Ceriwis
Home » Life » Tips Agar Tidak Boros Dalam Bulan Ramadhan

Tips Agar Tidak Boros Dalam Bulan Ramadhan

Pengeluaran ramadhan over budget

Ceriwis – Di bulan Ramadhan, pengeluaran rumah tangga seringkali membengkak daripada bulan lainnya. Hal ini dikarenakan banyak pengeluaran tambahan untuk berbagai kebutuhan seperti berbelanja sahur dan berbuka, hingga mudik Lebaran.

Kalau sudah begini, Anda harus pandai-pandai untuk mengatur keuangan agar tetap terkontrol. Jangan sampai pengeluaran rumah tangga over budget yang menyebabkan Anda “boncos” di akhir bulan. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini:

1. Jangan terlalu banyak jajan ketika berbuka puasa

Ilustrasi jajanan pasar

Setelah seharian berpuasa, wajar rasanya jika Anda bernafsu ketika melihat deretan takjil yang menggugah selera. Walaupun harganya cenderung murah, tapi jika Anda beli dalam jumlah banyak, Anda pastinya harus merogoh kocek yang lebih dalam. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membeli takjil secukupnya dan langsung mengonsumsi makanan berat.

2. Buka puasa bersama tidak harus selalu di mal

Di momen Ramadhan, Anda pasti akan mendapat banyak undangan untuk buka puasa bersama (bukber). Hal ini memang baik untuk menjalin silaturahmi dengan kawan lama. Namun jika intensitasnya sering dan dilakukan di mal, pengeluaran Anda bisa tak terkontrol.

Mengapa tidak atur acara buka puasa di rumah? Selain bisa menghemat pengeluaran, suasana yang diciptakan pun bisa lebih kekeluargaan dan tidak terbatas dengan waktu tutup mal.

3. Beli keperluan Lebaran seperlunya

Berbelanja keperluan Lebaran

Ketika hari raya Idul Fitri sudah semakin dekat, banyak pusat perbelanjaan yang akan menawarkan diskon yang cukup besar. Namun, Anda tidak boleh kalap dan tetap mengontrol pengeluaran. Singkirkan sejenak keinginan untuk membeli hal yang tidak terlalu penting, dan belilah barang yang benar-benar diperlukan untuk kebutuhan Hari Raya Idul Fitri.

4. Gunakan transportasi umum ketika mudik

Ada beragam pilihan transportasi yang bisa Anda pilih untuk melakukan perjalanan mudik. Mulai dari membawa kendaraan pribadi, hingga menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta, dan bis. Walaupun tarif transportasi umum cenderung melonjak tajam di periode libur Lebaran, ada baiknya Anda memilih transportasi umum karena lebih efisien dan nyaman.

Andika Gumilang

Add comment

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({flush: true});