Ceriwis

Swedia Kehilangan Puncak Gunung Tertingginya, Akibat Pemanasan Global

Penampakan puncak selatan Kebnekaise.
Ceriwis – Tinggi puncak Gunung Kebnekaise mulai berkurang. Ini akibat pemanasan global yang membuat es di puncak gunung tertinggi di Swedia itu mencair.
Terletak di sebelah utara Swedia, Kebnekaise memiliki dua puncak. Yang satu berada di sebelah selatan dan tertutupi oleh gletser. Lainnya berada di sebelah utara dan bebas dari es.
Keduanya sering dikunjungi pendaki. Tapi, hanya pendaki berpengalaman yang boleh mengunjungi puncak utara Kebnekaise.
Sejak pertama kali dihitung pada 1880, puncak selatan Kebnekaise selalu lebih tinggi. Tapi, ketika Gunhild Ninis Rosqvist, profesor geografi di Stockholm University, menghitung tinggi puncak itu pada tahun ini, dia menemukan hal yang berbeda.
Rosqvist mengatakan, pada 3 September 2019 lalu, puncak utara Kebnekaise 1,2 meter jauh lebih tinggi di 2.096,8 meter. Rosqvist mengklaim, perhitungan yang dia buat lumayan akurat dengan kemungkinan perbedaan hanya beberapa sentimeter.
“Ini menunjukkan bagi semua orang di Swedia bahwa segala sesuatu sedang mengalami perubahan,” ujar Rosqvist kepada The Guardian.
Ia menjelaskan, sekarang ini puncak selatan Kebnekaise berada di titik paling rendahnya. Menurutnya, ketinggian puncak selatan Kebnekaise sekarang ini 24 meter lebih rendah dibanding tahun 1960-an.
Untungnya, gletser di puncak selatan Kebnekaise disebutnya akan kembali di musim dingin nanti. Tapi, kondisi puncak selatan itu akan terus berubah-ubah, papar Rosqvist.
Rosqvist menjelaskan, bahwa yang membuat gletser di puncak selatan Kebnekaise menjadi besar adalah musim panas yang dingin. Tetapi, dua musim panas di daerah itu telah menyebabkan salju dan es mencair dengan sangat cepat.
“Anda akan bisa melihatnya dengan jelas di puncak sana, di mana es terekspos Matahari. Anda bisa melihat es mencair jadi es,” ungkapnya.
“Gletser di puncak selatan Kebnekaise adalah suatu hal yang ikonik, sebuah simbol khusus bagi semua gletser di Swedia. Tapi, kita tak memerlukan simbol. Kita memerlukan bukti agar bisa melihat perubahan iklim yang terjadi dan melakukan sesuatu untuk menghentikannya.”

Bella Priscilla