U.K.’s Biggest Store Tesco Pumps Bitcoin With ‘Bill Gates’ Twitter Scam

Ceriwis – Jaringan supermarket terbesar di Inggris dibiarkan merah minggu ini setelah peretas mengambil alih akun Twitternya untuk mempromosikan penipuan bitcoin (BTC). Berita itu muncul melalui majalah IT Bleeping Computer pada 25 Juni.

Tesco, yang memiliki hampir 550.000 pengikut Twitter, kehilangan kendali atas akunnya dan mulai mengklaim akan memberikan bitcoin gratis sebagai imbalan atas investasi.

Peretas tampaknya memiliki hubungan dengan pendiri Microsoft, Bill Gates, menggunakan avatar-nya dan mengubah pegangan Tesco menjadi g Billgatesmsc. ’

“Bitcoin sedang naik daun lagi! Suatu hari, itu pasti akan menggantikan mata uang fiat, ”satu tweet yang dihapus membaca dengan gaya yang meniru penipuan sebelumnya yang melibatkan ethereum (ETH) yang merasuki Twitter tahun lalu.

“Saya ingin memberikan kembali kepada komunitas, karena itu bitcoin apa pun yang Anda kirim ke alamat ini, saya akan kirim kembali dua kali lipat! Komentari alamat BTC Anda di bawah ketika selesai. “

Alamat yang diberikan peretas tidak pernah menerima dana apa pun. Tesco kemudian mendapatkan kembali akses ke akunnya, menghapus semua jejak episode.

Masih belum diketahui bagaimana para peretas berhasil mengompromikan akun.

Waktunya tampak disengaja; karena Cointelegraph terus melaporkan, bitcoin saat ini diperdagangkan pada level tertingginya sejak akhir pasar bull yang memecahkan rekor pada bulan Desember 2017.

Cryptocurrency telah kembali secara luas ke kesadaran publik, terutama berkat peningkatan liputan media arus utama.

“Sudah sekitar satu bulan sejak gelombang baru scammers ini dimulai lagi. Terakhir kali adalah Agustus-Desember 2017, ”pendidik dan penulis ‘Mastering Bitcoin’, Andreas Antonopoulos, menulis minggu lalu tentang meningkatnya prevalensi scammers tahun ini.

“Potongan harga di crypto membuat mereka pergi dan sekarang mereka kembali.”

Sementara itu penipuan seperti Tesco terus muncul di luar industri crypto, dengan pemerintah Swedia menjadi korban baru-baru ini. Pada bulan April, penyerang berhasil tweet bahwa negara itu telah mengubah mata uang resminya menjadi bitcoin.

Dalam sebuah wawancara kemudian, orang yang bertanggung jawab mengatakan kepada outlet berita lokal Trijo bahwa kecenderungan politik pribadi membentuk motivasinya untuk mengkompromikan halaman Twitter Sosial Demokrat.

“Saya hanya berpikir sosialisme salah,” katanya.