No, It’s Not Facebook: Bitcoin Price Already Up 200% in 2019 Before Libra

Bitcoin (BTC) sudah diperdagangkan di atas $ 9.000 ketika Facebook secara resmi meluncurkan protokol cryptocurrency Libra-nya.

Meskipun banyak komentator berpendapat bahwa lonjakan harga bitcoin saat ini disebabkan oleh raksasa media sosial, sekilas data menempatkan momentum bitcoin jauh di depan Libra.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, Facebook mengungkapkan situs web untuk skema cryptocurrency pada 18 Juni, ketika BTC / USD berada di sekitar $ 9.200.

Setelah situs web ditayangkan, cryptocurrency terbesar benar-benar jatuh harga selama beberapa hari sebelum mendapatkan kembali untuk naik ke tertinggi saat ini di atas $ 11.300.

Pasar bull bitcoin dimulai pada 1 April, melihat beberapa siklus puncak dan palung tetapi secara definitif membalikkan tren penurunan sebelumnya yang membuatnya hanya $ 3.130.

Meskipun demikian, gagasan Facebook secara unik memicu kenaikan harga bitcoin terus menyebar ke pers, termasuk judul media arus utama.

“Bitcoin perlahan – dengan standarnya sendiri – telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir tetapi peluncuran Libra Facebook jelas telah menjadi katalis untuk lonjakan baru-baru ini,” Craig Erlam, seorang analis pasar senior di perusahaan perdagangan keuangan Oanda, mengatakan kepada The Guardian di sebuah artikel yang diterbitkan 24 Juni.

Kebingungan tampaknya berasal dari konsep terkait bahwa minat dan publisitas dari Libra akan memiliki efek knock-on untuk cryptocurrency secara umum.

“Publisitas yang diluncurkan sekali lagi membawa ke ruang angkasa, dikombinasikan dengan legitimasi yang ditawarkannya, telah membuat masyarakat bersemangat,” tambah Erlam.

Sumber-sumber lain sementara itu setuju tentang peran terbatas Facebook, tetapi kurang percaya pada bitcoin itu sendiri, Bloomberg menyebut antusiasme saat ini “kembalinya mimpi spekulatif.”

Namun, ketika rincian rencana Facebook mulai mengalir, kritik semakin meningkat atas karakteristik teknis Libra, yang bisa dibilang tidak memiliki banyak kesamaan dengan blockchain publik.

Jauh dari konsumen awam, ini adalah institusi yang tampaknya menjadi pusat perhatian dalam minat bitcoin. Premium harga 40% pada dana publik Grayscale Bitcoin Investment Trust (GBTC), bersama dengan volume perdagangan rekor untuk berjangka bitcoin, adalah dua contoh terbaru dari fenomena tersebut.

Ceriwis baru-baru ini menerbitkan artikel khusus yang merangkum faktor-faktor yang paling mungkin di balik kenaikan bitcoin menjadi $ 11.000 dan mungkin lebih tinggi.