Israeli Citizen Accused of Stealing Over .7 Million in Crypto

Ceriwis – Eliyahu Gigi, 31 tahun dari Tel Aviv, telah dituduh mencuri lebih dari $ 1,7 miliar dalam berbagai cryptocurrency. Gigi diduga mencuri BTC, Ethereum, dan Dash dari pengguna di Belanda, Belgia, dan Jerman.

Pengacara Yeela Harel dari departemen cyber di Kantor Kejaksaan Negeri mengajukan tuntutan terhadap Gigi pada 17 Juli, menurut sebuah laporan yang diterbitkan pada hari yang sama oleh Globes. Gigi dilaporkan telah didakwa dengan kejahatan termasuk pencurian, penipuan, dan pencucian uang, antara lain.

Menurut laporan itu, dakwaan Harel mengklaim bahwa Gigi membuat jaringan situs web penipuan untuk mencuri crypto melalui penggunaan malware. Dia dituduh menggunakan sejumlah metode untuk menutupi jejaknya, termasuk mempekerjakan server jarak jauh dan mengacak-acak dana curian di sekitar melalui dompet yang berbeda.

Gigi dan saudara lelakinya, seorang prajurit yang tidak bergerak, dilaporkan ditangkap pada bulan Juni. Pasangan itu diduga terlibat dalam penipuan phishing internasional, tetapi Harel pindah untuk mendakwa hanya Gigi.

Polisi rupanya pertama kali mulai melihat ke Gigi ketika mereka menerima informasi yang menunjukkan bahwa ia menjatuhkan tautan scam di forum dompet digital. Menurut laporan itu, Gigi akan menautkan ke situs web yang tampaknya memiliki pengelola dompet yang dapat diunduh. Namun, Gigi tampaknya telah mengumpulkan dan menyalahgunakan kredensial akun pengguna untuk mencuri crypto mereka.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh Ceriwis, seorang karyawan di Microsoft baru-baru ini ditangkap karena dicurigai mencuri $ 10 juta dalam crypto. Volodymyr Kvashuk diduga mencuri dan membalik kartu hadiah crypto untuk produk Microsoft, menjualnya demi keuntungan kepada pelanggan melalui Internet.