FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
Juragan ceriwiser: Kita semuanya masih berduka cita atas kecelakaan pesawat SUKHOI yang baru terjadi,mungkin banyak ceriwiser yang sering menggunakan pesawat terbang jadi agak kuatir untuk terbang,tetapi hal itu tidak perlu terjadi karena keselamatan penerbangan makin hari makin baik,terutama bagi pesawat keluaran terakhir (kecuali yang baru terjadi adalah perkecualian),berikut disampaikan sebaiknya anda memilih duduk dimana di dalam pesawat terbang: ![]() ASUMSI UMUM:"Dimanapun Anda Duduk, Semuanya Sama Saja" GAMBARAN PARA AHLI "Keselamatan Kursi sama saja dimanapun anda duduk" -Boeing Web site "Pertanyaan Kuno,tidak ada petunjuknya" -Federal Aviation Administration spokesman "Tidak ada kursi yang paling aman" -airsafe.com FAKTA MENGATAKAN: Lebih Aman Duduk di Belakang Hal yang aneh mengenai pendapat para ahli adalah Mereka tidak berdasarkan pada data kecelakaan penerbangan yang pernah terjadi.Analisa statistik dari Kecelakaan Penerbangan Yang terjadi sesungguhnya menyatakan bahwa makin belakang anda duduk di dalam pesawat,makin aman angka keselamatannya.Penumpang yang duduk dekat ekor pesawat akan lebih aman 40% daripada mereka yang duduk di deretan bangku depan. Itulah kesimpulan dari penelitian ilmiah dari sebuah badan di Amerika serikat yang bernama Popular Mechanics yang telah mendata dan memberikan analisa berdasarkan semua kecelakaan pesawat terbang komersil yang terjadi di Amerika Serikat sejak th 1971 dimana didata semua korban kecelakaan dan mereka yang selamat.Data mentah dari 20 kecelakaan pesawat terbang telah disimpan selama puluhan tahun di NTSB ,National Transportation Safety Board,menunggu untuk dianalisa dengan data statistik yang amat sulit diperoleh. Pekerjaan itu akhirnya dapat dianalisa,untuk beberapa minggu mereka merangkum laporan berdasarkan data penyelidikan dari NTSB serta membuat Charting Tempat Duduk yang mengambarkan dimana penumpang telah duduk ketika terjadi kecelakaan pesawat,apakah mereka hidup ataukah meninggal.Mereka kemudian menganalisa juga antara posisi tempat duduk didepan dan belakang pesawat.Mereka juga membagi angka keselamatan menjadi 4 lokasi tempat duduk di dalam pesawat dan mendata angka rata-rata mana yang selamat dan mana yang tidak selamat.Dari kedua analisa tersebut didapat kesimpulan bahwa Duduk Di Belakang lebih tinggi angka keselamatannya daripada duduk di baris bagian depan. 11 dari 20 kecelakaan penerbangan menyimpulkan bahwa angka keselamatan lebih tinggi bagi mereka yang duduk di barisan belakang,hanya 5 kecelakaan yang menggambarkan angka baik di deretan tempat duduk depan.3 kecelakaan tidak menggambarkan perbedaan angka keselamatan dan hanya 1 yang datanya tidak didapat. Analisa 7 dari 11 kecelakaan "memenangkan" tempat duduk belakang,perbedaannya amat meyakinkan.Sebagai contoh pada 2 kecelakaan penerbangan,Kecelakaan Air Florida th 1982 di Washington DC dan kecelakaan th 1972 pada pesawat Eastern 727 di New York Kennedy Airport,penumpang yang selamat semuanya berada di beberapa deretan kursi bagian belakang dan ketika th 1978 pesawat DC-8 dari United kehabisan bahan bakar di Portland Oregon,7 penumpang yang meninggal semuanya berada di 4 deretan kursi depan. Anehnya ada 5 kecelakaan pesawat yang terjadi th 1988 hingga 1992 angka keselamatan justru lebih tinggi di bagian muka daripada bagian belakang.Th 1989 pada pesawat DC-10 di Sioux City Iowa sebagai contoh, 175 penumpang yang selamat duduk di deretan kursi bagian sayap ke depan. Hanya ada 1 kecelakaan penerbangan dimana tempat duduk depan menjadi tempat yang selamat. Penumpang yang selamat 2 orang pada kecelakaan saat lepas landas di La Guardia th 1989 duduk di baris kursi nomor 21 dan 25 pada pesawat Boeing 737-400. Ketika data tempat duduk telah dianalisa,mereka juga membuatnya untuk berbagai posisi tempat duduk di dalam pesawat,dan sekali lagi angkanya menyatakan bahwa pada kabin bagian belakang(tempat duduk yang letaknya di belakang posisi sayap pesawat) mendapatkan angka keselamatan tertinggi yakni 69%.Posisi duduk diantara bentangan 2 sayap pesawat memiliki angka keselamatan 56%,sama juga seperti posisi duduk didepannya.Kelas Utama/Business yang letaknya dimuka(15% dari total tempat duduk) hanya memiliki angka keselamatan 49%. ANALISA PERSENTASE ANGKA KESELAMATAN KURSI PESAWAT ANDA ![]() PERSENTASE ANGKA KESELAMATAN KURSI PESAWAT BILA TERJADI MUSIBAH: Berdasarkan analisa dari semua kecelakaan yang terjadi di Amerika Serikat sejak tahun 1971 dimana data-data tempat duduk tersedia.(Illustrasi oleh Gl Ahn.Diagram diambil dari seatguru.com) Jadi ketika para ahli penerbangan mengatakan:"Tempat duduk manapun di pesawat sama saja" sekarang anda telah mengetahui angkanya,carilah tempat duduk yang makin ke belakang dan santailah ketika Sabuk pengaman anda telah digunakan karena pesawat didesign untuk kenyamanan dan keselamatan anda.Demikian info yang dapat disampaikan kepada ceriwiser semua sebagai tambahan pengetahuan saja.. Terkait:
|
![]() |
|
|