[NDS] Radiant Historia ~ Lounge & Discussion Thread ~
Atlus proudly presents
Released for
Nintendo DS
Released
3 November 2010 [JP]
22 February 2011 [US]
Genre
Role Playing Game
Rules
[/quote]
Quote:
Hormati sesama ceriwisser
Diharapkan membaca page one terlebih dahulu
Dilarang keras nge-Junk
Dilarang keras one liner
Boleh OOT tapi tolong jangan berlebihan
Dilarang flamming, kalo mau berdiskusi harap tunjukan sikap dewasa dan profesional
Manfaatkan fitur multi-quote
Usahakan untuk menghindari [/spoiler]
Spoiler for open this:
, kalau ingin berdiskusi tentang cerita yang mengandung
Spoiler for open this:
diharapkan menggunakan tag
Spoiler for open this:
ato merubah warna tulisan
Spoiler for open this:
~Overview~
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
Quote:
Radiant Historia (selanjutnya saya singkat jadi RH) adalah sebuah RPG old-school dengan fitur-fitur baru unik yang dirilis oleh Atlus untuk Nintendo DS. Game ini menceritakan tentang keadaan sebuah benua yang mengalami kejadian yg disebut desertification dimana semakin lama bagian-bagian dari benua itu berubah menjadi padang pasir dan kekurangan daerah hijau. Fenomena mistis ini menyebabkan dua kerajaan besar di benua tersebut berperang, dua kerajaan tersebut adalah Alistel dan Granorg. Pemain akan berperan sebagai Stocke, seorang agen rahasia dari Alistel yang mempunyai sebuah artifact yang disebut White Chronicle. Dengan bantuan White Chronicle Stocke dapat melakukan time travel ke beberapa kejadian penting yang terjadi selama permainan. Pemain aka mengendalikan Stocke degnan kawan-kawannya dalam perjalanan untuk menghentikan desertification serta perang yang terus menerus berlangsung tanpa akhir antara Alistel dan Granorg
~Points that make this game great~
Quote:
Amazing plot
RH memiliki plot menarik yang bisa disejajarkan dengan game-game RPG dan tactic seperti Vagrant Story, Final Fantasy XII, dan Final Fantasy Tactic.
Game ini memiliki unsur politik yang sangat kental, mulai dari perang antara Alistel dengan Granorg, konflik internal antara pemerintah Granorg dengan para pemberontak yang tidak suka dengan kepemimpinan Queen Protea yg merupakan seorang diktator, dan juga unsur pengkhianatan serta pemanfaatan kepercayaan agama yang terjadi di Alistel.
Selain unsur politik, unsur fantasi yang ada di game ini juga cukup menarik. Eksistensi White Chronicle yang mampu membantu Stocke melakukan time travel sangat berpengaruh dalam cerita, kemampuan Stocke untuk time travel mengizinkan dia untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah dia lakukan di masa lalu serta mengizinkan dia untuk membuat sebuah parallel universe dimana dia bisa melakukan perjalanan dari dua sudut pandang yang berbeda tapi saling berhubungan satu sama lain.
Unique Gameplay
Mungkin untuk beberapa orang yang sudah mengikuti game RPG dari dulu akan merasa RH memiliki kemiripan dengan salah satu RPG legendaris yang pernah dirilis Square yaitu Chrono Trigger. Meskipun sama-sama mengusung konsep cerita time travel, RH membawa seluruh hal ini ke level baru. Tidak seperti Chrono Trigger yang fitur time travel hanya berpengaruh banyak ke cerita dan mempunya pengaruh yang tidak terlalu signifikan ke gameplay, kecuali dalam beberapa sidequest, RH memanfaatkan fitur time travel ke dalam gameplay dengan cara yang sangat menarik. Player akan diberikan beberapa pilihan dalam petualangan mereka, dan tiap pilihan akan mempunyai konsekuensi yang berbeda. Setiap melakukan pilihan yang salah Stocke dapat kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahannya tersebut, tapi kadang-kadang sebuah kesalahan perlu dilakukan untuk sekedar pengetahuan ekstra gamer tentang dunia game ini atau bahkan untuk melanjutkan petualangan dan memperoleh best ending.
Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan diatas, Stocke akan dihadapi pilihan dimana dia harus menjalani kehidupan yang berbeda. Dengan bantuan White Chronicle Stocke akan diizinkan untuk membua sebuah parallel universe dimana dia bisa menjalankan petualangan di suatu timeline, dan melompat ke timeline lain untuk membantu petualangan dia di timeline yang lainnya.
Untuk battle, RH merupakan sebuah Turn-Based RPG, artinya pemain akan melakukan battle seperti game-game RPG klasik lainnya semacam Final Fantasy, Suikoden, Xenogear, etc. Selain turn-based battle klasik, RH memiliki sebuah fitur yang disebut Grid system dimana peletakan monster di battle bisa dikendalikan oleh player dengan skill-skill tertentu dan akan membuka banyak peluang untuk pengaturan strategi dalam battle. Untuk informasi lebih jelas mengenai Grid System bisa dilihat di gameplay video atau Screen Shot dibawah.
Legendary Composer
Untuk beberapa gamer yang punya sejarah tersendiri dengan musik game RPG pasti kenal dengan komposer terkenal yang mengarang musik yang digunakan dalam game ini, beliau adalah Yoko Shimomura. Tante Yoko ini terkenal karena hampir setiap soundtrack video game yang dia karang membekas sangat erat dipikiran gamer, beberapa game yang pernah ditangani oleh Yoko Shimomura antara lain:
Sedangkan untuk diskusi lebih lanjut mengenai karya-karya Yoko Shimomura beserta composer lain bisa cek di thread Pengaruh Music di dalam Game
Beautiful Graphics
Untuk beberapa gamer yang menganggap "only detailed 3D = epic" mungkin RH terlihat seperti game yang tidak menarik. Tapi mari kita hindari diri kita dari keterjerumusan bodoh seperti itu dan coba membuka mata.
RH memiliki graphic yang sangat memukau bukan sekedar untuk ukuran game NDS, tapi untuk ukuran game saat ini. Beberapa poin yang saya mau tekankan antara lain:
Beautiful detailed character art
Game ini menggambarkan beberapa tokoh sentral dalam cerita dengan art yang sangat menarik. Penggambaran karakternya pun sesuai dengan sifat-sifat mereka.
Cool 3D background environment
Background yang cukup detail dan menawan bisa kita temui dalam game ini, saya kurang mengerti untuk urusan pemilihan warna dan sejenisnya tapi menurut saya kombinasi antara colorful 3D background dengan colorful 2D sprite yang ada di game ini sangat menarik sekali.
Cute yet cool and quite detailed chibi sprite of the characters and the monster
Penggambaran sprite karakter dalam game ini dengan model sedikit deformed tapi tetap menjaga detail merupakan poin bagus menurut saya untuk game ini. Walaupun karakter digambarkan dengan model pendek-pendek, kita masih bisa melihat sedikit detail dari pakainan atau armor yang mereka kenakan.
~Screen Shot & Bonus Art~
Quote:
Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Battle screen:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for in-game screen:
[spoiler=open this] for Extra art:
Nice joke, yang paham mungkin cuma gamer yang sudah main game Ghost Trick
~Video~
[quote]
Gameplay Video
Battle with Grid System
Time travelling explanation ==> recommended liat video ini kalo masi ragu sama game-nya