Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
lumpiabasah's Avatar
lumpiabasah lumpiabasah is offline
Senior Ceriwiser
 
Join Date: May 2012
Posts: 5,728
Rep Power: 0
lumpiabasah is a New Born
Default Alasan Mengapa Mesin Menggunakan BBM, Bukan Air !! [1st post ane gan]

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ







Ini 1st posting ane gan,,(maklum newbie) maap kalo sebelumnya



TAPI ANE YAKIN KOK GAN ANE KAGA




[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for cekibrot SS nya gan::
















Apa Itu Bensin ??



Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Bensin:




Bensin, atau Petrol (di Amrik sebutannye �gasoline�) itu cairan campuran yang berasal dari minyak bumi. Sebagian besar bensin tersusun dari hidrokarbon gan !!, kalo di Indo kebanyakan pengeboran minyak lepas pantai ada di Sumatra gan.



Sekarang bensin udah hampir menjadi kebutuhan pokok masyarakat dunia yang semakin dinamis. Bahkan agan-agan di Amrik sono memakai 1,36 milyar liter bensin setiap hari !! (buset kebayang ga tuh gan polusinya) .



Karena merupakan campuran berbagai bahan, daya bakar bensin berbeda-beda menurut komposisinya. Ukuran daya bakar ini dapat dilihat dari Oktan setiap campuran. Di Indonesia, bensin diperdagangkan dalam dua kelompok besar: campuran standar disebut premium, dan bensin super (dibaca gampang PERTAMAX)










Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for gambarnya gan:















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for gambar lagi gan:
















Apa Itu Oktan ??



Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Oktan:




Oktan sebenarnya adalah sebutan sebuah bilangan gan,, angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak (jadi kalo agan naek motor jangan digeber2 tuh) sehingga sebisa mungkin harus kita hindari.



Nama oktan berasal dari oktana (C8), karena dari seluruh molekul penyusun bensin, oktana yang memiliki sifat kompresi paling bagus. Oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana, misalnya, yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit.



Bensin dengan bilangan oktan 87, berarti bensin tersebut terdiri dari 87% oktana dan 13% heptana (atau campuran molekul lainnya). Bensin ini akan terbakar secara spontan pada angka tingkat kompresi tertentu yang diberikan, sehingga hanya diperuntukkan untuk mesin kendaraan yang memiliki ratio kompresi yang tidak melebihi angka tersebut.



Umumnya skala oktan di dunia adalah Research Octane Number (RON). RON ditentukan dengan mengisi bahan bakar ke dalam mesin uji dengan rasio kompresi variabel dengan kondisi yang teratur.

Beberapa angka oktan untuk bahan bakar:

87 → Bensin standar di Amerika Serikat

88 → Bensin tanpa timbal Premium

91 → Bensin standar di Eropa, Pertamax

92 → Bensin standar di Taiwan

94 → Premix-TT

98 → PertamaxPlus (wogh PERTAMAX ada plusnya juga gan )



Angka oktan bisa ditingkatkan dengan menambahkan zat aditif bensin. Menambahkan tetraethyl lead (TEL, Pb(C2H5)4) pada bensin akan meningkatkan bilangan oktan bensin tersebut, sehingga bensin "murah" dapat digunakan dan aman untuk mesin dengan menambahkan timbal ini. Untuk mengubah �Pb� dari bentuk padat menjadi gas pada bensin yang mengandung TEL dibutuhkan etilen bromida (C2H5Br). Celakanya, lapisan tipis timbal terbentuk pada atmosfer dan membahayakan makhluk hidup, termasuk manusia. Di negara-negara maju, timbal sudah dilarang untuk dipakai sebagai bahan campuran bensin.



Zat tambahan lainnya yang sering dicampurkan ke dalam bensin adalah MTBE (methyl tertiary butyl ether, C5H11O), yang berasal dan dibuat dari etanol. MTBE murni berbilangan setara oktan 118. Selain dapat meningkatkan bilangan oktan, MTBE juga dapat menambahkan oksigen pada campuran gas di dalam mesin, sehingga akan mengurangi pembakaran tidak sempurna bensin yang menghasilkan gas CO. Belakangan diketahui bahwa MTBE ini juga berbahaya bagi lingkungan karena mempunyai sifat karsinogenik dan mudah bercampur dengan air, sehingga jika terjadi kebocoran pada tempat-tempat penampungan bensin (misalnya di pompa bensin) MTBE masuk ke air tanah bisa mencemari sumur dan sumber-sumber air minum lainnya.



Etanol yang berbilangan oktan 123 juga digunakan sebagai campuran. Etanol lebih unggul dari TEL dan MTBE karena tidak mencemari udara dengan timbal. Selain itu, etanol mudah diperoleh dari fermentasi tumbuh-tumbuhan sehingga bahan baku untuk pembuatannya cukup melimpah. Etanol semakin sering dipergunakan sebagai komponen bahan bakar setelah harga minyak bumi semakin meningkat.



Cara Kerja Bensin dalam Mesin :



Bensin bekerja di dalam mesin pembakaran yang ditemukan oleh Nikolaus Otto. Mesin pembakaran dikenal pula dengan nama Mesin Otto. Cara kerja bensin di dalam mesin pembakaran:

1. Bensin dari tangki masuk ke dalam karburator.

2. Kemudian bercampur dengan udara.

3. Pada mesin modern, peran karburator digantikan oleh sistem injeksi.

4. Sebuah sistem pembakaran baru yang bisa meminimalisir emisi gas buang kendaraan.

5. Campuran bensin dan udara kemudian dimasukkan ke dalam ruang bakar.

6. Selanjutnya, campuran bensin dan udara yang sudah berbentuk gas, ditekan oleh piston hingga mencapai volume yang sangat kecil.

7. Gas ini kemudian dibakar oleh percikan api dari busi.

8. Hasil pembakaran inilah yang menghasilkan tenaga untuk menggerakkan kendaraan.



Dalam kenyataannya, pembakaran gas di dalam mesin tidak berjalan dengan sempurna. Salah satu masalah yang sering muncul adalah �ketukan di dalam mesin�, atau disebut sebagai "mesin ngelitik" atau knocking (udah dibahas diatas tuh gan). Jika dibiarkan, knocking dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Knocking terjadi karena campuran udara dan bahan bakar terbakar secara spontan karena tekanan tinggi di dalam mesin, bukan karena percikan api dari busi. Penyebab knocking ada beberapa macam, yaitu:

1. Pemakaian bensin yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin.

2. Ruang bakar sudah kotor dan berkerak.

3. Penyetelan pengapian yang kurang tepat.











cara kerja mesin 4 tak :

Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 4 tak:














cara kerja mesin 2 tak :

Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 2 tak:
















Nama Produk Bensin



Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for produk:




Bensin memiliki berbagai nama, tergantung pada produsen dan Oktan. Beberapa jenis bensin yang dikenal di Indonesia diantaranya:



Premium, produksi Pertamina yang memiliki Oktan 87.

Pertamax, produksi Pertamina yang memiliki Oktan 92.

Pertamax Plus, produksi Pertamina yang memiliki Oktan 95.

Pertamax Racing, produksi Pertamina yang memiliki Oktan 100. Khusus untuk kebutuhan balap mobil.

Primax 92, produksi Petronas yang memiliki Oktan 92.

Primax 95, produksi Petronas yang memiliki Oktan 95.

Super 92, produksi Shell yang memiliki Oktan 92.

Super Extra 94, produksi Shell yang memiliki Oktan 94.

Performance 92, produksi Total yang memiliki Oktan 92.

Performance 95, produksi Total yang memiliki Oktan 95.











KESIMPULAN PERTAMAX


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for klik gan !!:




kita harus bijaksana dalam memilih BBM, pandai memilih BBM yang cocok untuk mesin kendaraan kita, demi menjaga bumi kita tercinta, demi menjaga uang saku kita









KESIMPULAN KEDUAX


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for klik gan !!:




semua mesin ngga akan bisa bekerja karena dalam BBM, solar, dll mengandung unsur senyawa yang dapat menghasilkan tenaga / tekanan yang dalam keadaan tertentu akan sepontan terjadi percikan partikel









kasihan gan ane newbie udah susah susah ngetik

TS tidak mengharapkan


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for jangan di klik:














Tapi ga menolak


[spoiler=open this] for harus di klik:


















Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 03:48 PM.


no new posts