Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
kuningtelur's Avatar
kuningtelur kuningtelur is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: May 2012
Posts: 1,948
Rep Power: 16
kuningtelur mempunyai hidup yang Normal
Default Alasan Sesungguhnya Kita Harus Matiin Mesin Kendaraan Saat Traffic Light Nyala Merah

Juragan udah gak asing dengan traffic light yang dilengkapi dengan timer bukan?



[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Bangjo:















[/quote]
Quote:





Di Jogja, beberapa timer traffic light menyarankan untuk mematikan mesin kendaraan saat lampu merah menyala melalui running textnya. Kurang lebih isi running textnya gini: "Matikan Mesin Hingga Detik Ke-20, Hemat BBM".





Quote:





Menurut ane, alasan sesungguhnya knapa kita sebaiknya matiin mesin kendaraan saat lampu merah menyala bukan untuk menghemat BBM.







Ini nih penyebabnya:


Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Bikin Bengek:















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Bikin Bengek:















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Bikin Bengek:

















Spoiler for open this:
Quote:





Tahukah agan2 kalau persimpangan jalan merupakan salah satu spot dimana terjadi akumulasi partikel polutan yang bersumber dari asap kendaraan bermotor. Polutan itu antara lain timbal,karbon monoksida, nitrogen dioksida dan sulfur dioksida. Namanya partikel tu kan kecil banged gan,jadi gak berasa aja tuh kalo kehirup waktu kita napas. Yang jelas bikin kita bengek n glagepan kaga bisa napas,,,



Nah,dari uraian tadi agan uda ngerti kan knapa sebaiknya kita mematikan mesin kendaraan bermotor kita. Yup, hal ini untuk meminimalisir akumulasi polutan di persimpangan jalan. Jadi, seyogyanya kita memang mematikan mesin kendaraan kita saat lampu traffic light masih menyala merah dan count down timernya masi lama sebelum lampu nyala ijo. Kasian buat sodara kita sesama pemakai jalan atau pengendara kendaraan bermotor yang kebetulan gak pake masker atau full face helmet. Ya gak??






Quote:





Intinya, ane melalui thread ini ingin mengajak agan-agan semua untuk meminimalisir akumulasi polutan di persimpangan jalan. Paling gak bisa mulai diterapin di traffic light yang timer dari lampu merah ke lampu ijo-nya relatif lama, katakanlah lebih dari 60 detik. Trus jg buat agan-agan yang memiliki kendaraan pribadi yang gak rewel kalo mw diidupin lagi.Gimana, setuju kagak??Heheu,,





Quote:











Quote:





PERUBAHAN DIMULAI DARI HAL KECIL DAN DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI. BERI CONTOH DARI TINDAKAN BUKAN UCAPAN. SALAM SEMANGAT UNTUK MENJADI PRIBADI YANG LEBIH BAIK!!!






Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Patut Dicontoh:





Spoiler for open this:
Quote:






Originally Posted by stopwatch



Ane udah nglakuin sejak lama, secara feeling aja, pasti kita bisa ngira-ngira emisinya kaya apa.

Bukan hanya di lampu merah, pas ada kereta lewat juga ane matiin mesin gan.







Quote:






Originally Posted by VirtualBox



setuju gan, saya dukung banget soal matiin mesin ini. apalagi kalo misalnya agan di jakarta, dan kebetulan di perempatan besar ATRIUM SENEN yang GEDE, RAME, dan countdown nya sampe 5 MENIT!!!

oyah ga cuma di perempatan, tapi juga di PARKIRAN BASEMENT! kalo misal lagi pada ngantri dapetin karcis mending matiin juga mesinnya















Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Komen Agan2:





Spoiler for open this:
Quote:






Originally Posted by arya.hendra



walah..bener2 gan kata agan..kebetulan ane dari teknik lingkungan, ane juga pernah dapet kuliah itu, ternyata emisi yang dikeluarkan di lampu merah itu lebih besar daripada di jalan..maka dari itu harus dimatikan mesinnya pas di lampu merah






Quote:






Originally Posted by akutenaniki



setau ane dari baca2 emang emisi kendaraan bermotor pada saat berhenti lebih besar daripada kendaraan yang sedang bergerak, sori kalo salah














Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Belajar dari Jepang:





Spoiler for open this:
Quote:






Originally Posted by lindy85



Kalo di Jepang pada tertib gan. Saat lampu merah semua mesin mati serentak karena kalo nggak mati, langsung disamperin polisi kena tilang






Quote:






Originally Posted by DonLoder



Ane juga pernah interview ama relawan lingkungan dari Jepang gan, ternyata mereka bener matiin kendaraan pas lampu merah, salut deh







Quote:






Originally Posted by IcarusTrident



dulu pernah ke jepang ke tempat temen, trus ane nyobain tu motor matic jepang, pas lampu merah ane ga tau kan hrs matiin, en emg bener2 tu serentak mati mesin semua ane jg bingung apa mogok mesin massal ..

temen ane ud cubit2 buruan matiinnn tar di samperinn polisiiii

polisiiny ud melirik ane gan

ane lgs buru2 matiin

















Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Penjelasan Terkait Udara : Bahan Bakar:





Spoiler for open this:
Quote:






Originally Posted by kt.project.d



Maap gan, ane ralat..

Perbandingan udara : bahan bakar

Start dingin = 1 udara : 1 bahan bakar

Idling (langsam) = 15 sampai 18 udara : 1 bahan bakar

Akselerasi = 8 sampai 10 udara : 1 bahan bakar

Berjalan = 10 sampai 13 udara : 1 bahan bakar

Deselerasi = 6 sampai 8 udara : 1 bahan bakar

Catatan, makin banyak jumlah udara, makin kurus campurannya (irit)



Maap kalo postingan ane yg sbelumna kebalik antara udara dan bahan bkar, udah ngantuk2 nulisnya
















Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Penjelasan Terkait ACCU:





Spoiler for open this:
Quote:






Originally Posted by kt.project.d



Sesekali ngengkol starter, olahraga biar sehat gan

Aki motor ataupun mobil hanya berperan besar saat start. Ya, benar, konsumsi arus listrik paling besar saat start, apalagi si dinamo starter tsb emang btuh arus yg besar. Tapi, setelah mesin hidup, tugas menyuplai arus listrik diambil alih sm sistem pengisian (alternator pd mobil, sepul pengisian pd motor) trus si aki gmana?

Ya dia nyantai.

Ga da guna dong?

Enggak juga... Kalo mesin dah idup, si aki berfungsi jadi penyimpan arus listrik juga, dari sistem pengisian. Kalo ga ada aki, sistem pengisian bs jebol

Jadi kalo mesin dah idup, si aki diisi ulang alias di-charge oleh sistim pengisian.

Trus yg bikin aki cpet soak?

Ya kalo aer aki (utk aki basah) ga pernah dicek n ditambah, tlalu bnyk aksesoris ga penting yg norak, pake bohlam lp depan yg watt-nya lbh besar terangnya kayak lampu stadion, beban2 kelistrikan yg berlebih kyk gtu bkin suplai arus dari sistem pengisian kesedot sehingga ga da yg buat ngisi ulang aki.



Semoga penjelasan panjang lebar dan agak OOT ini bisa berguna n ga da lg yg salah kaprah. So, jgn ragu matiin mesin demi mengurangi polusi (skali lagi dgn catatan, RAWAT KENDARAAN DENGAN BAIK yak)
















Quote:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Pengalaman Yang Mungkin Pnah Agan Alamin Juga:





Spoiler for open this:
Quote:






Originally Posted by Rayyyy



alhamdulillah ane kalo lampu merah (lama) slalu matiin mesin. motor ane ninja 2tak, kasian yg di belakang ane ngirup asep + kasian polusi udara juga.

kalo timernya tinggal dikit lagi mah ga usah matiin, capek2in badan



cuma masalahnya gan.... terkadang ane matiin mesin (kan masih lama critanya), eeeh motor2 pada nyelonong karena jalanan sepi bgt.. ane diklakson deh gara2 klamaan starter motor



dan terkadang, arahan polantas juga bkin bingung ane. kalo ane matiin, eeh disuruh maju sedikit, dorong2 deh. eeh disuruh maju lagi.. dorong2 lagi deh...





taro depan ye



















Quote:
[spoiler=open this] for Peluang Penelitian:




Quote:






Originally Posted by radrock



kalo ngomongin teknisnya sih sebenernya harus diriset lagi gan, pertimbangannya gini :

- kalo dinyalain dalam keadaan stationer (gak bleyer2 gas ) suhu mesin dalam keadaan stabil dan pembakaran stabil juga, katanya sih (katanya loh ya, ane kan belum pernah riset juga ) kalo suhu mesin ideal pembakaran lebih sempurna, emisi yg dihasilkan juga lebih sedikit CMIIW

- kalo dimatiin, suhu mesin turun dan saat mulai dari distarter sampe mesin kembali ke suhu ideal lagi adalah saat emisi yg terbuang terbesar jumlahnya (sekali lagi, "katanya" )

nah kuantitasnya kan musti diitung dengan teliti buat nentuin teori mana yg bener dan memang belum pernah ada yg ngeriset tentang hal ini, jadi sebenernya ane ga yakin juga dengan teori yg ane kemukakan ini



sekian dari ane yg sok tahu ini

















[quote]





Ga wajib rate or kasi melon.Kasi komen bermutu aja ane uda seneng banged.










Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 07:45 AM.


no new posts