Ceriwis
Home » Umum » Solusi Agar Kuota Tidak Sering Habis Saat Menggunakan Google Assistant

Solusi Agar Kuota Tidak Sering Habis Saat Menggunakan Google Assistant

Google Assistant.

Ceriwis – Teknologi Google Assistant pada smartphone Android memang dapat mempermudah pengguna dalam melakukan aktivitasnya. Namun, sering kali alat bantu virtual ini justru bikin jengkel karena sering muncul secara tiba-tiba dan merekam suaramu.

Sering kali hal ini terjadi karena pengguna salah pencet tombol khusus atau tak sengaja tertekan. Jika terjadi terus menerus, Google Assistant jadi sangat menyusahkan karena kemunculannya itu ternyata menguras banyak kuota data.

Google Assistant di Indonesia.

Untuk mengatasi masalah itu, sebenarnya kamu bisa mematikan Google Assistant agar tidak muncul secara tiba-tiba. Langkah barikut bisa kamu lakukan lewat web browser.

– Pada akun Google, buka laman My Activity.

– Tekan ikon burger alias tiga garis horizontal pada bagian atas kiri untuk membuka menu

– Pilih ‘Activity Controls’

– Gulirkan ke bawah hingga menemukan ‘Voice & Audio Activity’. Matikan pengaturan dengan cara menggeser tombol toggle di sebelah kanan

– Jika sudah, layar akan memunculkan sebuah peringatan tentang konsekuensi mematikan Google Assistant, seperti misalnya suaramu tidak akan lagi dikenal oleh asisten virtual itu. Tapi jika kamu yakin, kamu bisa lanjut untuk mematikannya.

– Kalau suatu hari kamu mau menyalakannya lagi, kamu bisa melakukan langkah yang sama untuk mengaktifkannya kembali.

Promosi fitur asisten pribadi virtual Google Assistant.

Sebagai catatan, mematikan pengaturan Google Assistant berarti menghapus semua memori asisten virtual terhadap suara pengguna. Dengan kata lain, Google Assistant tidak akan mengingat suaramu ketika kamu mengaktifkannya kembali.

Menurut percobaan yang dilakukan The Verge, Google Assistant akan menjadi sangat ramah pada pengguna lamanya. Jika fitur itu dimatikan, Google Assistant bisa berfungsi sebagaimana mestinya saat dinyalakan kembali, hanya saja dengan memori baru seolah tidak mengenal pemiliknya tersebut.

Ya, itu semua karena Google Assistant perlu merekam dan berkenalan kembali dengan suara majikannya. Secara keseluruhan, tidak ada aktivitas yang terhambat apabila kamu memutuskan untuk mematikannya sementara di saat tidak membutuhkannya.

Andika Gumilang

Add comment

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({flush: true});