Ceriwis

Untujk Membangun Startup Lokal, Pemkot Pontianak Menyediakan Co-Working Space

Pemkot Pontianak melaunching Startup Hub Pontianak, Kamis (26/9).
Ceriwis – Perkembangan startup yang semakin meningkat mendorong Pemkot Pontianak untuk memberikan ruang bagi startup-startup lokal. Startup Hub, misalnya menjadi wadah kolaborasi Pemkot Pontianak dengan startup-startup lokal di Kota Pontianak.
Hal tersebut dilakukan untuk menghubungkan jejaring pelaku startup, memberikan dukungan kolaborasi, menciptakan komunitas startup Kota Pontianak yang kompetitif dan maju. Sehingga mampu mengembangkan usaha secara berkelanjutan dan menciptakan lapangan kerja kreatif di Kota Pontianak.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak, Uray Indra Mulya mengatakan, Startup Hub dibuat untuk menggali potensi startup lokal. Langkah tersebut dilakukan untuk mendorong perkembangan Kota Pontianak menuju smart city.
Pemot Pontianak menyediakan Co-Working Space bagi startup-startup lokal Kota Pontianak.
“Bonus demografi Pontianak ini kan besar, terutama anak-anak muda. Kalau tidak tersalurkan dengan benar ini bisa jadi masalah juga.Maka kita buat mereka agar betah dalam menunjukan eksistensinya, salah satunya melalui Startup Hub ini. Silahkan berkreasi apapun bentuknya,” ujar Uray dalam launching Startup Hub Pontianak yang digelar di Kantor Wali Kota Pontianak, Kalbar, Kamis (26/9).
Strartup Hub yang dibuat oleh Pemkot Pontianak ini berlokasi di lantai 2, Kantor Wali Kota Pontianak. Disediakan 3 ruangan kerja, diantaranya co-working space, ruang santai dan ruang meeting. Fasilitasnya dilengkapi wifi dan 21 meja working space lengkap dengan perangkat komputer. Bahkan, tersedia bar kitchen di ruang santai untuk para pengunjung bersantai setelah lelah bekerja.
“Selain para startup, masyarakat umum juga bisa menggunakan ruangan ini dengan booking tempat melalui aplikasi reservasi startup Pontianak. Dengan jam kerja dari pukul 08.00 hingga 15.00,” kata Uray.
Simon Petrus, satu diantara Founder Startup lokal di Pontianak, yaitu Bliving mengatakan, adanya ruang bagi startup tersebut sangat membantu dirinya dan para startup-startup lainnya.
Co-Working Space yang disediakan Pemkot Pontianak dilengkapi berbagai fasilitas.
Bliving sendiri merupakan sebuah alat perangkat smart home, buatan karya anak bangsa yang bisa me-voice recommend untuk memberi perintah berupa mematikan lampu serta menghemat energi listrik. Smart Home pertama di tanah air.
“Sangat membantu, dimulai dari wadah inilah dengan Pemkot sangat berkontribusi. Mereka bantu menyediakan tempat bagi kita dan instalasi sebagainya. Sangat membantu untuk startup-startup baru yang belom ada kantor mereka bisa menggunakan fasilitas ini,” tutur Simon.
Ia berharap, dengan ada dukungan Pemkot Pontianak bisa mendorong anak-anak muda yang ingin membangun startupi tidak mudah menyerah.
“Jangan pernah ragu dan menyerah, karena kami tahu semua perjuangan dari nol. Jadi, itu sangat tidak mudah, tapi percayalah semua itu bisa dibantu dengan baik dari Pemkot membantu, investor dibantu oleh Pemkot, semua fasilitas ada,” pungkas Simon.

Richard Samuel