FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
Assalammu'alaikum.. Ini thread pertama ane Gan, maklum masih Nubi.. ![]() Insya ALLAH gak Repost Gan, karena ane bikin berdasarkan pelajaran yang ane dapet dari kakak ane yang jadi teknisi pesawat. Beberapa hari ini semua media ditivi, koran, di kaskus pun banyak yang ngebahas tentang jatuhnya pesawat sukhoi. Tapi, ane harap ini gak ngebuat agan2 jadi takut buat naek pesawat. Nih ane kasih alasan kenapa Agan gak perlu takut naek Pesawat. 1. DIPESAWAT ITU UDAH DIRANCANG YANG NAMANYA "FAIL SAFE DESIGN" Artinya, ada system atau komponen lain yang akan nge-Back Up suatu system lain yang fail. Secara garis besar dipesawat ada Tiga system yang bekerja : a. Hydraulic System ( sistem fluida/cairan : oli, fuel/minyak, dll ) b. Pneumatic System ( sistem udara ) c. Electrical System ( sistem listrik ) Ini Pict buat Hydraulic System yang menganut Fail Safe Design : ![]() Ini pict buat Pneumatic Systemnya : ![]() Untuk Electrical System dipesawat saat terbang, dipasok dari Generator ( komponen yg bisa menghasilkan listrik ) pada tiap2 Engine Pesawat. kalo Generator Engine Fail, masih ada yang namanya APU ( Auxilliarry Power Unit ). APU Fail ? Tenang Gan, masih ada Battery Pesawat. ![]() Maaf Gan, ane gak bisa ngejelasin semua system secara lengkap, bisa2 Novel Harry Potter yang 7 seri, kalah tebel sama penjelasan ane. ![]() Yang penting Agan udah tau, ada yang namanya Fail Safe Design. 2. Dipesawat disediain peralatan kalo misalnya terjadi Emergency. - Oxygen System ( memberi pasokan oxygen untuk tiap penumpang melalui oxygen mask ) - Pelampung untuk tiap penumpang - Escape Slide ( itu loh, perosotan dari karet, ada di tiap pintu pesawat, tapi akan terbuka hanya jika terjadi emergency ) - dll. 3. System Penunjang Lainnya : - Static Discharge ( fungsinya untuk membuang electrik statis pada badan pesawat ). makanya walaupun hujan, terus ada petir menyambar, pesawat gak akan kebakar. Penumpang tetap aman ![]() - Anti Icing ( mencegah terjadinya pembentukan kristal2 Es dipesawat ). - Radar dipesawat juga sebenernya udah canggih Gan, dari jarak beratus mil didepan, jika ada cuaca buruk, dengan system autopilot, pesawat akan menghindar dari cuaca tersebut. Kenapa gak dikasi parasut aja penumpangnya ? mungkin ini pertanyaan yang paling sering ditanya. Jawabannya : apa penumpang bisa pake parasut Gan ? ngontrol parasut diudara saat melayang- layang ? TNI aja butuh latihan Gan. Hehehe.. ![]() Agan dan aganwati bisa merhatiin penjelasan tentang pengunaan alat keselamatan yang diperagain sama Pramugara / Pramugari. Jangan salah ya Gan, fokus sama Instruksinya, bukan fokus muka cakep sama body bohay Pramugarinya. ![]() ![]() Untuk masalah sukhoi saat ini, mungkin lebih disebabkan Human Error kayanya Gan. Human Error itu artinya, kesalahan pada manusianya. bisa kesalahan Pilot saat menerbangkan pesawat, bisa juga kesalahan teknisi saat merawat pesawat. Atau juga, bisa kesalahan petugas ATC ( Air Traffic Controller - Petugas Pengatur lalu lintas udara ). Soalnya semakin canggih system dipesawat, maka presentase kesalahan manusia akan semakin besar. Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat buat kita semua. Kalo berkenan mohon bantuannya, ane minta dirate sama ![]() ![]() ![]() Jangan di ![]() Terkait:
|
![]() |
|
|