Ceriwis

Xiaomi Akan Buat Smartphone Tetap Nyala Tanpa Colok ke Listrik

Perusahaan teknologi China, Xiaomi.
Ceriwis – Ada yang baru dari Xiaomi. Bukan, bukan smartphone lipat atau perangkat yang punya layar ganda, melainkan desain teknologi yang bisa bikin smartphone tetap nyala tanpa colok ke listrik.
Menurut kabar beredar, hal itu bisa terwujud karena Xiaomi telah mengajukan paten smartphone yang punya panel surya terintegrasi di bagian belakangnya. Dengan begitu, panel bisa menghasilkan energi listrik untuk baterai secara otomatis saat terpapar sinar matahari.
Tampilan depan smartphone panel surya ini tak jauh berbeda dengan produk Xiaomi pada umumnya yang punya layar edge-to-edge berbingkai sangat tipis. Sementara di salah satu sisinya ada tombol power dan volume, dengan sisi lain ada laci sebagai slot kartu SIM.
Perbedaannya tampak jelas pada bagian punggung smartphone. Xiaomi menaruh panel surya di bagian tersebut yang menutupi lebih dari setengah ukuran bodinya.
Gambar paten teknologi smartphone panel surya diduga milik Xiaomi.
Kalau dilihat seksama dari gambar patennya yang dilaporkan LetsGoDigital, layar depan smartphone itu akan hadir penuh tanpa notch serta bingkai untuk menyematkan sidik jari. Ada kemungkinan Xiaomi mengusung teknologi kamera pop-up dan pemindai sidik jari di dalam layar.
Meskipun paten tersebut telah diajukan sejak Juli 2018, belum diketahui apakah Xiaomi bakal memproduksi smartphone panel surya itu dalam waktu dekat atau tidak.
Xiaomi juga bukan vendor smartphone pertama yang berupaya menciptakan smartphone dengan teknologi panel surya. Sebelumnya, sudah ada perusahaan asal Rusia, Caviar, yang pernah meluncurkan smartphone iPhone X Tesla pada 2018 lalu.
Samsung dan LG juga pernah mengumumkan hal serupa. Pada tahun 2009, Samsung meluncurkan Guru E1107 yang diklaim bisa menyerap energi sinar matahari selama 1 jam untuk memberikan ketahanan baterai tambahan 5 hingga 10 menit untuk teleponan.
Sementara LG pernah mengumumkan perangkat Pop GD510 yang bisa didukung dengan aksesori pengisian daya baterai sel solar.

Andika Gumilang