Buy Bitcoin? Trump Says US 'Should Match' China’s Money Printing Game

Ceriwis – Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengusulkan A.S. harus “Cocok” China dan manipulasi mata uang Euoropean, memicu penurunan nilai greenback.

Presiden membagikan pemikirannya dalam tweet yang diterbitkan pada 4 Juli:

“Tiongkok dan Eropa memainkan permainan manipulasi mata uang besar dan memompa uang ke sistem mereka untuk bersaing dengan AS. Kita harus MATCH, atau terus menjadi boneka yang duduk dan menonton dengan sopan ketika negara lain terus memainkan permainan mereka – seperti yang mereka lakukan selama bertahun-tahun! “

Serangan yang diperbarui terjadi meskipun fakta bahwa administrasi Trump secara resmi berhenti menuduh Cina mendevaluasi mata uangnya untuk mendapatkan keuntungan perdagangan tidak adil hanya dua bulan lalu.

Di twitter dan Reddit crypto, para komentator dengan cepat mencatat bahwa mengingat kebijakan moneter “balapan ke bawah” ini, tweet Trump hampir sama dengan “pesanan langsung  untuk membeli bitcoin.”

Calon pengurus Trump Fed, Judy Shelton, telah mentweet hanya pada hari sebelumnya bahwa ia akan “berusaha untuk mendukung agenda ekonomi pro-pertumbuhan A.S. dengan kebijakan moneter yang sesuai.”

Dalam tweet yang diterbitkan 3 Juli, analis eToro Mati Greenspan menegaskan keyakinannya bahwa pengaruh tren makro-ekonomi pada bitcoin sudah menjadi kenyataan, dengan menyatakan:

“Pemahaman saya adalah bahwa kebijakan bank sentral adalah pendorong terbesar dari semua pasar, termasuk crypto.”

Provokasi presiden mengirimkan gelombang baru melalui Eropa, dengan satu pakar strategi valuta asing memberi tahu CNBC bahwa dia khawatir pemerintah bisa menampar ‘tarif penyeimbang’ pada E.U. sektor otomotif, membenarkannya sebagai respons terhadap apa yang oleh Departemen Perdagangan dianggap sebagai depresiasi mata uang buatan negara-negara tertentu.

Ahli strategi mata uang lainnya telah berkomentar mengenai waktu tak terduga dari serangan baru terhadap kebijakan mata uang Cina, dengan alasan bahwa yuan tampaknya belum dimanipulasi selama beberapa tahun terakhir.

Dengan politisi yang mempersenjatai mata uang fiat nasional untuk mendapatkan keunggulan dalam perdagangan, argumen untuk crypto sebagai aset safe haven tampak lebih kuat dari sebelumnya.

Dalam sambutannya awal pekan ini, salah satu pendiri Morgan Creek Digital Asset, Anthony “Pomp” Pompliano memperkirakan bitcoin (BTC) akan mencapai $ 100.000 pada akhir tahun 2021, mengutip iklim ketidakstabilan global saat ini sebagai faktor pendorong utama.