perkenalkan nama ane panji, ane ceriwisser bogor yg jatuh cinta sama shogun 110 sejak taun 2004.
Ane bikin trit ini niatnya pgn bikin kumpulan ceriwisser bogor yg juga menunggangi shogun, mulai dr shogun kebo hingga shogun sp robot.
Mudah2an dgn adanya komunitas ini dapat mempermudah kita dalam mencari part modifikasi yg murah dan mantap hehehe.
Selain itu kita juga bisa share pict shogun kesayangan kita d trit ini.
ada tambahan info sangat bermanfaat dr agan rahmat :
[/quote][quote]
Originally Posted by rahmat31
Disini ane akan coba bahas mengapa Shogun 110 R (Shogun Kebo) bisa mencapai kecepatan 130 Km/Jam. jadi agan-agan mungkin bisa menerapkan kharakteristik tersebut di motor agan sendiri. Tidak Bermaksud menggurui, hanya berbagi.
Pertama
Shogun punye per klep doble gan di setiap klepnya, hal ini memberikan reaksi buka tutup klep yang bagus sehingga kuat di RPM tinggi.
Nah, bagi agan yang pengen punya per klep bagus hendaknya cari : Buat honda-per sonic OK tuh, atau per "toyota camry" atau per-per yang lain yang sekiranya punya track record yang bagus, ga tau deh kalau yang aftermarket kayak merek CLD dan semacamnya.
Kedua
Shogun Kebo memakai noken as berdurasi tinggi, dan yang ane liat durasi untuk tongolan exhaust-nya lebih besar dibanding intake-nya
profil seperti ini didukung dengan lubang exhaust yang "pipih" di silinder head dan knalpot bawaan tipe "cyclone" bukan "free flow" pastinya
kalau pengen seperti ini, tinggal bubut noken as atau beli aftermarket tipe racing
Ketiga
Shogun punya karburator yang terbilang "Oke" dengan nilai kpresisian main dan pilot jet yang cukup tinggi. dan dibandingkan karburator yang banyak di pakai di motor baru yang "tipe vakum" punya shogun jauh lebih baik. Motor agan yang pake karburator "tipe vakum" hendaknya diganti dengan "tipe konvensional" untuk pembakaran yang lebih bagus dan mengakomodasi hasrat speed lover
shogun 110 memiliki profil stroke 48.8mm seperti satria FU, profil seperti ini adalah tipe mesin yang mengandalkan RPM atas atau power baru keluar di zona high end RPM, profil sperti ini bisa dimaksimalkan sampai batas 14.000-an RPM
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for stroke:
rekomendasi: ganti kruk as (serius ente, janganlah kalau ga ngebet2 amat ama speed, masih bisa dimaksimalin kruk as standar)
kelima
Shogun kebo punya CDI unlimiter, hal ini membuat mesin bebas bergerak sampai batas dari kemampuan mesin sendiri. Bagi agan yang belom tau, CDI ini adalah pengatur detak elektrik yang mengatur kapan busi menyala, sayangnya untuk motor2 baru CDI memiliki pembatas/limiter yaitu pada RPM tertentu dia berhenti memberikan progress
rekomendasi: beli CDI yang unlimiter, beli yang PLUG N PLAY aja, biasanya lebih presisi
Keenam
Konon Shogun kebo memiliki plat kopling yang bagus (pantesan mahal per satuan plat) dan per kopling yang responsif. Nah, bagi agan yang speed lover cukup mengganti per koplingnya aja kalau pengen kenceng mengingat susahnya mencari plat kopling yang handal tapi presisi
oya, jangan lupa "porting polish" ini bagus untuk membuat fluida lebih lancar masuk mesin
motor ane udah tua gan, kompresinya udah turun, jadi untuk mengembalikan tenaga mudanya biasanya ane pasang "GENERATOR HIDROGEN" buatan sendiri pake gelas plastik n sendok stainless