Ceriwis

Wow! keindahan Surabaya disebut mirip Eropa, ini rahasia Risma

Ceriwis – Masyarakat Surabaya patut berbangga dengan prestasi yang diraih oleh tempat tinggalnya. Kota yang dijuluki sebagai kota pahlawan ini mendapat sederet penghargaan dari Indonesia hingga kancah internasional berkat penataan kotanya. Di bawah kepemimpinan walikota Tri Rismaharini, ibukota Jawa Timur ini mendapatkan penghargaan seperti penghargaan sebagai Kota Layak Anak Tingkat Utama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak hingga Special Mention Lee Kuan Yew World City Prize 2018.

Kota terbesar kedua di Indonesia ini banyak dilirik negara-negara lain seperti Singapura terkait dengan penataan taman dan ruang terbuka yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Sederet ruang terbuka atau fasilitas publik di Surabaya ini menyita perhatian luas.

foto: Instagram/@_andangprios_

Wajah Kota Surabaya disebut mirip dengan Eropa. Misalnya Kali Jagir, Pemkot Surabaya menyulap Kali Jagir jadi ruang terbuka yang ramai dipenuhi oleh masyarakat. Fasilitas bangku taman dan lintasan jogging sepanjang kurang lebih 800 meter jadi tempat santai.

foto: Instagram/@ariayuchz
Selain itu, taman seluas 6 ribuan meter persegi di Surabaya jadi spot nongkrong seru yang rumah meriah. Dikenal dengan sebutan Taman Prestasi, taman ini memiliki beragam permainan anak-anak. Paling ikonik di Taman Prestasi adalah monumen pesawat bomberb-26 Intruder. Taman yang dulunya bernama Taman Pintar ini sekarang jadi salah satu spot Instagramable di Surabaya.

foto: dolandolen.comTaman yang nggak kalah memukau adalah Taman Bulak. Berada di kawasan Kenjeran, Taman Bulak sebelumnya dikenal sebagai tempat pembuangan sampah. Kini penampakannya berubah 180 derajat, Risma mengubahnya jadi taman indah yang dilengkapi dengan lapangan futsal.

foto: bisnissurabaya.comSelain patung berlogo Ikan dan Buaya, Surabaya punya spot ikonik yang memikat mata. Tepat di salah satu perguruan tinggi favorit di Surabaya yakni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) terdapat taman indah. Bernama Taman Bundaran ITS, para alumni ITS membangun air mancur menari di bundaran ITS. Berada di Jalan Sukolilo Surabaya, Taman Bundaran ITS menarik saat di malam hari.

Sederet taman dan ruang terbuka hijau di Surabaya menjadi indah dan tertata berkat kerja keras dari Pemkot Surabaya. Keberhasilan Surabaya ini membuat bangga masyarakatnya. Pemilik akun Twitter @baguscondromowo mengungkap rahasia di balik penampilan Kota Surabaya. Dalam cuitannya ia mengungkapkan bahwa rahasia keberhasilan Surabaya meraih piala Sustainable City and Human Settlements Green City adalah berkat tangan dingin dari pemimpinnya, yakni Tri Rismaharini.

Pancasila Rumah Kita@baguscondromowo

Kenapa kota Surabaya mendunia dan mendapatkan piala salah satunya Sustainable City and Human Settlements Green City? Ingin tahu rahasianya? Inilah rahasianya. Bagasinya Emak’e Arek Suroboyo dipenuhi alat2 kebersihan. Ada sapu,sekrop,sepatu boot dll

 

Akun @baguscondromowo menyebutkan, “kenapa kota Surabaya mendunia dan mendapatkan piala salah satunya Sustainable City and Human Settlements Green City? Ingin tahu rahasianya? Inilah rahasianya. Bagasinya Emak’e Arek Suroboyo dipenuhi alat2 kebersihan. Ada sapu,sekrop,sepatu boot dll.

Dalam unggahannya, Risma tersenyum menghadap kamera sementara itu Walikota Surabaya berdiri bersama perkakas atau barang bawaannya dalam menjalankan dinas. Terlihat sepatu boot, sapu lidi, pengeras suara, dan peralatan tukang lainnya.

Editor Baik

Tidak ada komentar