FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Programming Share, tanya jawab, saling bantu antar programmer dengan berbagai macam bahasa pemrograman. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
|||
|
|||
![]()
AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan... Adalah salah satu cabang ilmu komputer yang ide dasarnya adalah membuat komputer secerdas manusia.. "AI dibuat untuk dapat melakukan sesuatu seperti manusia tetapi manusia dapat melakukannya lebih baik, karena AI diciptakan untuk menyerupai manusia bukan menciptakan manusia baru" (Rich & Knight 1991) Nah di thread ini ane sebenarnya mau share aja pengetahuan AI ane, dengan maksud ada tanggapan dari master AI disini dan hasilnya kita bisa belajar bareng2 tentang AI dari mulai konsep sampai Kodingan... ok Kebetulan skripsi ane kmaren tentang AI juga, dicampur dikit2 sama pengenalan suara.. kalo agan2 pernah baca buku Programming AI by Example dari Mat Buckland, mungkin agan2 bisa dapet banyak referensi tentang AI dan bagaimana cara buat AI di C++... 1. CARA BIKIN AI?? Mungkin banyak agan2 yang bertanya2 gmana sih cara bikin AI di komputer?? seberanya itu tergantung desain agan2 (kalo dalam game).. agan2 mau desain AI nya ntar mau kayak gmana... Komponen AI yang paling penting adalah Steering Behavior gan... 2. STEERING BEHAVIOR?? Steering behavior itu ada banyak contohnya Seek, arrive, pursuit, interpose, dll pemakaian steering behavior itu tergantung desain agan2, sekali lagi tergantung desain agan.... ok ane coba jelasin ya (buat para master tolong direvisi klo salah) Seek --> dari namanya aja seek "mencari" adalah sebuah behavior (perilaku) dari Agent dimana dia harus menuju suatu target yang telah ditetapkan... misalnya : ada Agent A di titik x, lalu ada point di titik y, klo c Agent harus mencari point maka dia akan pergi ke titik y kan?? begitu kira2 ilustrasi Seek Arrive--> Sebenarnya Arrive hampir sama dengan seek tetapi disini mengandung deceleration (perlambatan). berarti dia akan menuju target dan menggunakan perlambatan jika sudah hampir didekat target (berarti lebih smooth nih gan berentinya)... Pursuit--> Pursuit ini kebalikan dari seek dan arrive.. dimana agent harus menghindari tujuan.. misal: dalam game Need For Speed, jika mobil sedang melaju kencang, tiba2 ada polisi maka mobil tersebut akan berbalik arah menghindari polisi tersebut... SELANJUTNYA KITA AKAN BAHAS KOMPONEN PENUNJANG AI Terkait:
|
![]() |
|
|