Ceriwis
Home » Umum » Vietnam Kerahkan Tentara dan Polisi Untuk Mencegah Flu Babi

Vietnam Kerahkan Tentara dan Polisi Untuk Mencegah Flu Babi

Ceriwis – Pemerintah Vietnam akan mengerahkan militer untuk mencegah penyebaran flu babi Afrika. Penyebaran flu babi di Vietnam terungkap pertama kali pada Februari lalu. Virus ini menghantam 29 provinsi.

Akibatnya, sebanyak 1,2 juta atau empat persen dari jumlah populasi babi di Vietnam terpaksa dimusnahkan. Wakil Menteri Pertanian Vietnam Phung Duc Tien mengatakan, demi mencegah penyebaran virus tersebut mereka akan menggandeng kepolisian dan militer.

“Segera mungkin, polisi dan militer akan ambil bagian dalam upaya pembasmian babi yang terinfeksi tepat pada waktunya, ini dilakukan agar wabah tidak semakin menyebar,” sebut Phung seperti dikutip dari AFP, Selasa (14/5).

Flu babi merupakan persoalan besar di Vietnam. Sebab, negara ini baru pertama kali berhadapan dengan wabah ganas yang menyerang peternakan. Mayoritas provinsi di Vietnam gagal mendeteksi dan memusnahkan babi yang terinfeksi flu. Kekurangan dana dan lahan untuk mengubur babi-babi tersebut jadi penyebabnya.

Di Vietnam tiga perempat konsumsi daging berasal dari daging babi. Ada 30 juta babi yang diternakkan di seluruh Vietnam. Sementara itu, penyakit flu babi tidak berbahaya bagi manusia. Namun, penyakit ini tidak bisa disembuhkan di babi.

Andika Gumilang

Add comment

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({flush: true});