Ceriwis
Home » Umum » Yuk, Mari Lebih Mengenal Lebih Dalam Teknologi yang Mempermudah Hidup

Yuk, Mari Lebih Mengenal Lebih Dalam Teknologi yang Mempermudah Hidup

Ceriwis – Apakah Anda familiar dengan istilah Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan? Seringkali menjadi pertikaian dengan teknologi ini yang ditakuti akan perannya menghilangkan pekerjaan manusia, contohnya implementasi robot AI seperti yang telah digambarkan banyak film Hollywood. Sebaliknya, kecerdasan buatan justru memberikan banyak manfaat bagi manusia.

Kehadiran AI memiliki beragam manfaat, bahkan dapat membantu pekerjaan manusia jadi lebih efektif dan efisien. Contohnya: teknologi face recognition yang membuat para pekerja kantor tidak harus berlama-lama antri untuk absen masuk karena adanya absensi otomatis dengan pemindai wajah.

Berbagai fungsi AI telah diterapkan dalam berbagai bidang seperti keamanan, antisipasi bencana alam, kota pintar, dan lain-lain. Ingin berkenalan lebih jauh dengan kecerdasan buatan? Simak video berikut untuk tahu lebih lanjut.

Di Indonesia, misalnya. Menurut laporan dari IDC, adopsi AI di negeri ini sudah mencapai 24,6 persen dimanfaatkan oleh sejumlah pemain industri. Angka tersebut merupakan yang tertinggi se-Asia Tenggara.

Salah satu implementasinya adalah pada Asian Games 2018 lalu. AI dimanfaatkan untuk meningkatkan keamanan menggunakan teknologi Vision AI melalui beragam analytics, salah satunya adalah Facial Recognition.

Selain itu, Indonesia harus berbangga karena sudah ada teknologi AI yang diciptakan dan benar-benar diterapkan oleh anak bangsa. Salah satunya adalah Nodeflux, startup AI di Indonesia yang telah menghadirkan teknologi Vision AI.

Sudah kenal lebih jauh tentang kecerdasan buatan? Seiring perkembangan zaman, semoga masyarakat Indonesia turut mendukung pertumbuhan dan perkembangan AI dalam negeri sehingga Indonesia tidak lagi tertinggal di bidang teknologi.

Bella Priscilla

Tidak ada komentar