FAQ |
Calendar |
![]() |
#1
|
|||
|
|||
![]()
Zen...sebelom berkembang di jepang , terlebih dahulu berkembang di china hingga abad ke 13. Setelah itu aliran Zen lenyap di China, para Master2 dan Murid2 Zen dari Jepang belajar di china , meneruskan tradisi Zen di jepang di kemudian hari.
Di china , aliran Zen bermula dari Guru Bodhidharma yg datang dari India setelah mendapat perintah dari Guru nya Prajnatara. Setelah Guru nya tahu bahwa ajaran Sang Budha telah kehilangan intisari nya di India. Di mana orang2 lebih banyak menghapal kitab2 suci dan lebih suka memperdebatkan filsafat budhist, serta melakukan ritual2 yg tak berguna. karenanya, Prajnatara melihat bahwa di India tidak ada lagi orang yg berbakat yg bisa mewarisi ajaran inti Sang Budha Gautama, maka beliau mengutuskan Bodhidharma untuk mencari penerus di negara China. Setelah mewarisi ajaran inti Sang Budha ke master Hui Ke..dan terus berlanjut pewarisan satu generasi ke generasi selanjutnya hingga master ke 4 , yakni Tao-Shin ( pada dynasti Tang ) ajaran Zen mulai muncul. Zen bahasa china nya Chan , bisa diartikan sebagai meditasi Jhanna. Berarti pencapaian di mulai dengan Jhanna kemudian ke Vipassana. Pada periode awal Zen di China. Di mulai dari Niu-Tou Fa-Yung ( 594-657) Dengan pendekatan Metafisika dan logika. Nibbana tidak ada beda nya dengan kesadaran murni. Yung-Chia Hsian-Chio ( 665-713) Dengan pendekatan dialektika sebagai pencapaian- kesadaran tertinggi. Fase ke 2 oleh : Tung Shan Liang-Chieh -( 807-869) dan Tsao-Shan Pen-Chi ( 840-901) Menggunakan pendekatakan kesatuan universal dari yg terkecil maupun terbesar. Fase ke 3 oleh : Huang-Po Hsi Yin (---849) , Mu-Chou Tao-Tsung , dan Lin-Chi I-Hsian-berkembang di Jepang. Menggunakan pendekatan bebas dari subjek dan objek. Fase ke 4 : Kiangsi Tao-I, Nan-Chuan Pu-Yiuan, Chao-Chou Tsung-Shen, dan Pang Yiun (lay budhist) Dengan pendekatan tidak menggunakan logika dan tidak menuruti aturan2 baku. Fase ke 5 : Kuei-Shan Ling-Yu , Yang-Shan Hui-Chi, dan Hsiang-Yen Chih-Hsien. Dengan pendekatan pengalaman Batin. tidak terpaku pada penjelasan kitab2 suci. Fase ke 6 : Fa-Yen Wien-I , Yung-Ming Yen-Shou. Dengan pendekatan konsep 6 fenomenal dan kekosongan. Fase 7 : Hseh-Feng I-tsun , Yiun -Men Wen-Yen, Tung-Shan Shou-Chu. Dengan pendekatan gerakan2 yg tak berarti utk menuju pencerahan. Setelah itu roh2 Zen mulai pudar. Tekniknya semakin sulit dimengerti hingga sulit di ikuti oleh siswa2 selanjutnya. Karena Orang2 yg berbakat mulai sedikit, ditambah dengan kekacauan2 di masyarakat dan juga peparangan serta kemiskinan membuat Roh2 Zen menghilang di negara China di abad ke 13. |
![]() |
|
|