Pertama-tama , marilah kita berdoa terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas pada malam minggu ini ..
sesuai dengan judul.. Mungkin agan ada yang mengira ane salah kamar.. Memang Shock absorber merupakan komponen dari kendaraan ,, tapi trit yang ane bikin ini bukan mengacu paca kendaraannya gan,.. tapi pada �proses�nya...
Ane mulai aja dah gan.. maaf sebelumnya karna trit ini simple. Yang penting agan tau.. ane dari awalnya cuma ingin share ilmu aja gan,. Siapa tau bermanfaat untuk ilmu pada diri kita .. kalo kalo jadi HT juga gan..
dulu ya gan,, bantu ane sundulin
[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Apa sih shok beker itu??:
Apa sih Shock Absorber..?? Shok beker??
[/quote]
Quote:
Peredam kejut, shock absorber, shock breaker, atau damper adalah sebuah alat mekanik yang didesain untuk meredam hentakan yang disebabkan oleh energi kinetik.
Peredam kejut adalah bagian penting dalam suspensi kendaraan bermotor, roda pendaratan pesawat terbang, dan mendukung banyak mesin industri. Peredam kejut berukuran besar juga digunakan dalam arsitektur dan teknik sipil untuk mengurangi kelemahan struktur akibat gempa bumi dan resonansi
Dalam kendaraan, alat ini berfungsi untuk mengurangi efek dari kasarnya permukaan jalan. Tanpa peredam kejut, kendaraan dapat terlempar, seperti energi yang disimpan dalam per dan lalu dilepaskan pada kendaraan, barangkali melebihi gerakan suspensi. Kontrol gerakan berlebih pada suspensi tanpa peredam kejut diredam secara paksa oleh per yang kaku, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Peredam kejut diperkenankan menggunakan per yang lembut yang mengontrol gerakan suspensi dalam merespon gundukan atau lubang. Dan juga, berhubungan dengan pelambatan efek fisik dalam ban itu sendiri, mengurangi gerakan naik turun per. Karena ban tidak selembut per, untuk meredam hentakan ban mungkin dibutuhkan shock yang kaku yang lebih ideal untuk kendaraan
Peredam kejut pneumatik dan hidraulik umumnya mengambil bentuk sebuah silinder dengan piston yang bergerak di dalamnya. Silinder harus diisi dengan cairan kental, seperti minyak hidraulik atau udara. Cairan ini diisikan ke dalam dashpot. Peredam kejut berbasis per umumnya menggunakan per keong atau per daun. Per ideal itu sendiri, bukanlah peredam kejut seperti per yang hanya menyimpan dan tidak menghilangkan atau menyerap energi. Kendaraan biasanya menggunakan dua per atau palang torsi yang berfungsi sebagaimana peredam kejut hidraulik. Dalam kombinasi ini, peredam kejut secara khusus menyediakan piston hidraulik yang menyerap dan menghilangkan getaran. Per tidak dianggap sebagai peredam kejut.
Peredam kejut harus menyerap atau menghilangkan energi. Desainnya harus dipertimbangkan, oleh karena itu harus dibuat ketika mendesain atau memilih sebuah peredam kejut adalah ke mana energi akan pergi. Umumnya, dalam kebanyakan dashpot, energi diubah ke dalam panas di dalam cairan kental. Dalam silinder hidraulik, minyak hidraulik akan memanas. Dalam silinder udara, udara panas selalu dilepaskan ke atsmofer. Dalam tipe dashpot yang lain, seperti elektromagnetik, energi yang hilang dapat disimpan dan bisa digunakan kemudian jika diperlukan.
Komponen : Proses pembuatan Shock absorber terdiri dari 3 Sub proses inti.. yaitu..
- Sub Assy Piston Rod,
- Sub Assy Damper.comp, dan
- Assy Shock Absorber
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Sub Assy:
Spoiler for open this:
Quote:
Sub Assy Piston Rod : Proses penyusunan komponen batang menjadi batang piston. Terdiri dari Piston seat, Valve Spring, Valve piston, dan piston.
Quote:
Riveting : Proses penguncian dari batang piston dalam proses Sub Assy Piston Rod. Hal ini berfungsi agar komponen yang telah di susun , tidak terpencar dalam Shock Absorber.. Ini merupakan bagian dari Inner part
Quote:
Sub assy Rod guide : merupakan Proses penyusunan dengan cara menyusun piston, rebound spring, dan rod guide.. Rod guide bertujuan agar posisi rod tetap senter,, dan Rebound spring bertujuan untuk mengembalikan tolakan atau hentakan saat terjadinya �main back� suspension
.
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Sub Assy damper :
Spoiler for open this:
Quote:
Oil filling and roll round : proses pengisian oli shock dalam damper case. Sedangkan roll round adalah proses penguncian atau penggabungan damper dengan rod guide agar rod guide tetap di tempatnya
ini bentuknya damper case
Quote:
Oil seal press : Merupakan proses pemasangan oil seal dan end plate.. oil seal bertujuan agar oli dalam damper tidak keluar. Dan End plate bertujuan untuk melindungi oil seal dari proses rolling DC agar tidak rusak
Quote:
Rolling damper case : proses penguncian bagian inner part. Hal ini dilakukan dengan cara membelokan atau menguncupkan bagian ujung silinder damper
Ini gan contoh bentuknya.. ini yang udah di proses rolling damper case ..
kalo ini yang namanya Damper,Comp (damper componen.complete.
Quote:
[spoiler=open this] for Sub Assy Shock:
ini merupakan proses paling simple jadi ane gak perlu kasi pic ya gan..
Quote:
Assy Outer part : merupakan proses penyusunan komponen luar dari Shock absorber.. misalnya main spring, rubber stopper, dan spring guide.
Quote:
Lightning Upper Metal : proses pemasangan Bottom Metal atau join metal yang sering kita kenal dengan �Anting sok beker.� beserta spring seat
Quote:
Stamping : proses pemberian tanggal, kapan shock absorber itu dibuat
Quote:
Total length : proses pengecekan ukuran panjang keseluruhan dari shock absorber tersebut
[quote]
Finish Good : proses pemeriksaan keseluruhan dari Shock tersebut. OK / No Good.
dan pada akhirnya jadilah seperti ini gan,,
sekian dari ane gan,. ane cuma pengin share share aje gan .. semoga bermanfaat untuk tambah2 ilmu agan sekalian ..