Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
jokowikotak's Avatar
jokowikotak jokowikotak is offline
Ceriwis Addicted
 
Join Date: May 2012
Posts: 4,219
Rep Power: 19
jokowikotak mempunyai hidup yang Normal
Default Ciri Ciri Kerusakan Honda Accord Dan Cara memperbaikinya Sendiri

BAGIAN 1



SYSTEM SUSPENSI

Masalah :



1. Bunyi Berderit Pada Bagian Depan saat melewati jalan bumpy atau polisi tidur.

2. Bunyi Gluduk di bagian depan saat Melewati Jalan tidak Rata dan Berbelok .



Penyebab:



1.Berdasarkan Pengalaman penulis , penyebab yang paling sering terjadi untuk point 1 adalah : Kerusakan pada Arm atas. Cara Memperbaikinya adalah dengan mengganti Part Tersebut. Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Seperyi terlihat pada foto 2 , cukup dengan membuka baut nomor 1 , 2 , 3, 4 dan 5 . Baut nomor 1 dan 5 terlihat jelas saat kita membuka kap mesin. foto no 3



Estimasi Waktu yang dibutuhkan Untuk Perbaikan: 10 s/d 30 Menit.



Estimasi Biaya : Part KW : sekitar Rp 275.000,- Part Merek Chiban atau 555. Orisinil sekitar Rp 500.000-



Derajat / Tingkat Kesulitan : Ringan / Pemula.



SUSPENSI DEPAN ( Arm Atas )

arm atas

arm depan

suspensi tampak atas

Suspensi Belakang ( Arm Atas)

Sama seperti halnya suspensi depan. Arm atas bagian belakang juga bisa menyebabkan gejala yang sama yaitu bunyi bunyi gluduk pada bagian belakang. Cara melepas arm adalah dengan melepas baut no 1 , 2 dan 3. Cukup mudah dan bisa dilakukan sensiri di rumah.





suspensi belakang

Ball Joint Bawah Suspensi Depan ( no Photos )

Kerusakan pada bagian ini pada kondisi yang tidak terlalu parah menyebabkan bunyi seperti logam bergesek ( Berdecit ) saat mobil di belokkan ke kanan atau ke kiri. Hal ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan suspensi bagian atas. Berdasarkan pengalaman penulis , menginjak usia 18 Tahun , kondisi balljoint bagian bawah ini masih cukup baik dan tidak perlu diganti.

Pada kondisi yang lebih parah , kerusakan balljoint pada bagian bawah menyebabkan bunyi gluduk saat melewati jalan yang rusak , pengendalian mobil kurang presisi dan tidak bisa di spooring.

Ball Joint Bawah Suspensi Belakang ( no Photos ).

Kerusakan balljoint pada bagian bawah menyebabkan bunyi gluduk saat melewati jalan yang rusak.

Tingkat kesulitan Memperbaikinya : Medium / Intermediete.

Cara memperbaiki kerusakan balljoint bagian bawah baik di suspensi depan atau belakang lebih sulit daripada balljoint bagian depan karena lebih banyak baut dan part lain yang harus dibuka. Oleh karenanya tidak dijelaskan dalam topik ini.

Rekomendasi Harga Pahe.

Memakai Part KW semisal merk 555 ,atau Chiban , usia pakai kondisi jalan normal sekitar 3 s/d 5 tahun. Dengan syarat selalu kita check pelumasan balljoint dan karet/ Boot Balljoint tidak getas/jebol. Harga Boot Rr 5000,-

MAIN RELAY





Masalah:

Kadang Kadang Mobil susah di starter dan menyebabkan bau gas yang pedih di knalpot. Perlu sampai 20 kali starter baru hidup atau tidak sama sekali . Saat di Check tidak ada bensin yang keluar melalui injector ( menyebabkan Fuel Pump Mati ).

Kerusakan main relay ini bisa terjadi pada semua varian Honda , bukan hanya Accord. Biasa ditemui pada Maestro , Genio dan Ciello ( yang sudah cukup berumur ).

Penyebab:

Solderan pada sirkuit main relay Retak.

Estimasi Waktu yang dibutuhkan Untuk Perbaikan: 10 s/d 30 Menit.

Estimasi Biaya : Rp 5000,- ( membeli tinol / timah solder )

Derajat / tingkat kesulitan : Ringan / Pemula

main relay

Letak Main Relai ini adalah persis di atas kaki Pengemudi ( Di dalam dasboard )

Cara Kerja relai adalah , saat posisi kontak On , relay bekerja sekitar 5 detik membuat fuel pump bekerja mensuplay bensin menuju injector. Sesaat kemudian itu relay mati ( diskonek ).

Saat Posisi kontak � Starter , relay kembali on dan mengalirkan listrik agar fuel pump kembali bekerja.

Guna relay ini adalah memastikan pasokan bensin tercukupi saat akan starter dan ari segi keamanan , agar saat posisi kontak ON , bensin tidak selalu mengalir menuju injector. Jadi bensin hanya mengalir saat mesin sudah running saja.

Banyak teknisi pemula yang salah faham atas masalah ini. Rata rata mereka mengira kerusakan terjadi karena fuel pump mati/ rusak.

Cara memperbaikinya adalah dengan membuka soket relay , dan menyolder kembali / menebali jalur jalur sirkuitnya dengan timah. Usia pakai setelah repair hampir Life Time karena solderan jauh lebih kuat dan tidak akan menimbulkan retak kembali.





BAGIAN 2



V- BELT

Bunyi Berdecit saat melewati Jalanan banjir.

Penyebab : V- Belt kendor.

Keteragan V belt no 3 untuk Power steering

no 2 untuk AC.

Estimasi lama pengerjaan : 10 menit.

Tingkat kesulitan : pemula





ps alternator ac1

Sekering / fuse dan Relay



sekering fuse

Cara untukmereset ECU adalah copot sementara sekitar 20 detik sekring no 1 ( backup ).

Maestro tidak memerlukan Relay Tambahan untuk Lampu Utama ( kabel set yang biasa ditawarkan pedagang ) , karena sudah Built � In dari pabrikan. Menambah kabel set justru membuat kemungkinan aliran listrik nge fong atau terhambat dan rentan rusak.

ENGINE MOUNTING

karusakan menyebabkan getaran mesin terasa sampai ke kabin secara berlebih. terutama bila AC ON.

mounting

ada 4 engine mounting yaitu 1 di depan ( foto ) , samping ada 2 , dan belakang ( Gunungan istilahnya ) ada 1.

Trik : Berikan karet silikon untuk mounting seperti terlihat dalam foto berwarna merah. membuat karet mounting lebih awet karena tidak langsung terpapar panas.

Rekomendasi Pahe:

Dengan cara tersebut Merk KW seharga Rp 125.000,- sudah cukup mumpuni menggantikan orisinil seharga Rp 400.000,-. Usia pakai antara 2 s/d 4 tahun.

Lama pengerjaan 20 sd 1 jam.

Kesulitan : Medium.

kampas rem

kampas rem

Bagi yang ingin menghemat walau tidak di rekomendasikan , Pahe Part KW seharga Rp 100.000 merk terkenal , cukup mumpuni menggantikan brake pad ori. Usia pakai antara 3 s/d 5 tahun. Berdasarkan uji coba selama 3 tahun memakai merk KW , ketebalan dan daya cengkram relative sama dengan ori.

Kesulitan : Medium.

Cover Radiator atas Bawah dan Electrik Fan 1 ( Foto )



Previous Next

radiator

Cover Plastik bagian bawah retak halus saat menginjak usia 12 tahun .

Harga part Cover Plastik merk ND : Rp 275.000

Cover Bagian Atas , retak halus saat 18 Tahun. harga sama.

Kesulitan : Advance . Serahkan Pada tukang Radiator.

Radiator tidak dianjurkan untuk di servis dengan cara digosok2 karena justru membuat rentan bolong. Dengan pemakaian coolant yang baik , bisa dikatakan usia radiator lifetime tanpa karat.

Motor Fan1 rusak menginjak usia 18 tahun.

Solusi pahe , ganti punya avanza. Persis ( Plug n Play ) harga sekitar rp 200.000,-

Rekomendasi Pahe , beli di tukang dinamo fan avanza ori dengan kondisi baik belum dibongkar seharga rp 60.000,-

Usia pakai estimasi 6 tahun.

PIPA BESI WATER PUMP



Kebocoran terjadi menginjak usia 18 tahun.

Posisi persis diatas filter oli. Seolah2 air bocor dari mesin.

harga Rp 90.000,-

Usia pakai est belasan tahun dengan coolant.

Kesulitan : Medium.

SELANG KARET U.

Bocor saat usia 15 Tahun.

Posisi tampak pada foto , no 1 ( di bawah panah )

throtel

Jangan mengganti dengan Merk KW. karena usianya hanya bulanan.

Harga Ori Rp 125.000,-

Kesulitan : Pemula.

Est pemasangan : 5 Menit.



BAGIAN 3



CDI dan KOIL





distributor

Ciri kerusakan , mesin ndut2an. atau mati sama sekali. Tidak ada api di busi.

Kerusakan terjadi saat meginjak usia 13 tahun.

Harga CDI merk elesys Rp 470.000,-

Harga KOIL Nippondenso Rp 450.000,-

Tingkat : Medium.

lama pengerjaan : 15 Menit.

Posisinya di dalam distributor. Lepas dist terlebih dahulu.

Rekomendasi Pahe:

Satu Paket Dustributor Singapur ( Refurbish) beserta isinya : Rp 500.000,- layak jadi bahan pertimbangan.

map sensor dam sensor2 lainnya



Usia pakai : tidak diketahui ( tidak rusak sampai saat ini menginjak usia 18 tahun )



Estimasi usia 25 tahunan kaleee atau selamanya ane ga tau gan hehehehe�.

map sensor1

Kebocoran Pada Kabin.

sealer list atap



Masih banyak trik lain . Menyusul.







selengkapnya gan di web :




http://hondaaccordmaestro.wordpress....o-ndut-ndutan/



http://hondaaccordmaestro.wordpress....-untuk-pemula/



http://hondaaccordmaestro.wordpress....emperbaikinya/



http://hondaaccordmaestro.wordpress....mula-bagian-2/



http://hondaaccordmaestro.wordpress....mula-bagian-3/



http://hondaaccordmaestro.wordpress....aestro-part-2/



http://hondaaccordmaestro.wordpress....-honda-accord/



http://hondaaccordmaestro.wordpress....aestro-photos/



Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 10:42 PM.


no new posts