan yang penting. Busi yang sudah terlalu lama dipakai tidak akan bisa bekerja dengan baik. Gejala utamanya adalah, kerja mesin tidak halus lagi. Hal ini disebabkan oleh menumpuknya kotoran di dalam busi sehingga terjadi korsleting. Cara memeriksa busi yang sudah tidak baik lagi mudah sekali. Mula-mula mesin dihidupkan. Setelah beberapa lama mesin dimatikan, cabutlah busi satu persatu, kemudian pegang ujungnya, busi yang mati akan tetap dingin. Rendamlah busi tersebut dalam bensin, setelah beberapa lama koreklah kotorannya, kalo dengan cara dibersihkan, busi tetap tidak dapat bekerja, maka lapisan pelindung busi bagian tengah dipecah. Dengan cara ini dapat bekerja dengan baik. Mobil dapat berjalan lancar sampai kira-kira 60 km. lumayan untuk berjalan hingga menemukan bengkel terdekat untuk mengganti busi yang rusak tadi. mudah kan hehe.. Selanjutnya Kabel Busi Sebenarnya kalo mobil terasa berjalan pincang, selain businya mati dapat disebabkan oleh busi yang tidak bekerja dengan baik. Biasanya ini disebabkan oleh menumpuknya kotoran pada terminal kabel ke busi, atau akibat kabel yang putus di tengah. Putusnya kabel busi sering dialami oleh mobil-mobil modern yang menggunakan kabel busi dari tali rami yang diresapi karbon unung ke bodi mesin. Perhatikan nyala bunga api listriknya. Kemudian Platina. Platina dapat menimbulkan beberapa masalah bagi kendaraan. Sewaktu mobil berjalan dengan kecepatan yang tinggi, akan timbul gejala �nembak�. Sedangkan di malam hari akan timbul gejala lain yaitu mesin tiba-tiba mati ketika lampu depan dinyalakan. Kalau mesin tidak matipun, nyala lampu akan kelihatan berkedip-kedip. Gejala ini dapat ditimbulkan oleh kerenggangan celah (gap) yang tidak sesuai aturan atau kehausan distributornya. Kerusakan platina dapat juga diakibatkan oleh sebab kwalitas kondensator yang menurun. Akibatnya permukaan platina akan bolong dan dompet anda pun ikut bolong, karna platina harganya lumayan loh. ![]() Selanjutnya Baterai / Aki / Accu. Bila mesin susah hidup bahkan motor starter tidak dapat berputar dengan baik, salah satu sebabnya timbul gejala ini ialah terminal batre sudah berkaratm Penuh kotoran ikatannya kurang kencang. Arus yang keluar masuk batere besar sekali, sampai-sampai sekitar 13 amper. Sehingga gejala menumpuknya kotoran atau karatan sudah biasa. �Cara mengatasinya� tidak begitu sulit., Bawalah air panas lalu tuangkan pada klem (pengikat) yang terbuat dari logam. semua kotoran akan terbawa air dan usahakan jangan sampai mengenai kabelnya, terutama kabel yang terbuat dari tali rami yang diresapi karbon. Terus Voltage Regulator Voltage regulator adalah pengatur pemasukkan listrik. Alat ini mengatur pemasukkan arus listrik ke baterai. Kalau tegangan listrik dalam batre cukup (biasanya 12 volt) maka voltage regulator secara otomatis akan memutuskan arus. Setelah beberapa lama di pakai kemampuan komponen ini untuk bekerja secara otomatis akan menurun, akibatnya timbullah gejala terlalu banyak mengisi atau kurang mengisi (over charging atau under charging). Kalo gejala ini dibiarkan maka kemungkinan besar baterai akan rusak. Baterai yang kemampuannya menurun karena motor starter tidak mau berputar. Kesulitan ini dapat dilakukan dengan mengatur kedudukan �nok pengatur� (camadjusmen). Sambil menghidupkan mesin, ukurlah tegangan terminal batre, kalo voltameter menunjukkan tegangan batre 13,5 volt (untuk batre 12 volt) dan amper meter menunjukkan angka nolm berarti ketot bekerja kembali dengan baik..ik..ik.. Selanjutnya Tali Kipas Semua pasti pada tau tentang yang satu ini. Tali kipas, selain menghubungkan poros mesin ke kipas pendingin juga menghubungkan generator pembangkit listrik. Katena selalu berputar dan terus berputar, tapi kipas angin dan generator tidak berputar dengan baik. Pengukur suhu mesin pada dashboard menurunkan panas mesin menarik, selain itu terlihan amper meter tidak mengisi kalo sudah timbul gejala seperti ini, sebaiknya gantilah tali kipas dengan yang baru. Atau sementara, tegangan tali kipas lebih diperkencang. Gejala di atas selain disebabkan tali kipas aus, dapat pula terjadi karena tali kipas kendor. Mengatasi gejala seperti ini sangatlah mudah, Kendorkan dan buat pengikatnya, kemudian gerakan generator ke bawah sedikit. Nila tali kipas ditekan dengan jari dan melentur sejauh 1 cm, berarti tegangan tali kipas sudah benar. Selanjutnya Pipa Radiator. Mesin yang panas pada umumnya diakibatkan oleh kebocoran pada radiator atau pipanya. Terutama pada sambungan pipa. Gejala ini tidak bisa dihindarkan. Makin tua umur pupa radiator, kualitasnya akan semakin menurun. Pipa semakin lama semakin lunak dan kendur, timbulah keretakan terutama pada bagian siku-sikunya. Kebocoran akan selalu timbul walaupun klem (pengikat) dikencangkan berkali-kali, Keretakan yang baru lagi akan kembali. Oleh sebab itu sebaiknya pupa radiator diganti dengan yang baru. yah, keluarkan uang untuk kebaikan kan gpp. ![]() Penyebab turunya tenaga mesin pada mobil Mungkin penyebab utamanya ada pada oli mesin yang sudah waktunya untuk diganti, karena oli mesin yang dikonsumsi terlalu lama mengakibatkan fungsi pelumasanya sudah hilang, jadi beban kerja pada mesin akan lebih besar yang mengakibatkan tenaga mesin pada mobil semakin turun drastis. Menurut saya, faktor lainnya adalah terlalu banyaknya komponen mesin yang bersifat mekanis, sehingga akan terjadi keausan, dan pada akhirnya menurunkan performa mesin tersebut. Sumber : Hasil pemikiran sendiri dan sedikit sumber2 dari google tentunya ![]() |
![]() |
|
|