Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
jonykebot's Avatar
jonykebot jonykebot is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: May 2012
Posts: 1,797
Rep Power: 16
jonykebot mempunyai hidup yang Normal
Default WISE : Solusi Transportasi Antar Pulau ???

WING IN SURFACE EFFECT (WISE)




[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Apakah WISE itu ???:






Wing in Surface Effect (WiSE) atau Wing in Ground Effect (WiGE) merupakan pesawat terbang yang sengaja dirancang untuk terbang rendah yakni sekitar 2-2,5 meter di atas permukaan air. Tujuannya, untuk mendapatkan efek permukaan (ground effect) yang berguna menambah gaya angkat pesawat. Dibandingkan dengan kapal laut biasa, WiSE memiliki keunggulan yaitu meniadakan gaya hambat dari air laut, karena berada beberapa meter di atas permukaan laut, sehingga kecepatan yang didapat lebih tinggi, dan waktu tempuh yang singkat, serta efisiensi bahan bakar yang lebih baik. WiSE bisa dikatakan menggunakan teknologi fenomena alam dengan memanfaatkan bantalan udara.










Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Jenis-Jenis WISE:






Pesawat dengan tipe WiSE bisa dikelompokkan dalam satu dari 3 kelas yang ditetapkan oleh Organisasi Maritim Internasional (IMO):



Tipe A; merupakan kapal bersayap yang tidak pernah lepas dari permukaan air.

Tipe B; merupakan kapal bersayap yang dapat terbang tidak lebih dari 150 meter di atas permukaan air.

Tipe C; merupakan kapal bersayap yang dapat terbang sebagaimana pesawat.



Pesawat tipe A dan B tidak bisa bertahan dalam penerbangan bebas, oleh karena itu tidak dianggap sebagai pesawat yang sesungguhnya, mereka tidak berada di bawah kekuasaan hukum Administrasi Penerbangan Federal. Oleh sebab itu, lisensi pilot tidak diperlukan dalam operasi ini. Pengecualian ini tidak berlaku untuk pesawat tipe C, karena tipe C ini lebih menyerupai pesawat terbang biasa.










Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Hal Yang Penting Dalam WISE:






Sistem Propulsi Mesin

Faktor utama yang menjadi syarat untuk terbang adalah gaya dorong yang dibutuhkan saat lepas landas. Ketika pesawat telah berada pada posisi terbang, kebutuhan tenaga akan berkurang dengan drastis. Daya dorong yang dibutuhkan untuk mengangkat pesawat dari air ke udara dapat mengalami hambatan.



Sistem Navigasi

Sistem sensor dan navigasi untuk pesawat WiSE merupakan kombinasi sensor-sensor yang ada. Sistem ini tidak berpotensi meningkatkan efisiensi keseluruhan pada pesawat tetapi sangat diperlukan untuk operasi keselamatannya.



Keseimbangan Longitudinal

Untuk memperoleh keseimbangan longitudinal yang baik, pusat gravitasi harus berada di depan pusat aerodinamika pada sebuah pesawat terbang. Untuk sayap-sayap berbentuk segitiga, trapesium, campuran, dan lain-lain kita harus menentukan letak Penghubung Aerodinamika Rata-rata (MAC), yang merupakan rataan bagi keseluruhan sayap. Namun, sejak WiSE diciptakan pertama kali, keseimbangan longitudinal telah diketahui sebagai sebuah faktor desain yang penting.



Lift/Drag Ratio L/D

Ratio biasa digunakan untuk menunjukkan tingkat efisiensi sebuah pesawat terbang. Oleh karena itu, L/D Ratio adalah perbandingan antara berat yang bisa dibawa dengan besar gaya dorong tertentu. Makin besar perbandingan, makin besar efisiensi dan makin sedikit konsumsi bahan bakarnya.












Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Contoh-Contoh WISE :






The Orlyonok



The Orlyonok S-23 (anak burung elang) adalah unit terbang pertama yang diujicobakan di Sungai Volga pada musim gugur tahun 1972. Orlyonok merupakan pesawat berbobot 140 ton yang bisa keluar dari air menuju daratan. Berukuran panjang 58 m, rentangan sayap 31.5 m dan tinggi pesawat 16 m.



Monster Laut Kaspia (Caspia Monster)



Program pembuatan kapal ini diluncurkan pada tahun 1963 dan selesai dibangun pada 1966. Pada awalnya kapal ini dikembangkan oleh Uni Soviet untuk transportasi militer, berkecepatan tinggi dan merupakan pesawat pendarat sebagai salah satu program pengembangan militer yang paling rahasia. Kapal ini memiliki panjang lebih dari 100 m dengan berat lebih dari 540 ton jika muatan penuh dan dapat meluncur melebihi kecepatan 600 km/jam pada ketinggian hanya 1 m di atas permukaan air.



X-114



X-114 pertama kali diterbangkan pada tahun 1977, berkonfigurasi Lippisch dengan 6-7 kursi, dapat melakukan penerbangan yang bebas-dari efek permukaan tetapi sangat tidak efisien.



Airfish 3



Kapal ini dibuat oleh perusahaan Airfish yang berpusat di Connecticcut di Amerika Serikat dan dikepalai oleh Bill Russell. Ketika Airfish 3 hadir untuk keperluan demonstrasi, Flarecraft 370 juga dikembangkan sebagai tiruan dari Airfish. Perkembangan lebih lanjut dari Airfish adalah diproduksinya seri L-325 oleh Flarecraft.



XTW-4



XTW-4 adalah pesawat seri XTW terakhir yang dikembangkan oleh China Ship Scientific Research Centre (CSSRC). Pertama kali diluncurkan bulan September 1999 dan pada awal tahun 2000 telah diujicobakan di Sungai Changjiang. Desainnya mirip dengan XTW-1 dan 2. Untuk pertama kalinya, CSSRC menggunakan mesin turboprop pada pesawat WiSE-nya yaitu dengan dua Turboprop PT-6A-15AG untuk menjalankan 5 bilah baling-balingnya.











Semoga menambah wawasan agan-agan sekalian





Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Buka ya gan !:






Mudah-mudahan NO REPOST

Jangan lupa di rate dan komen ya gan..

Kalo yang sudah ISO bolehlah kasih

Yang tidak berkenan tolong jangan di

Thanks










[spoiler=open this] for sumber pustaka:






http://www.e-dukasi.net/index.php?mo...=223&uniq=1753









Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 03:13 AM.


no new posts