|
Go to Page... |
Post Reply |
Tweet | Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
assalalmulaikum..... trit ane 100% NO ![]() ![]() ![]() maaf kalo trit ane kurang meriah / kurang bagus.... ane cuma mau sekedar share n survey pada semua ceriwiser, tentang pilih belanja dimana diantara ke-empat supermarket -> mungkin sekarang lebih ke hypermarket.... penjelasan singkat tentang hypermarket menurut ane adalah "toko / tempat pejualan yang nyaman,bersih, dimana semua barang-barang kebutuhan hidup manusia baik primer,sekunder,tersier disediakan secara massal".... di Indonesia, konsep supermarket ataupun hypermarket selalu menarik untuk dibahas, karena ibarat dua sisi mata koin yang ane bisa ambil : dari sisi positif : 1. konsep supermarket jelas mengedepankan kebersihan dan keyamanan berbelanja bagi konsumen 2. membuka banyak sekali lapangan pekerjaan bagi masyarakat, mulai dari kasir, pegawai gudang, tukang masak, dll, bahkan sampai juru parkir 3. harga yang diatawarkan jelas / tidak membingungkan, perhitungan harga sangan teliti/terkomputerisasi dan banyak sekali promo / diskon yang ditawarkan. 4. konsep wholesale/all in one place sangat menguntungkan bagi konsumen, karena cukup sekali parkir, take what u need,cash,n carry....semua kebutuhan dapat terpenuhi sekarang dari sisi negatif : 1. jelas konsep hypermarket di indonesia sangat tidak menguntungkan / mematikan bagi pasar-pasar tradisional di sekitanya yang sudah sejak puluhan tahun berdiri dimana banyak "wong cilik"/ masyarakat menengah kebawah banyak mencari nafkah di sektor ini..... ane sendiri menyadari karena keluarga ane juga punya toko kelontong dan hidup dari penghasil toko kelontong... akhir2 ini banyak mini market semacam alfamart ataupun indomart di sekitar toko keluarga ane... yang secara nggak langsung mengurangi jumlah konsumen yg dateng ke toko ane... ![]() ![]() tapi ane juga gak bisa protes ke pemkot,ane sadar, ini jamannya persaingan, kalo pengen maju, semua balik lagi ke owner nya... harus bisa survive dan update terhadap persaingan dengan melakukan banyak cara2 jitu (halal tentunya) untuk me manage konsumen.... balik lagi ke bahasan trit ya.... jadi nglantur gini,hehehe ![]() point number 2. hypermarket menurut sumber2 bacaan yang ane liat, kadang melakukan kecurangan terhadap supplier dengan melakukan pemaksaan harga "kulakan" dari supplier jadi harga yang ditawarkan bisa jauh lebih murah dari harga pasar tradisional/toko kelontong.... CMIIW... 3. kadang barang2 seperti ATK, peralatan olahraga, onderdil motor/mobil + accesories, helm, oli yang dijual tidak awet/mudah rusak/kualitas tidak bagus hal ini menurut ane karena konsep "wholesale" nya, jadi kurang ada spesialisasi penjualan barang, spesialisasi barang inilah yang sampai sekarang masih menjadi nilai plus pasar - pasar tradisional.... ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() mungkin cuma itu aja ocehan ane mengenai hypermarket... kaloada yang mau nambahin monggo.... langsung aja nih ane kasih info pemain-pemain besar retail hypermarket yang ada di indonesia : [/spoiler] Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for show all...:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for carrefour:
sejarah singkat ![]() Carrefour ialah sebuah kelompok supermarket internasional, berkantor pusat di Perancis. Carrefour adalah kelompok ritel kedua terbesar setelah Wal-Mart. Gerai Carrefour pertama dibuka pada 3 Juni, 1957, di Annecy di dekat sebuah persimpangan (carrefour, dalam Bahasa Perancis). Kelompok ini didirikan oleh Marcel Fournier dan Louis Deforey. Hingga kini, gerai pertama ini adalah gerai Carrefour terkecil di dunia. Kelompok Carrefour memperkenalkan konsep hipermarket untuk pertama kalinya, sebuah supermarket besar yang mengombinasikan department store ("toko serba ada"). Mereka membuka hipermarket pertamanya pada 1962 di Sainte-Genevi�ve-des-Bois, dekat Paris, Perancis. Carrefour Indonesia memulai sejarahnya di Indonesia pada bulan Oktober 1998 dengan membuka unit pertama di Cempaka Putih. Pada saat yang sama, Continent, juga sebuah paserba dari Perancis, membuka unit pertamanya di Pasar Festival. Pada penghujung 1999, Carrefour dan Promodes (Induk perusahaan Continent) sepakat untuk melakukan penggabungan atas semua usahanya di seluruh dunia. Penggabungan ini membentuk suatu grup usaha ritel terbesar kedua di dunia dengan memakai nama Carrefour. Di bulan Januari 2008 PT.Carrefour Indonesia berhasil menyelesaikan proses akuisisi terhadap PT. Alfa Retailindo Tbk. Saat ini, Carrefour Indonesia memiliki lebih dari 60 (enam puluh) gerai yang tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Medan, Palembang dan Makasar yang didukung lebih dari 11,000 (sebelas ribu) karyawan profesional yang siap untuk melayani para konsumen. Konsep paserba merupakan konsep perdagangan eceran yang diciptakan oleh Carrefour yang dirancang untuk memuaskan para konsumen. Di Indonesia, terutama di Jakarta, Carrefour, dengan cepat, menjadi suatu alternatif belanja pilihan bagi seluruh keluarga. Ditambah dengan adanya fasilitas - fasilitas pelengkap seperti snack corner, food court, parkir gratis di paserba - paserba tertentu, bahkan dengan adanya garansi harga dan garansi kualitas, maka paserba Carrefour benar - benar merupakan tempat belanja keluarga. ![]() ![]() Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for giant:
sejarah singkat ![]() Giant di indonesia beroperasi dibawah bendera bisnis jaringan ritel raksasa PT Hero Supermarket Tbk. yang telah mengadakan aliansi setrategi dengan Dairy Farm International pada tahun 1999 dalam bentuk penyertaan saham secara langsung. tapi kalo ane buka di wikipedia kok nih brand dari malaysia ya?? tp sekarang udah diakuisisi sama perusahaan dari afrika selatan sono... gerai Giant yang pertama kali dibuka di indonesia adalah giant hypermarket di Villa Melati Mas, Serpong, Tangerang 2002... hingga januari 2009, Giant telah memiliki 26 gerai dalam bentuk hypermarket dan 52 gerai dalam bentuk supermarket.... giant dengan filosofinya "banyak pilihan harga lebih murah" menyediakan sekitar 35.000 - 50.000 jenis produk yang ditawarkan produk private label giant mulai hadir pada tahun 2003. dengan adanya produk private label diharapkan dapat menambah pilihan produk2 murah bagi konsumen dalam berbelanja.... sekedar share aja, produk private label juga ada di hypermarket lain seperti Carrefour, Hypermart, dan Lottemart, CMIIW... Produk label private label setahu ane biasanya adalah produk sembako : beras, gula, telur, minyak gorang, sayur2an, buah2an,dll produk private label biasanya hampir 90% adalah produk lokal yg dihasilkan oleh pemasok berskala kecil menengah ![]() ![]() ![]() Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for hypermart:
sejarah singkat ![]() PT Matahari Putra Prima Tbk. adalah sebuah perusahaan ritel di Indonesia yang merupakan pemilik dari jaringan supermarket Hypermart dan Foodmart. Per kuartal pertama tahun 2008, Matahari Putra Prima sudah mempunyai 79 departmen store, 38 hypermarket, 31 supermarket, 46 outlet farmasi, dan lebih dari 88 hiburan keluarga di lebih dari 50 kota di Indonesia. Hypermart adalah jaringan hipermarket yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Selain department store yang menjual produk sandang seperti makanan, Hypermart juga memiliki supermarket atau pasar swalayan yang menjual kebutuhan sandang, barang kebutuhan hidup dan sehari-hari. Juga peralatan elektronik, olahraga, ATK, dll. Dengan trademark Hyper, yang kini sahamnya dimiliki oleh PT. Matahari Putra Prima Tbk. Saat ini Hypermart sudah memiliki lebih dari 50 gerai di Indonesia ![]() ![]() ![]() sejarah singkat ![]() Lotte Mart, bagian dari konglomerat Korea "Lotte", membuka cabang pertama di GangByeon, Seoul, Korea pada bulan April 1998. Pada tahun 2006, Lotte Mart membuka cabang pertama di luar negeri. Seperti tanggal 15 Juli 2010, Lotte Mart memiliki 184 cabang. (Di Korea 85 cabang, 78 cabang Di Cina, Di Indonesia 19 cabang, 2 cabang Di Vietnam) hypermarket ini sebelumnya bernama Makro, namun sejak Lotte Mart mengakuisisi saham PT Makro Indonesia yang mengoperasikan 19 Supermarket Makro pada bulan Oktober 2008 sehingga pusat belanja Makro berubah nama menjadi LotteMart. LotteMart merupakan supermarket / tempat belanja berasal dari Gwang byeon, Seoul, Korea Selatan dengan tingkat pertumbuhan fantastis ![]() ![]() ![]() maaf ane hanya menerima ![]() ![]() melonbig ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() MERDEKA!!!!! Terkait:
|
Sponsored Links | |
Space available |
Post Reply |
|