|
Post Reply |
Tweet | Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
[/quote]
Quote:
Quote:
![]() HIROSHIMA, KOMPAS.com - Mazda Motor Corp (MMC) membatalkan produksi mobil sport RX-8 bermesin rotary karena dipicu ama dua hal, yakni penjualan yang jatuh dan ketatnya standar emisi global. Produksi di pabrik Hiroshima, Jepang berakhir awal Juli lalu, sedangkan penjualan global berakhir tahun ini. Mazda RX-8 dan tiga generasi RX-7 dengan mesin rotary udah cukup lama beredar di pasar. Dengan mesin 1.3L dilengkapi twin-motor, mesin rotary tersebut menghasilkan tenaga 232 HP pada 8.500 rpm. Sayangnye, penjualan kurang bergairah dan hanya laku 1.134 unit tahun lalu, turun 49 persen dibanding 2009. Bahkan sampai Juli lalu, pemasarannya turun lagi 21 persen. Padahal, RX-8 yang kini memiliki harga 27.590 dollar Amerika atau Rp235,7 (sudah termasuk pengiriman), penjualannya pernah mencapai 23.690 unit pada 2004.Tapi, generasi pertama RX7 pernah melampaui 50.000 unit pada 1980-an. Mazda menarik RX-8 dari pasar Eropa tahun lalu akibat gagal memenuhi standar emisi. Menurut sumber dari dalam, tanpa ada permintaan dari Eropa, Mazda tidak bisa menjual RX-8 . Trus, ekspor dari Jepang sangat sulit lantaran menguatnya nilai tukar yen terhadap dolar, membuat Mazda mengalami kerugian operasi di Amerika Utara dari April sampe Juni hampir tiga kali lipat, yakni Rp 833,9 miliar. Langkah Mazda menarik mesin rotary dari pasar Amerika bukan untuk pertama kali. Pada 1995, mereka pernah menarik RX-7 sampai 2003 dan kembali ke show room dengan model RX-8. Apakah era mesin rotary Mazda berakhir? menurut sumber dari Hiroshima, para insinyur mazda sedang mempersiapkan rotary generasi berikut berkapasitas 1.6L dengan kode 16X dengan spesifikasi emisi lebih rendah dan konsumsi bahan bakarnya lebih irit.
Quote:
Agan2 pasti bertanya-tanya apasih mesin rotary itu ?? Ni dia penjelasannya. ![]() Mesin rotary ato bisa juga disebut dengan mesin Wankel adalah mesin pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran dirubah menjadi gerakan berputar pada rotor yang menggerakkan sumbu (wikipedia). Mesin ini terbilang unik karena pistonnya merangkap sebagai ruang bakar & memiliki gerak berputar (berotasi), bukan seperti mesin lainnya yang lazim bergerak vertikal ato horisontal. Salah satu keunggulan mesin rotary adalah mesinnya kompak & keluaran tenaga yang dihasilkan cukup besar meski kapasitas mesinnya terbilang kecil. Pada awalnya banyak pabrikan yang menggunakan mesin ini seperti GM, Mercedes Benz, Mazda, Rolls Royce dsb. Namun diantara semua pabrikan saat ini hanya tinggal pabrikan Mazda saja yang serius mengembangkan mesin rotary. Hingga saat ini mesin rotary adalah dapur pacu wajib di jajaran mobil sport Mazda RX series. Kita ambil contoh Mazda RX8, kapasitas mesinnya cuman 1.300 cc tapi keluaran tenaganya mencapai 232 hp !!! Dibalik semua keunggulan itu tentu ada kelemahan. Mesin rotary ini cukup boros bahan bakar. Mirip dengan mesin 2 tak lah. Sebagai info Mazda RX8 konsumsi BBM-nya rata2 sekitar 1:7 !!! Itu dalam kondisi normal lohhh�!!! Lain cerita kalo mobil dipake geber2an, udah pasti sering mampir ke pom bensin ![]() Isu lingkungan menjadi perhatian serius pihak Mazda. Kabar terakhir menyebutkan bahwa generasi mendatang Mazda RX8 akan lebih hemat BBM sebesar 20% & berkadar emisi rendah. Mesin akan digunakan 1.600 cc (konfigurasi twin rotor 2�800 cc) dengan output sebesar 270 hp !!! sekian trit dari ane,,jika agan merasa bahwa trit ini bermanfaat boleh lah agan memberikan ![]() ![]() Sumber: SUMBER 1 dan SUMBER 2 dengan sedikit perubahan ![]() ![]() Terkait:
|
Sponsored Links | |
Space available |
Post Reply |
|