Canada: Vancouver Mayor Suggests Ban on Bitcoin ATMs

Ceriwis – Kota Vancouver, Kanada, sedang mempertimbangkan untuk melarang mesin teller otomatis (ATM) bitcoin (BTC) karena masalah pencucian uang, lapor Next Web pada 5 Juni.

Walikota Vancouver, Kennedy Stewart, dilaporkan menyarankan larangan total pada ATM bitcoin sehubungan dengan meningkatnya jumlah kasus pencucian uang. Sebuah laporan polisi yang dikutip oleh Next Web mengklaim bahwa penjahat dapat membeli ATM bitcoin untuk kebutuhan mereka sendiri untuk beberapa ribu dolar, dan kemudian menyetor uang tunai mereka ke dalam ATM itu “sebanyak yang diperlukan” untuk mendapatkan keuntungan dari atau menghilangkan biaya transaksi.

Pihak berwenang dilaporkan akan menerima 840 laporan terkait dengan mata uang digital tahun ini, yang merupakan tiga kali lipat dari jumlah yang dilaporkan tahun lalu. Sementara dewan kota Vancouver dan Richmond telah mendorong untuk bertindak, provinsi British Columbia akan mengadakan penyelidikan pencucian uang untuk menyelidiki lebih lanjut.

Menurut sumber pemantauan industri CoinATMRadar, ada 694 cryptocurrency ATM di Kanada, dengan 76 di Vancouver, pada waktu pers.

Bulan lalu, di Spanyol delapan orang ditangkap karena diduga mencuci uang dengan menukar mata uang fiat dengan aset crypto. Orang-orang tersebut dilaporkan menggunakan ATM cryptocurrency dan membagi dana menjadi jumlah yang lebih kecil untuk memperkenalkan mereka ke dalam sistem keuangan tanpa membuat transaksi yang dilaporkan mencurigakan.

Seperti yang dilaporkan pada bulan Januari, operator ATM bitcoin Amerika Serikat Coinme – operator ATM bitcoin pertama yang menerima lisensi di AS pada tahun 2014 – memasuki kemitraan untuk menjual bitcoin di kios penghitung koin yang dimiliki oleh Coinstar.