Ceriwis
Home » Umum » Tips Memilih Posisi di PNS Agar Cepat Diterima

Tips Memilih Posisi di PNS Agar Cepat Diterima

Manpan RB tinjau proses seleksi CPNS di Cibubur

Ceriwis – Pemerintah memastikan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 100 ribu formasi akan dibuka pada Oktober 2019. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) telah memetakan formasi lowongan CPNS yang paling banyak dibutuhkan. Apa saja?

“Tetap di bidang skill. Kita kekurangan guru, kita kekurangan tenaga kesehatan terutama bidan, perawat, dokter-dokter untuk mengisi Puskesmas. Tetap itu yang banyak. Kemudian kebutuhan-kebutuhan di bidang infrastruktur juga kepentingan yang lebih menjurus ke skill,” ungkap MenpanRB, Syafruddin, saat ditemui di gedung Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/7).

Sementara itu mengenai mekanisme perekrutan CPNS pada tahun ini sedikit berbeda. Pemerintah akan lebih dinamis dan lebih fokus untuk mencari kandidat yang memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan.

Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi (SKD) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS secara serantak.

“Paling tidak dua kepentingan tentang bagaimana kualitas SDM itu, kita bisa rekrut. Yang kedua juga tidak menafikan kebutuhan dan kepentingan individu-individu generasi muda yang akan mengabdi kepada negara,” sebutnya.

Selain itu, pada Agustus 2019 atau paling lambat September 2019 akan diselenggarakan pula rekrutmen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K). Untuk lowongan P3K paling banyak diperuntukkan untuk guru honorer.

“Guru di P3K ada standar prioritas P3K karena rata-rata guru honorer itu kan,” tutupnya.

Richard Samuel

Tidak ada komentar