Ceriwis

Ternak Ayam Akan Menjadi Pilihan Bill Gates Ketika Dia Jatuh Miskin

Bill Gates pakai blangkon.

Ceriwis – Bill Gates termasuk orang yang selalu melihat segala kemungkinan. Jika hari ini dia jatuh miskin, dengan penghasilan 2 dolar AS atau sekitar Rp 28 ribu per hari, dia mengaku akan memilih untuk ternak ayam untuk meningkatkan kualitas hidup baik secara finansial maupun sosial.

Lewat tulisan di blog pribadinya, GatesNotes.com, Gates bercerita pengalamannya berkunjung ke wilayah dengan tingkat kemiskinan yang tinggi. Ia melihat ternak ayam bisa memperbaiki kemiskinan.

Berdasarkan pantauannya, masyarakat yang berada dalam kemiskinan dan memelihara ayam, memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Pendiri Microsoft itu kagum dengan kehidupan orang-orang miskin yang memelihara ayam di beberapa negara yang pernah ia sambangi.

Kandang ternak ayam yang masih beroperasi di Dusun Gluntung, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

“Saya pernah bertemu orang-orang di negara miskin yang beternak ayam, dan saya juga belajar proses memelihara unggas ini. Sebagai bocah dari Seattle, saya memang sudah belajar banyak. Jelas sekali bahwa orang yang hidup dalam kemiskinan, lebih baik beternak ayam,” ungkapnya.

Apa yang membuat usaha beternak ayam jadi solusi yang bagus untuk kemiskinan?

Menurut Gates, ayam mudah diperlihara. Unggas ini juga bisa diberi makan apa saja yang mereka temukan di tanah. Namun, ada baik kalau ayam diberi makan yang layak agar bisa tumbuh dengan baik.

Meski ayam membutuhkan vaksin agar tidak ada penyakit yang ditularkan ketika dikonsumsi, peternak tidak perlu pusing, karena harga vaksin ayam bisa didapat dengan harga yang cukup murah. Di Newscastle, vaksin dijual seharga 2 sen.

Gates juga menyebut kalau ini adalah investasi yang bagus. Ia memberikan contoh, semisal ada seorang petani memulai beternak dengan lima ekor ayam. Kemudian ayam-ayam itu dikawinkan dengan ayam jantan tetangga. Setelah tiga bulan, si petani bisa memiliki 40 anak ayam. Dengan harga jual 5 dolar AS per ekor ayam di Afrika Barat, dia bisa berpenghasilan lebih dari 1.000 dolar AS selama setahun.

Melinda dan Bill Gates.

Penghasilan itu sudah melebihi ambang batas kemiskinan ekstrem dengan rata-rata pendapatan 700 dolar AS setahun.

Ayam juga bisa dinilai memiliki nutrisi yang bisa menjaga kesehatan anak. Dengan mengkonsumsi telur yang kaya nutrisi dan protein, beternak ayam dapat membantu memerangi malnutrisi.

Untuk mendukung usaha ternak ayam di wilayah dengan kemiskinan yang ekstrem, Bill & Melinda Gates Foundation bekerja sama dengan masyarakat pinggiran Sahara Afrika, menciptakan sistem pasar yang baik untuk peternakan ayam. Hal itu dilakukan agar peternak bisa membeli ayam yang sudah divaksin dan dalam keadaan yang sehat. Diharapkan kerja sama ini bisa membantu 30 persen keluarga di desa beternak ayam yang sudah di vaksin.

Bella Priscilla

Tidak ada komentar