FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Gossip & Gallery Gossip, artist, images of unique and interesting all here. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
Sebelumnya ane minta maaf kalo thread ane ![]() ane cuma mau share aja gan ![]() 8 Karakter Pengusaha Sukses ![]() Untuk menjadi pengusaha sukses tidaklah mudah. Butuh kekuatan fisik dan mental yang kuat agar bisa mewujudkan cita-citanya. Karena dia adalah pribadi hebat dengan karakter yang hebat pula yang mampu mengendalikan diri dan lingkungannya. Berikut 8 karakter yang menjadi Ciri khas para pengusaha sukses dan mesti kita miliki : 1. Fokus Fokus adalah kunci sukses. Fokus pada apa yang kita kerjakan. Kita harus tahu betul apa yang membuat usaha kita berbeda dari para pesaing. Kembangkan sebuah visi dan laksanakan, jangan beralih dari satu ide ke ide yang lain. Banyak pengusaha gagal karena mereka merasa bahwa ide baru yang mereka temukan lebih menarik daripada yang mereka jalankan sekarang sehingga membuatnya tidak fokus dan tidak percaya pada produk yang sedang mereka jalankan 2. Impian yang realistis Jika kita melakukan diet dan berharap bisa menurunkan berat badan lima kilo pe rminggu, kita pasti akan kecewa dan menyerah. Jika tujuan kita lebih realistis, kemungkinan besar kita akan tetap berpegang padanya dan berhasil. Sangat jarang ada orang yang �kaya mendadak�. Perlu usaha. 3. Kemampuan untuk membuat rencana Para pengusaha paling sukses adalah orang-orang yang memiliki tujuan dan rencana yang jelas untuk meraihnya. Mereka mempelajari pasar, persaingan, dan mekanismenya, serta bersedia mempelajari sungguh-sungguh semua kendala yang mungkin akan dihadapi 4. Fleksibilitas dan adaptabilitas Selain membutuhkan rencana dan fokus yang jelas, kita juga perlu memiliki fleksibilitas dalam menanggapi perubahan situasi. Dalam bisnis, dan juga hidup, segalanya berubah, dan masalah pasti ada tinggal bagaimana kita menyikapinya. 5. Kemampuan untuk mengatasi kekhawatiran karena harus menjual Dalam artian tertentu, semua pengusaha adalah penjual. Kita tidak boleh takut berhadapan dengan konsumen, memotivasi pegawai, dan menjalin hubungan baik dengan pemasok. Kita tidak harus punya keahlian tersebut saat memulai usaha, tetapi kita harus mempelajarinya agar usaha kita tetap berjalan. 6. Bersedia bekerja keras Dalam dunia usaha tidak ada jalan pintas. Menjalankan usaha berarti bekerja keras sepanjang waktu. Tak kenal lelah apalagi menyerah. 7. Tujuan yang jelas Kita semua punya keinginan yang berbeda-beda. Kita ingin punya banyak uang dan sekaligus sudah berada di rumah saat anak-anak pulang sekolah. Kita ingin mengontrol semua kegiatan tetapi produk dan jasa yang kita hasilkan sangat beragam. Tujuan-tujuan tersebut jelas saling bertentangan satu sama lain. Untuk mencapai keberhasilan, kita harus fokus pada apa yang benar-benar penting bagi kita dan apa yang dapat kita capai. 8. Pengalaman Kita tidak perlu berpengalaman sebagai manajer sebuah perusahaan mobil untuk memulai bisnis mobil bekas, tetapi kita harus punya pengalaman dalam bidang terkait atau pengalaman dalam menerapkan kemampuan yang kita miliki sebagai manajer, sebelum mengawali suatu usaha. Demikian delapan karakter yang harus dimiliki oleh para pengusaha yang ingin sukses. Yang ingin menajadi pengusaha yang tak kenal lelah, pantang menyerah. Pribadi yang mampu meraih impianya secara gemilang. Semoga kita termasuk di dalamnya. To be an success entrepreneur. Salam sukses! LANJUT LAGI GAN 10 manfaat memiliki rencana dalam hidupmu Perencanaan adalah hal yang sangat penting dalam setiap kegiatan yang akan kamu lakukan. Tidak peduli apa profesimu entah pengusaha, wiraswastawan, olahragawan, atau pelajar, perencanaan yang baik menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan kegagalanmu. Kamu membuat perencanaan tidak hanya saat kamu mengerjakan proyek besar, tetapi hal-hal sederhana seperti liburan, pesta ulang tahun atau pertandingan olahraga, semua itu memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang untuk mencapai hasil yang maksimal. Seperti kata pepatah: by failing to prepare, you�re preparing to fail... By failing to plan, you�re planning to fail. Berikut ini adalah 10 manfaat memiliki rencana dalam hidupmu: 1. Sebagai panduan dalam membuat keputusan atau bertindak Inilah salah satu tujuan utama mengapa kamu harus memiliki rencana dalam hidup karena rencana memberimu panduan kemana arahmu berjalan. Kamu juga akan lebih mudah saat mengambil keputusan, karena kamu memiliki pegangan hidup supaya keputusanmu tidak membuatmu melenceng dari tujuan. Bayangkan jika kamu tidak memiliki rencana, kamu akan seperti orang yang tersesat karena kamu tidak memiliki sesuatu yang bisa menuntunmu ke tujuanmu. Apa kamu bisa membangun sebuah gedung 20 lantai dengan langsung membuat pondasinya, tanpa membuat desainnya terlebih dahulu? Tidak, kan. 2. Mengetahui perkiraan modal yang dibutuhkan Dengan terlebih dahulu membuat perencanaan, kamu bisa mengetahui seberapa banyak kira-kira modal yang kamu butuhkan untuk merealisasikan rencanamu. Tanpa perencanaan, kamu akan kesulitan untuk memperkirakan pengeluaranmu. 3. Membuatmu memiliki target Setiap rencana pasti memiliki target yang harus kamu capai, entah per jam, per bulan, atau per tahun dan itu akan membawa hidupmu ke level selanjutnya ketika berhasil dicapai. Akan sangat menyedihkan apabila kamu tidak memiliki target dalam hidup, karena kamu tidak memiliki sesuatu untuk diperjuangkan. 4.Membantu untuk tetap fokus Adakalanya saat kamu bekerja, kamu akan menghadapi gangguan-gangguan yang membuatmu kehilangan fokus dan berjalan ke luar dari jalur. Nah, dengan memiliki rencana, kamu dapat dengan mudah untuk kembali ke jalur yang benar. Caranya adalah dengan mengingatkan dirimu sendiri bahwa kamu memiliki pekerjaan yang harus kamu selesaikan dan target yang harus kamu capai agar rencanamu dapat berjalan dengan baik. 5. Membuatmu untuk tetap termotivasi Semakin banyak yang bisa kamu selesaikan dari rencanamu, membuatmu semakin termotivasi untuk melangkah dan motivasi yang besar itu akan meningkatkan produktivitasmu juga. Kombinasikan rasa puas terhadap keberhasilanmu itu dengan impian-impian seperti ingin membahagiakan orang tua dan pasangan, ingin memiliki keluarga yang bebas masalah finansial, atau ingin berkeliling dunia maka saya jamin motivasimu akan semakin berlipat ganda. 6. Siap untuk hal-hal yang buruk Keuntungan lain memiliki rencana adalah kamu sudah memiliki tindakan preventif, antisipatif, dan alternatif ketika rencana utamamu tidak berjalan sesuai yang kamu harapkan. Jika sesuatu yang buruk terjadi (misalnya perubahan pasar, krisis ekonomi, perubahan cuaca, dll), kamu mampu beradaptasi dan bertindak sesuai dengan situasi. Ini merupakan hal yang penting, karena di dunia ini sesuatu yang buruk bisa datang kapan saja dalam bentuk apapun. Tentu saja supaya kamu bisa tetap survive, kamu harus mempersiapkan rencanamu secara matang. 7. Dapat memanfaatkan waktu secara efektif Waktu adalah sesuatu yang tidak bisa kamu putar kembali, jadi kamu harus memanfaatkannya secara efektif. Perencanaan dan pengaturan timeline yang baik akan SANGAT membantumu untuk melakukan itu karena kamu sudah tahu kapan harus mengerjakan ini dan itu dan kapan harus beristirahat. Pemanfaatan waktu yang efektif akan membuatmu lebih cepat mencapai tujuan hidupmu. 8. Dapat menggunakan sumber daya secara efektif Ketika kamu bekerja di lingkungan yang serba terbatas, kamu akan mampu untuk memanfaatkan segala sumber daya baik modal maupun SDM secara maksimal. Seberapa efektif kamu memanfaatkan sumber daya yang kamu punya akan sangat menentukan output/hasil akhir yang kamu terima. Prinsipnya adalah mengeluarkan sedikit, hasil lebih besar (Spend less, greater result). Dengan perencanaan, kamu bisa melakukannya sejak awal kamu melangkah. 9. Mengurangi resiko dan ketidakpastian Tentu saja tidak ada yang pasti di di dunia ini dan resiko selalu ada saat kamu melakukan sesuatu. Namun, dengan perencanaan yang baik, kamu dapat mengurangi kemungkinan hal buruk terjadi secara signifikan. Karena seringkali, meskipun bukan satu-satunya faktor, hal yang buruk terjadi karena kurangnya perencanaan dan persiapan. 10. Membuatmu lebih tenang dalam bertindak Tidak adanya perencanaan dan persiapan, akan membuatmu tegang dan gelisah saat bekerja. Dengan merencanakan segala sesuatunya terlebih dahulu, secara psikologis kamu akan lebih merasa tenang karena kamu yakin bahwa kamu sudah siap. Terkait:
|
![]() |
|
|