Login to Website

Login dengan Facebook

 

Post Reply
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
AnakIlangs's Avatar
AnakIlangs
Ceriwis Lover
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 1,931
Rep Power: 15
AnakIlangs mempunyai hidup yang Normal
Default European 90's knights (JGTC Machines)

Untuk menjadi juara di ajang JGTC atau Japanese Grand Touring Championship dibutuhkan sebuah mobil yang tepat, manajemen tim yang bisa menangani segala hal di luar arena balap (keuangan misalnya), kinerja kru pit stop yang kompak, serta driver yang memiliki skill setara sehingga bisa menggantikan driver sebelumnya (driver JGTC terdiri dari dua orang untuk satu mobil, bergantian pada saat driver pertama masuk pit stop). Jika dilihat dari sistemnya, jelas berbeda dengan balap turing lainnya dan ini hitungannya balap turing, bukan LeMans. Sampai sekarang sistem ini tetap berlaku, yang tidak berlaku hanya spek mobilnya yang sekarang tidak diperkenankan untuk memakai mesin turbo.



Di tengah gempuran dahsyat mobil sport Jepang yang berlaga di ajang JGTC tahun 90-an, pembalap yang memakai mobil Eropa cukup banyak dan pernah menjadi juara baik di kelas paling tinggi yaitu GT500 ataupun kelas paling rendah yaitu GT300. Hebatnya sampai sekarang mereka tetap ada yang memakai mobil Eropa walau hanya di kelas GT300. Apa sajakah mobil Eropa tersebut? Ini dia.



LAMBORGHINI



1. Lamborghini Diablo



Kiprahnya di ajang balap dunia yang paling terdengar hanya di ajang balap turing Jepang. Walaupun tidak pernah juara umum di ajang JGTC, Lamborghini ini termasuk yang bertahan, sebab walaupun era 90-an sudah lewat, Diablo tetap eksis di JGTC dari tahun 1995 sampai tahun 2004.



Lamborghini Diablo yang dipakai untuk JGTC yakni Jota dan JGT-1, yang sudah berspek JGTC.




[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for :















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for :















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for :
















FERRARI



1. Ferrari F355



Ferrari ini boleh dibilang menjadi saksi sejarah penting bagi keberadaan Ferrari di ajang JGTC. Walaupun sempat ada kecelakaan hebat yang menimpa seorang driver Tetsuya Ota, itu tidak membuat Ferrari mundur begitu saja dari ajang JGTC. Malah sampai sekarang penerusnya masih eksis di ajang JGTC yang sekarang jadi Super GT.



Kepemilikan Ferrari F355 di Jepang untuk pemakaian balap lebih berani modifikasi dibanding kepemilikan Ferrari F355 di negara lainnya. Seperti full work body dan tentunya lampu flip top F355 diganti model biasa untuk meningkatkan kualitas aerodinamika.



Untuk versi jalanannya, Ferrari ini seringkali diadu dengan mobil sport Jepang oleh majalah video Best MOTORing.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for :














2. Ferrari F40



Sebelum F355, F40 tampil lebih dulu untuk berlaga di JGTC. Ferrari yang dipakai untuk ajang balap JGTC kondisinya tidak jauh dari standar, termasuk versi Evoluzione-nya. Jika dilihat dari speknya, Ferrari ini jelas masuknya di kelas GT500, bukan GT300. Hebatnya, Ferrari ini berani beradu dengan kompetitor Jepang yang sudah full-spec JGTC.



Untuk versi jalanannya, sama seperti F355, sering diadu dengan mobil sport Jepang yang sudah di tuned, kecuali NSX Type R.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for :















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for :














PORSCHE



1. Porsche 911 (RS Cup, RSR, 993RS)



Porsche 911 termasuk yang setia di kelas GT300 dan satu-satunya Porsche yang pernah juara umum di ajang JGTC kelas GT300 tahun 90-an untuk model RSR. Porsche 911 merupakan mobil non-Jepang paling banyak dipakai untuk ajang balap JGTC dan hingga sekarang penerusnya, GT3, tetap banyak yang pakai.



Untuk versi jalanannya, Porsche 911 juga sering diadu dengan mobil sport Jepang bertenaga 250-300HP dan hasilnya Porsche ini mampu mengalahkannya dengan mudah walau tenaganya tidak jauh dengan mobil sport Jepang tersebut.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for :
















2. Porsche 911 GT2



Porsche yang satu ini sudah memakai turbo dan masuk ke kelas GT1. Porsche 911 GT2 merupakan satu-satunya Porsche 911 yang berani masuk ke kelas GT1. Tim balap yang memakai Porsche ini adalah tim Taisan selama 3 kejuaraan umum.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for :














BMW



1. BMW M3



Meneruskan BMW M3 yang tampil di All Japan Touring Car Championship, tim Taisan memakai BMW M3 lagi dengan model E36 atau model lampu kotak. Kiprahnya di JGTC memang tidak sebaik pendahulunya, namun mobil ini menjadi saksi keberanian pembalap Jepang menggunakan BMW di tengah ganasnya persaingan mobil balap JGTC.





MCLAREN



1. McLaren F1 GTR



Merupakan satu-satunya kompetitor asal Inggris yang berani masuk JGTC dan sukses juara umum JGTC tahun 1996. Team Lark adalah tim balap yang berhasil menjuarai JGTC tahun 1996. Driver yang mengendarai mobil ini adalah pasangan driver David Brabham dan John Nielsen.



Sebenarnya McLaren F1 tidak dibuat untuk jalan raya, namun beberapa kolektor mobil sport banyak yang mengkonversi mobil ini untuk jalan raya.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for :















[spoiler=open this] for :














Cekidot juga



Racing Veteran

http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=5004664



Sponsored Links
Space available
Post Reply

« Previous Thread | Next Thread »



Switch to Mobile Mode

no new posts